5 Tanaman Indoor yang Baik untuk Menyaring Udara

TANAMAN INDOOR PENYARING UDARA 1

Memelihara tanaman jadi hobi sejuta umat selama pandemi ini. Kalau kamu bukan salah satunya, nggak ada salahnya lho kamu mulai terjun ke dalam tren hijau satu ini! 

 

Nggak perlu takut, setiap orang pasti bisa kok bercocok tanam. Kamu bisa mulai dari tanaman indoor yang murah dan nggak rewel. Mereka ini bahkan bisa diletakkan di kamarmu! Bonusnya, sederet tanaman ini bagus lho buat membersihkan udara di sekitarmu. Suasana rumahmu bakal lebih teduh dan menyenangkan!

Baca juga: 5 Tips Mempercantik Dekor Rumah Selama Social Distancing

1. Kimberly Queen Fern

TANAMAN INDOOR PENYARING UDARA - KIMBERLY QUEEN FERN

Jenis pakis ini pasti sering kamu temui sejak kamu kecil. Ada di mana-mana, baik toko online maupun toko tanaman offline yang ada di tepi jalan. Harganya nggak mahal, tampilannya rimbun, mudah tumbuh, dan cantik kalau diletakkan di pot gantung. Kimberly Queen Fern suka cahaya matahari tapi sekaligus suka humidity. Jadi, kalau di indoor, sebaiknya letakkan di dekat jendela. Kamu bisa menyiramnya setiap hari atau 2 kali sehari.

Baca juga: Tips Berbagi Peran Antara Laki-laki dan Perempuan dalam Rumah Tangga

2. Snake Plant

TANAMAN INDOOR PENYARING UDARA 3 - SANSEVIERIA OR SPIDER PLANT

Nama lainnya adalah Sansevieria, atau kalau di Indonesia disebut dengan nama Lidah Mertua. Snake Plant terkenal sebagai salah satu yang paling low maintenance untuk seorang plant mom pemula. Kamu bakal suka tanaman ini karena dia bentuknya unik, nggak perlu disiram tiap hari, dan versatile untuk diletakkan di sudut rumah mana saja.Warna hijau tuanya sangat menarik, jenisnya pun beragam, ada yang bisa tinggi, ada pula yang mini. Ada yang hanya hijau tua, ada pula yang punya perpaduan kuning atau putih.

Baca juga: Memelihara Tanaman Hias Bagus untuk Kesehatan Kulit?

3. Peace Lily

TANAMAN INDOOR PENYARING UDARA - PEACE LILY

Peace Lily punya daun yang kecil-kecil seperti kuncup, dan menyukai iklim yang humid dengan cahaya matahari secukupnya. Biasanya akan muncul bunganya berwarna putih selama beberapa bulan selama musim semi. Harganya relatif murah untuk ukuran tanaman yang cukup populer selama pandemi. Kamu bisa menemukan yang sangat besar dan rimbun, ada pula yang berukuran mini sehingga bisa kamu letakkan di meja kerjamu.

Baca juga: 5 Produk untuk Mempercantik Foto-foto #DiRumahAja

 4. Spider Plant

Chlorophytum comosum (also known spider plant) in a pot on the w

Ini adalah opsi mudah lainnya untuk kamu yang seorang beginner gardener. Tanaman indoor satu ini akan tampil memikat kalau ditanam di dalam pot terracotta berbentuk wajah, karena daun-daunnya akan terlihat seperti rambut! Spider plant senang dengan banyak air dan indirect sunlight. Jadi, jangan lupa siram setiap hari ya!

Baca juga: 10 Superfood untuk Meningkatkan Kekuatan Imun

5. Golden Photos

TANAMAN INDOOR PENYARING UDARA - GOLDEN PHOTOS

Golden Photos akrab disebut Sirih Gading di Indonesia. Menurut saya, ini tanaman indoor wajib bagi semua orang, bahkan yang nggak suka bercocok tanam. Selain jadi air purifier di rumah, dia juga mudah ditemukan di mana-mana, harganya terjangkau, dan bisa kamu tanam di tanah maupun di air. Gampang tumbuh dengan lebat, plus terlihat cantik banget kalau sudah menjuntai ke bawah. Hampir nggak mungkin kamu gagal mengurus tanaman ini, karena dia nggak perlu disiram setiap hari dan akan tetap tumbuh di tempat gelap, makanya punya nama lain Devil’s Ivy.

 

Nah, itulah 5 tanaman indoor yang bagus buat menyaring udara di rumah. Apakah kamu sudah punya salah satunya? Kalau belum, yuk hiasi rumahmu dengan tanaman-tanaman hijau yang mudah tumbuh ini, biar kamu lebih nyaman dan betah #dirumahaja!

 

Foto: Freepik.com