banner-detik

lifestyle

5 Tanaman Indoor Populer yang Cocok untuk Pemula!

seo-img-article

5 TANAMAN INDOOR POPULER

Gara-gara pandemi, banyak orang yang jadi hobi bercocok tanam, mulai dari tanaman buah dan sayur hingga tanaman hias. Rumah mendadak jadi lebih asri, cukup mengobati hati yang rindu liburan di area outdoor yang hijau.

 

Tanaman hias kini diburu banyak orang. Banyak yang sekarang rumahnya seperti urban jungle, padahal awalnya nggak minat atau nggak pernah pelihara tanaman sama sekali. Bahkan kini harga tanaman hias banyak yang melambung tinggi!

Tertarik buat ikut merawat tanaman di rumah? Tenang saja, banyak tanaman indoor dengan harga yang masih masuk akal dan nggak terlalu susah di rawat. Beberapa tanaman indoor di bawah ini cocok untuk pemula, bahkan cocok buat kamu yang nggak punya lahan besar atau tinggal di apartemen.

1. Monstera Deliciosa

5 TANAMAN INDOOR POPULER - MONSTERA DELICIOSA

Tanaman indoor ini punya popularitas yang terjaga setelah bertahun-tahun. Jauh sebelum pandemi, Monstera Deliciosa sudah hits berkat bentuk daunnya yang serupa hati dan terbelah-belah, yang menjadi daya tarik tersendiri. Dia juga disebut Swiss Cheese Plant karena daunnya yang bolong-bolong.

Monstera deliciosa or swiss cheese plant in pot tropical leaves

Hingga kini, Monstera Deliciosa masih sangat diminati dan jago bikin ruangan terlihat cantik secara instan, tipe tanaman yang sangat Insta-genic. Harganya masih berkisar di 200 ribuan untuk 1 pot berukuran kecil hingga 500 ribuan tergantung besar kecil dan jumlah daunnya. Ada juga Monstera Deliciosa yang sangat mahal, dibanderol hingga puluhan juta karena punya corak putih pada daunnya, atau disebut variegata. Buat pemula seperti kamu, Monstera Deliciosa yang biasa saja sudah cukup kok!

Tanaman indoor ini suka berada di tempat yang teduh, aman kalau diletakkan di ruangan ber-AC. Dia suka air, jadi sebaiknya siram setiap hari. Jangan sampai dijemur atau kena direct sunlight terlalu lama ya, nanti daunya jadi kering!

Baca juga: 5 Tanaman Indoor yang Baik untuk Menyaring Udara

2. Rubber Plant

5 TANAMAN INDOOR POPULER - RUBBER PLANT 2

Kalau di Indonesia, Rubber Plant disebut juga dengan Karet Kebo. Tanaman indoor ini cantik dan tangguh, dan sering ditemui di ruangan-ruangan dengan dekor ala Scandinavia. Bentuknya minimalis dan mudah meninggi ke atas, dengan daun yang tebal-tebal dan nggak gampang sobek.

5 TANAMAN INDOOR POPULER - RUBBER PLANT 3

 

Kamu bisa menyiramnya setiap hari atau 2 kali sehari dan memberinya pupuk sebulan sekali. Saya suka dengan tanaman ini karena daunnya cepat tumbuh dan dia nggak rewel kalau kena direct sunlight. Harganya pun affordable, dengan uang sekitar 100-200 ribu kamu sudah dapat 1 pot rubber plant tinggi yang menyulap ruanganmu lebih menarik.

Baca juga: 5 Tips Mempercantik Dekor Rumah Selama Pandemi

3. Sirih Gading

Golden pothos or Epipremnum aureum on white table in the living

Siapa yang nggak kenal tanaman ini? Saya yakin, meskipun kamu bukan pencinta tanaman, kamu pasti sering melihat Sirih Gading atau Pothos atau Devil’s Ivy. Tanaman indoor ini mudah banget tumbuh, di baik di jar berisi air maupun di tanah. Dia tahan panas dan hujan, aman juga di ruangan ber-AC.

Home and garden decoration of golden pothos in the bedroom at wiVariannya banyak sekali, ada Brazil Pothos, Neon Pothos, Green Pothos, N’Joy, Pearls & Jade, Golden Pothos, dan lain sebagainya. Harganya pun masih terjangkau, sekitar 25-100 ribu per potnya. Kalau kamu menanamnya di dalam air, jangan lupa ganti airnya tiap 1 minggu sekali dan kalau akarnya sudah banyak, sebaiknya pindahkan ke wadah yang lebih besar ya!

4. Snake Plant

5 TANAMAN INDOOR POPULER - SNAKE PLANT 1

Snake Plant atau Sansevieria atau Lidah Mertua juga aman banget untuk pemula. Tanaman ini tahan banting, bahkan disiram sekali seminggu pun nggak apa-apa. Dia juga senang dengan cahaya matahari, malah kalau kebanyakan air dia bisa berjamur dan busuk, mirip dengan kaktus. Karena low maintenance, Snake Plant sangat populer di berbagai negara sebagai tanaman indoor yang mempercantik ruangan, apalagi bentuk tajamnya yang khas dan nggak terkesan makan tempat atau memenuhi ruangan.

5 TANAMAN INDOOR POPULER - SNAKE PLANT 2

 

Harga Snake Plant juga nggak mahal, apalagi kalau kamu membelinya di tukang tanaman offline di pinggir jalan. Di supermarket pun suka dijual, lho! Satu pot Snake Plant besar masih bisa dibanderol seharga 50 ribu saja.

 

 

5. Kaktus

5 TANAMAN INDOOR POPULER - CACTUS 3

Mau coba pelihara tanaman tapi takut nggak keurus? Kaktus adalah pilihan tepat. Kamu nggak perlu menyiramnya setiap hari, karena dia punya cadangan air yang banyak di tubuhnya. Aman untuk diletakkan di indoor, dan bentuknya sangat beragam dan unik.

5 TANAMAN INDOOR POPULER - CACTUS 2

 

Kamu bisa beli kaktus-kaktus kecil atau sukulen dan letakkan di meja kerjamu supaya lebih semangat ketika bekerja. Kalau yang ukuran besar, kamu bisa melirik kaktus koboi atau kaktus centong yang sangat populer dan cocok menghiasi sudut rumah mana saja, karena nggak berduri tajam plus kasih kesan tropis yang unik.

Baca juga: Memelihara Tanaman Hias Baik Bagi Kesehatan Kulit?

Gimana? Makin penasaran kan, pingin jadi mom plant? Semoga tanamanmu tumbuh subur dan rumahmu jadi lebih teduh ya!

 

Foto: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment