banner-detik

lifestyle

4 Tanaman Hias dengan Daun Berwarna-warni yang Harus Kamu Punya!

seo-img-article

TANAMAN HIAS DENGAN DAUN BERWARNA-WARNI - AGLAONEMA 4

Mengingat banyaknya pembaca artikel tanaman hias yang saya tulis, kali ini saya buat lagi, tapi tentang daun yang berwarna-warni! 😀

Lagi rajin mengoleksi tanaman hias? Teruskan! Selain baik untuk menyaring udara, bikin suasana rumah lebih asri, aktivitas ini termasuk bentuk self-care juga karena kamu bikin diri sendiri happy setiap kali merawat mereka. Kalau kamu bosan dengan nuansa hijau pada tanaman-tanaman hias, saatnya kamu memiliki koleksi lain yang daunnya lebih berwarna! Ada banyak lho tanaman hias dengan corak dan perpaduan warna yang cantik. Tanaman warna-warni ini nggak selalu mahal, kok! Beberapa di bawah ini pasti bikin kamu jatuh cinta!

1. Begonia

TANAMAN HIAS DENGAN DAUN BERWARNA-WARNI - BEGONIA 5

Sampai bulan Oktober 2020 ini, Begonia masih jadi salah satu tanaman hias yang harganya affordable. Saya selalu membelinya di bawah 100 ribu, bahkan ada yang 30 ribu saja. Padahal kalau diperhatikan, daun Begonia sangat unik. Ada yang teksturnya tebal dan berongga seperti jamur, ada juga yang daunnya seperti daun strawberry, ada yang belakang daunnya merah berbulu seperti karpet (Begonia Red Carpet), ada yang motifnya polkadot, ada yang berbunga dan lain-lain. Warna Begonia juga amat beragam, ada yang mocca (misalnya Begonia Macculata), hijau tua, hijau dengan sentuhan putih (Begonia Macculata hijau dengan polkadot putih) bahkan merah, pink, dan silver (Begonia Rex).

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Nggak Perlu Disiram Setiap Hari

2. Aglaonema

TANAMAN HIAS DENGAN DAUN BERWARNA-WARNI - AGLAONEMA 5

Tanaman hias yang satu ini sudah mulai banyak diminati sehingga harganya juga mulai meninggi. Nggak heran, warnanya memang cantik banget! Aglaonema atau disebut juga Chinese Evergreen, punya banyak varian yang daunnya nggak melulu berwarna hijau, misalnya, Aglaonema Widuri Red Peacock, Aglaonema Harlequin, Aglaonema Anyanmanee, Aglaonema Pink Lady, Aglaonema Pink Valentine, dan Aglaonema Siam Aurora. Warnanya berkisar di pink, merah dan agak oranye. Buat kamu yang pemula, kamu bisa beli Aglaonema Siam Aurora saja yang harganya masih cenderung murah, sekitar 50 ribu – 200 ribu per potnya.

Baca juga: Memelihara Tanaman Hias Bagus untuk Kesehatan Kulit?

3. Calathea

Kalau ini adalah tanaman hias kesukaan saya. Banyak orang bilang, Calathea ini rewel alias high maintenance. Daunnya tipis dan mudah kering! Tapi entah kenapa, saya cocok dengan Calathea. Saya sudah punya lebih dari 10 jenis Calathea di rumah. Kuncinya adalah siram setiap hari dan letakkan di tempat teduh. Tanaman hias yang juga disebut sebagai Prayer Plant ini menarik banget karena saat sore dan malam hari, daunnya kuncup ke atas seperti tangan yang sedang berdoa, pagi harinya dia akan merekah lagi. Calathea juga punya daun yang bercorak cantik dan warnanya sangat beragam. Kalau kamu bosan dengan tanaman hias yang berwarna hijau, kamu bisa membeli Calathea Triostar, Calathea Black Lipstick, Calathea Roseopicta Rosy, dan Calathea White Fusion.

TANAMAN HIAS DENGAN DAUN BERWARNA-WARNI - CALATHEA 4

 

Baca juga: 5 Tanaman Indoor Populer yang Cocok untuk Pemula!

4. Caladium

TANAMAN HIAS DENGAN DAUN BERWARNA-WARNI - CALADIUM 6

 

Caladium atau Keladi juga merupakan tanaman hias yang punya banyak sentuhan warna lain selain hijau. Ada rona pink, putih, dan merahnya! Buat kamu yang menyukai daun artsy dengan perpaduan warna, kamu bisa lirik Caladium Red Flash, Caladium Miss Muffet, Caladium Florida Elise, Caladium Rosebud, Caladium Candidum, dan Caladium Florida Red Ruffles. Berbeda dengan Calathea yang senang disiram, tanaman hias ini sebaiknya nggak over-watering karena daun dan batangnya mudah busuk.

Baca juga: 5 Tanaman Indoor yang Baik untuk Menyaring Udara

Nah, itulah 4 tanaman hias yang daunnya nggak melulu berwarna hijau! Cantik, ya? Kamu bisa mengisi akhir pekanmu dengan membeli berbagai tanaman di atas secara online maupun offline. Di antara keempat tanaman hias itu, yang paling suka air adalah Calathea, jadi sebaiknya dia disiram setiap hari dan nggak kena direct sunlight. Sementara Begonia, Aglaonema, dan Caladium masih aman kalau disiram 2 hari sekali. Selamat memelihara tanaman hias berwarna-warni!

Foto: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment