banner-detik

foundation

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Foundation

seo-img-article

foundation-brush-m

Mau beli foundation baru? Pertimbangkan dulu hal-hal di bawah ini ya!

Pernah nggak sih, merasa terus ingin mencoba produk baru, padahal sebenarnya kita sudah punya produk dengan jenis yang sama? Kalau saya sendiri mengalaminya dengan foundation. Saya suka sekali mencoba-coba berbagai macam foundation. Jadi ketika banyak brand merilis foundation secara bersamaan, rasanya saya ingin beli semuanya.

Untuk menghindari tindakan impulsive membeli foundation baru ini, ada beberapa hal yang harus kita pikirkan sebelum membelinya. Yaitu apakah foundation yang mau kita coba ini memang sesuai untuk kita? Kalau iya, boleh lah produk tersebut kita bawa pulang. Namun bila  tidak, sebaiknya coret dari wishlist ya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Serum Foundation Ringan Dan Tahan Lama

Ini dia hal-hal yang harus diperatikan sebelum memutuskan untuk mencoba foundation baru:

 

Finish Foundation

Hal pertama, kita harus tahu dulu bagaimana finish foundation incaran kita. Apakah glowing atau matte finish? Saya punya jenis kulit kering dan nggak suka sama overall makeup look yang terlihat matte. Jadi kalau foundation yang saya inginkan punya klaim matte finish, jelas langsung saya hapus dari wishlist. Saya lebih memilih foundation dengan dewy finish, karena bikin kulit saya nggak kering, foundation-nya nggak gampang cracking, dan wajah saya juga jadi terlihat lebih sehat.

Namun bila wajahmu berminyak, foundation dengan hasil akhir matte tentu akan lebih disukai. Karena lebih tahan lama dan akan memberi kesan makeup yang lebih rapi tanpa minyak.

 tips full coverage foundation (1)

Coverage

Coverage ini penting banget lho untuk dicari tahu sebelumnya! Saya kebetulan tipe yang suka foundation lightweight dengan light coverage juga. Karena rasanya ringan dan hasilnya natural, nggak dempul. Kulit saya memang nggak begitu bermasalah dengan noda dan bekas jerawat. Hanya ada satu atau dua spot bekas jerawat yang bisa diutup dengan bantuan concealer.

Tapi kalau kamu punya banyak sekali noda dan bekas jerawat di wajah, tentu akan lebih memilih foundation yang punya daya cover yang bagus! Foundation light coverage pasti akan jarang sekali terpakai bila dibeli.

Baca juga: Tips Menggunakan Full Coverage Foundation

Foundation TBS

Shade

Nah, ini juga sangat penting! Bukan cuma skintone atau gelap terangnya produk, tapi juga undertone. Buat saya malah undertone yang tepat lebih penting daripada skintone. Karena gelap terangnya foundation, kalau salah bisa diakali dengan mencampurkan dengan color corrector atau foundation lain. Tapi kalau sudah salah undertone, hasilnya di kulit jadi abu-abu dan susah sekali dikoreksi dengan produk apapun.

Saya sendiri cenderung menghindari foundation dari brand Korea yang kebanyakan punya pink undertone. Karena kulit saya yang kuning jelas nggak bisa cocok. Dan sayangnya nih, beberapa foundation lokal juga ada yang tidak menyediakan shade kuning. Jadi kalau ada foundation baru rilis dan saya ingin mencoba, saya selalu cari real swatch-nya dulu, untuk tahu bagaimana pilihan undertone-nya.

Baca juga: Gimana Supaya Foundation Pas Dengan Undertone Kulit?

 

Dengan mempertimbangkan hal-hal di atas, saya jadi nggak impulsive membeli foundation. Memang sih, brand-brand lokal sekarang banyak yang mengeluarkan foundation dengan konsep yang lucu-lucu banget, dan minta dikoleksi. Tapi kalau ada satu dari tiga hal di atas yang tidak sesuai dengan selera saya, biasanya saya langsung eliminasi dan nggak jadi beli saja, daripada produknya malah hanya menumpuk dan tidak terpakai.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment