Gimana Supaya Foundation Pas dengan Undertone Kulit?

TIPS MEMAKAI FOUNDATION DENGAN 4 CARA BERBEDA

Kok warna foundation yang kamu pikir bakalan cocok di kulit ternyata beda banget dari harapan ya?

Pernah nggak kamu bertanya-tanya kok shade lipstik yang dipakai teman kamu lebih keluar warnanya dibandingkan di bibir kamu ya? Atau, kok warna foundation yang kamu pikir bakalan cocok di kulit ternyata beda banget dari harapan ya? Alasannya simpel: warna lipstik dan foundation itu kurang cocok di undertone kulit kamu. Itu sebabnya memahami undertone kulit adalah cara untuk mendapatkan riasan yang sempurna. Menemukan warna foundation yang di kulit kita nggak sesulit yang kita pikirkan kok. Yuk, kita mulai cari tahu gimana cara memilih warna foundation sesuai undertone kulit.

DIOR BACKSTAGE FACE AND BODY FOUNDATION - 642

Nah sebelum mulai memahami tentang warna kulit, kamu perlu tahu bahwa undertone itu beda banget dengan warna permukaan kulit. Ketika kamu bercermin, mungkin keliatannya warna kulit kamu itu pucat (fair), kekuningan (ivory), medium, hingga gelap. Nah, warna-warna yang baru saya sebutkan tadi adalah warna permukaan kulit. Undertone itu adalah warna basic kulit kamu yang pada dasarnya nggak akan berubah meskipun warna permukaan kulit naik atau turun satu tingkat. (Yes, nggak akan berubah jika kamu pulang liburan dan dalam kondisi tanned sekalipun.) Meskipun keliatannya kulit kamu senada dengan orang lain, tapi undertone kulit belum tentu. 

estee-lauder-double-wear-nude-water-fresh-spf30-foundation-3w3-fawn

Ada empat warna dasar kulit yaitu:

Cool Undertone: Biasanya kamu akan terlihat cocok dengan warna – warna seperti ungu, biru muda, ungu muda dan pink.

Warm Undertone: Kamu cocok banget sama warna coklat, oranye, coral, kuning, peach dan warna serumpunnya. 

Neutral Undertone: Kamu akan terlihat cocok pada (hampir) segala warna. Wuihh beruntung nih! :)

Olive Undertone: Kalau cocok banget sama warna hijau, ungu, pink, mustard, dan warna-warna pastel, emerald green, denim blue, golden yellow.

Bagaimana cara memilih foundation sesuai undertone kulit?

1. Untuk Cool Undertone

Kamu yang memiliki cool undertone biasanya memiliki rona warna permukaan kulit sedikit pink atau merah, khususnya di T-zone. Untuk itu kamu membutuhkan foundation dengan hint warna hangat di area ini. Apabila kulit kamu berwarna fair, kamu bisa banget mencampur foundation dengan warna gading atau ivory yang memiliki unsur warna kekuningan di dalamnya. Jangan takut untuk mencampur warna foundation karena biasanya warna kuning bisa membantu menyeimbangkan rona pink atau merah. Ada sedikit catatan nih buat kamu dengan undertone ini: jauh-jauh ya dari rona warna foundation yang bikin kulit kamu jadi terlihat keemasan (atau terlalu kuning). 

2. Untuk Neutral Undertone

Beruntung banget nih kamu yang memiliki kulit dengan undertone netral. Buat kamu yang memiliki warna dasar kulit ini biasanya nggak memiliki tone warna kuning ataupun pink. Jangkauan warnanya sendiri cukup luas, bisa mulai dari yang warna terang hingga coklat gelap tanpa ada tanda-tanda warna keemasan, merah, pink hingga sedikit kuning pada kulit. Gampang banget untuk tahu kamu salah pilih foundation. Kulit dengan undertone netral akan mudah keliatan keputihan, ashy atau pink jika memakai foundation yang nggak cocok di kulitnya.

Tips buat kamu nih dalam memilih foundation adalah pilih warna seperti caramel (untuk kulit terang), atau espresso (untuk kulit gelap) dan hindari warna apa pun yang bikin kulit kamu jadi keliatan kuning, pink ataupun merah. 

3. Untuk Warm Undertone

Biasanya, warna kulit orang-orang dengan nada hangat memiliki rona warna peach menuju ke keemasan. Apabila kulit kamu agak sedikit gelap, kamu cocok memilih foundation dengan warna honey atau gold. Intinya, pilih foundation yang memiliki warna emas atau kekuningan karena jika salah memilih warna, kulit kamu akan terlihat pink dan merah.

 4. Untuk Olive Undertone

Jadi kulit kamu ini memiliki campuran warna hijau dan kuning. (Kalau diperhatikan baik-baik, kulit kamu akan memiliki sedikit warna kehijauan — bisa keliatan jika kamu selfie di ruangan gelap dengan cahaya flash yang terang). Biasanya warna permukaan kulit dari pemilik olive undertone ini mulai dari warna kulit terang hingga medium tan bronze. Nggak jarang pemilik olive undertone mengira kulitnya adalah cool undertone. Meski demikian, seperti yang saya bilang tadi, kamu dengan mudah menyadari kok kalau ada rona warna hijau yang subtle di kulit (jika diperhatikan dengan seksama). 

Tips buat kamu, pilih foundation yang memiliki kecenderungan warna emas. Hindari foundation yang mengubah kulit kamu jadi kuning, merah hingga pink. 

Gimana cara tahu apakah warna ini sudah cocok untuk kulit?

Saat mengetes warna foundation, ambil sedikit saja lalu pulaskan di tulang pipi (dekat rahang) dan di sekitar hidung ya. Jangan mengira langsung cocokdan dibeli ya, hehehehe, tunggu dulu sebentar. Bila mungkin, kamu bawa jalan-jalan saja keliling mal. Kemudian cek di depan cermin di bawah cahaya alami. Jika foundation di kulit kamu tampak menyatu dengan kulit (tampak hilang), nah, itu adalah foundation yang pas buat kamu. 

 

Gimana? Semoga artikel ini membantu ya! Jika kamu masih kesulitan memilih foundation yang cocok di kulit, coba share di sini keluhan kamu.