Inilah 5 Kesalahan Memakai Serum Wajah yang Sering Ditemui!

Inilah 5 Kesalahan Memakai Serum Wajah yang Sering Ditemui!

5 KESALAHAN MEMAKAI SERUM YANG SERING DILAKUKAN - 1

Kenapa sih kita butuh serum? Karena serum punya konsentrasi yang lebih tinggi, cepat meresap hingga lapisan kulit yang dalam, dan lebih cepat menangangi berbagai masalah kulit. Sudah pakai serum tapi kulitmu tetap nggak berubah jadi lebih baik? Pasti ada yang salah!

 

Serum wajah sangat penting dalam skincare routine, karena jenis skincare ini punya bahan aktif khusus yang lebih potent dan lebih cepat dalam mengatasi masalah kulit. Teksturnya pun lebih ringan dibandingkan moisturizer, sehingga lebih cepat meresap menuju sasaran. Serum juga tersedia dalam dengan ingredients dan formula yang sangat beragam, untuk jenis kulit apapun ada! Jadi, kamu bisa  pilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing, misalnya untuk brightening, untuk firming, untuk hydrating, atau untuk mengurangi jerawat.

Kalau sudah pakai serum tapi hasilnya kurang maksimal, mungkin ada kesalahan yang kamu lakukan. Apa saja sih kesalahan saat memakai serum wajah? Simak di bawah ini!

1.  Salah urutan pemakaian

5 KESALAHAN MEMAKAI SERUM YANG SERING DILAKUKAN - 6

Banyak orang masih belum paham benar tentang urutan pemakaian skincare. Apakah kamu salah satunya? Ingat saja, kalau skincare sebaiknya dipakai dari yang paling ringan teksturnya, ke yang paling berat. Jadi, setelah double cleansing, kamu memakai toner, essence, serum, barulah moisturizer dan sunscreen (kalau pagi), atau sleeping mask (kalau malam).  Serum selalu dipakai sebelum moisturizer ya! Kalau kamu punya face oil, kamu bisa menggunakannya setelah moisturizer, atau di antara serum dan moisturizer, tergantung teksturnya. Kalau face oil-nya ringan dan mudah meresap, maka sebelum moisturizer. Kalau face oil-nya cukup thick, maka setelah moisturizer saja.

Kalau kamu salah dalam urutan ini, skincare yang kamu pakai bisa terasa nggak nyaman di kulit, atau penyerapannya kurang baik sehingga hasilnya nggak maksimal.

Baca juga: 5 Kesalahan Pakai Retinol yang Harus Dihindari

2. Tidak dilanjutkan dengan moisturizer

5 MOISTURIZER LOKAL UNTUK MENCERAHKAN 2

Serum bukanlah moisturizer. Meskipun serum yang kamu pakai sudah cukup melembapkan kulit, misalnya ada kandungan Hyaluronic Acid-nya, tapi sebaiknya kamu tetap memakai moisturizer setelahnya. Serum lebih menyasar target permasalahan kulit, konsentrasinya tinggi dan cepat meresap, sementara moisturizer lebih creamy dan bisa menjaga kekuatan skin barrier. Jadi, biar saja tugas melembapkan kulit tetap dipegang oleh moisturizer.

Baca juga: 5 Serum Wajah yang Ampuh Bikin Kulit Glowing

3. Memakai serum yang tidak sesuai dengan kebutuhan

5 KESALAHAN MEMAKAI SERUM YANG SERING DILAKUKAN - 3

Salah satu kesalahan dalam memakai serum yang sering ditemui adalah yang satu ini. Seperti yang sudah saya sebutkan, serum itu potent dan bekerja sesuai target, makanya jenisnya sangat beragam sesuai dengan bermacam-macam masalah kulit. Jadi, sebaiknya pilih serum dengan kandungan-kandungan yang memang dibutuhkan oleh kulitmu, supaya lebih sesuai sasaran. Jangan asal memilih serum tanpa memahami kandungannya atau mendalami fungsinya ya! Baca dulu labelnya, kenali ingredient list-nya, cari review-nya sebelum membeli.

Sebagai contoh, kalau kamu menginginkan warna kulit yang lebih merata, cerah dan glowing, bisa pilih serum dengan kandungan Niacinamide, Alpha Arbutin, Glutathione, Licorice Extract, AHA BHA, atau Vitamin C. Kalau kamu kulitnya kering, pilih serum dengan kandungan buah-buahan yang kaya antioksidan, Hyaluronic Acid, dan Ceramide. Jika kamu ingin mengurangi kekusaman dan garis-garis halus, mau punya kulit yang lebih kencang, maka kamu bisa pilih serum dengan Retinol atau Peptide. Kalau punya kulit berjerawat, kamu bisa mencoba serum yang kandungannya Retinol, Niacinamide, BHA, Centella Asiatica, dan Salicylic Acid.

Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Cleansing Oil

4. Menggunakannya terlalu sedikit

5 KESALAHAN MEMAKAI SERUM YANG SERING DILAKUKAN - 4

Jangan karena sebuah produk serum menghabiskan uangmu lebih banyak dibandingkan skincare lainnya, misalnya cleanser atau toner, lalu kamu jadi memakai serum terlalu irit. Nanti nggak akan kelihatan efeknya, lho! Gunakan serum 1 pump atau sekitar 4-5 tetes (jika menggunakan pipet), pada wajahmu sambil dipijat-pijat. Jangan lupa pakai juga di area leher ya! Kamu bisa juga menggunakan face roller supaya membantu serummu menyerap lebih baik.

Lebih baik kamu membeli serum yang affordable tapi selalu dipakai rutin dengan amount yang tepat, dibandingkan beli serum mahal tapi hanya dipakai sedikit-sedikit dan jarang.

Baca juga: 3 Kesalahan Saat Menggunakan Beauty Sponge

5. Tidak teratur

5 KESALAHAN MEMAKAI SERUM YANG SERING DILAKUKAN - 5

Nah, ini sih harusnya kamu sudah tahu ya? Kalau nggak teratur pakainya, gimana kamu bisa lihat hasilnya? Serum pada umumnya harus dipakai setiap hari, pagi dan malam sebelum moisturizer. Tapi, cek lagi labelnya, aturan pakainya, dan kandungannya ya. Kalau jenisnya adalah serum retinol atau serum AHA BHA, kamu cukup menggunakannya 2-3 kali saja dalam seminggu. Pokoknya, pastikan kamu menggunakannya sesuai aturan. Kalau seharusnya 2-3 kali seminggu tapi hanya sebulan sekali, atau seharusnya 2 kali sehari tapi kamu hanya pakai 2 kali seminggu, ya nggak akan ada perubahan di wajah kamu. Kuncinya adalah konsisten. Kalau tekun menggunakan skincare yang kandungan dan formulanya sesuai dengan kondisi kulit kamu, kulitmu bisa jadi lebih baik, lebih sehat, dan glowing!

 Baca juga: 5 Rekomendasi Serum Korea untuk Bikin Kulit Lebih Cerah

Nah, itulah kesalahan memakai serum yang seringkali ditemui. Ada nggak yang sering kamu lakukan? Semoga setelah ini kamu jadi lebih tertib dan teratur dalam memakai serum ya!

 

Foto: Freepik.com