banner-detik

beauty school 2

Awas! Ini 4 Dampak Buruk Polusi Terhadap Rambut

seo-img-article

Selain kesehatan tubuh dan kulit, ternyata polusi juga bisa memberikan dampak buruk terhadap rambut! 

Tingginya tingkat polusi yang terjadi di Jakarta akhir-akhir ini memang mengkhawatirkan. Mulai dari kendaraan hingga asap dari pabrik di sekitar Jakarta pun berperan dalam buruknya polusi di Ibu kota. Bahkan indeks kualitas udara pun menunjukkan sudah di level yang nggak sehat. Nggak hanya bahaya untuk kesehatan tubuh aja, tapi rambut juga bisa terkena dampaknya. Lalu apa saja dampak buruk polusi terhadap rambut? Baca terus untuk mengetahuinya ya. 

Baca juga: Kenali Tanda-Tandanya, Ini 4 Ciri Rambut Kamu Mengalami Kerusakan!

Memperlambat pertumbuhan rambut 

dampak buruk polusi terhadap rambut

Beauty enthusiast yang ingin memanjangkan rambut tapi merasa rambutnya nggak panjang-panjang bisa jadi terkena dampak dari polusi. Dalam jurnal Effects of particulate matter on human dermal papilla, dinyatakan bahwa polutan udara membuat protein di sel folikel rambut yang bertanggung jawab dalam pertumbuhan rambut berkurang. Akhirnya kemampuan rambut baru untuk tumbuh pun jadi melambat. 

Rambut rontok 

Penyebab rambut rontok bisa bermacam-macam, termasuk polusi. Jika terpapar polusi terus-menerus, kondisi kesehatan kulit kepala dan folikel rambut tentu akan terdampak. Menurut studi Understanding Hair Loss due to Air Pollution and the Approach to Management, kerontokan yang disebabkan polusi mirip dengan kerontokan male-pattern baldness. 

Baca juga: Rambut Rontok? Kamu bisa Gunakan Hair Tonic yang Memiliki 5 Manfaat Ini!

Rambut kusam 

Rambut yang kusam dan nggak berkilau juga menjadi salah satu dampak polusi terhadap rambut. Ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan di tubuh akibat polusi juga berpengaruh kepada rambut. Berdasarkan studi Oxidative Stress in Ageing of Hair, kerusakan akibat radikal bebas bisa membuat rambut kehilangan pigmen warnanya dengan cepat sehingga menjadi kusam.   

Rambut mengalami penuaan dini 

ini dia dampak buruk polusi untuk rambut

Nggak hanya kulit yang bisa mengalami penuaan dini, rambut pun juga bisa mengalaminya karena polusi, lho! Salah satu tanda penuaan yang bisa dilihat dari rambut adalah munculnya uban yang terjadi karena rambut kehilangan pigmennya. Proses ini ternyata bisa jadi makin cepat akibat polusi dan uban pun muncul lebih cepat. Selain itu, penuaan rambut dini lain yang juga bisa terjadi akibat terpapar polusi adalah produksi rambut yang berkurang dan folikel serta helai rambut jadi menipis.  

Baca juga: Polusi Udara Jakarta Makin Buruk! Jaga Kualitas Udara di Rumah dengan 5 Tips Ini!

Jadi, ternyata berbagai permasalahan rambut yang sering dihadapi bisa berasal dari polusi juga. Ada baiknya jika kita turut mulai mengurangi polusi agar rambut nggak terkena dampaknya. Misalnya adalah dengan beralih ke transportasi umum daripada menggunakan kendaraan pribadi. Semoga artikel ini bermanfaat ya! 

 

Edited by Salma Nur Hanina

Images: Dok. Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment