banner-detik

beauty school

Teknik Makeup Hits Ala TikTok: Bedak Sebelum Foundation?

seo-img-article

TWTEW

Tren makeup terbaru lagi viral di TikTok? 

Beberapa saat yang lalu, lagi-lagi muncul tren beauty yang viral di salah satu platform sosial media TikTok. Tapi bukan lagi tren skincare yang booming seperti penggunaan The Ordinary 30% + AHA 12%, tren beauty yang viral kali ini adalah tren teknik makeup! Kenapa tren ini bisa viral? Menurut banyak orang, teknik ini populer karena step-nya yang unik. Kalau biasanya kita mengaplikasikan foundation sebelum di set dengan bedak, kali ini kamu perlu mengaplikasikan bedak terlebih dahulu sebelum menggunakan foundation.

Baca juga: Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Coba The Ordinary Peeling Solution!

Sebetulnya, teknik makeup bedak sebelum foundation telah dipopulerkan oleh salah satu makeup artist ternama bernama Wayne Goss sejak tahun 2014 yang lalu. Jadi, ini bukanlah tren yang baru, melainkan tren lama yang kembali booming! Teknik ini dipercaya bisa bikin makeup jadi tahan lama, mengurangi penampakan fine lines, serta mengirit foundation. So, apa aja sih step-step tren makeup yang hits di TikTok satu ini?

Step 1 : Moisturize

Layaknya melakukan makeup, kamu wajib menggunakan moisturizer pada wajah terlebih dahulu. Wajah yang lembap dapat membantu pengaplikasian makeup supaya menempel dengan lebih baik, serta complexion jadi nggak gampang crack. Kalau kamu merasa kulitmu kering, kamu bisa mengaplikasikan hydrating serum sebelum moisturizer. Sebab kunci dari teknik yang satu ini adalah mempersiapkan kanvas wajahmu selembap mungkin sebelum memulai makeup! A good skin is the greatest canvas!

Step 2 : Powder

Review Wardah Perfect Bright BB Powder03

Nah, alih-alih menggunakan foundation, di tren TikTok kali ini kamu perlu mengaplikasikan powder terlebih dahulu. Gunakan powder brush, ambil transluscent powder atau loose powder, kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan wajah dengan gerakan memutar. Transluscent powder ini dipercaya dapat ‘mengunci’ seluruh skincare yang sebelumnya kamu aplikasikan. Selain itu, transluscent powder ini berfungsi untuk menutup pori-pori, serta menyamarkan fine lines agar hasil makeup lebih flawless. Kamu juga jadi nggak perlu retouch makeup berkali-kali karena makeup akan jadi tahan lebih lama! Kalau kamu punya jenis kulit oily, kamu perlu tambahkan loose powder yang sedikit lebih banyak di daerah T-zone agar hasil makeup nggak lebih gampang berminyak. Ingat, jangan gunakan jenis powder lain selain transluscent atau loose powder supaya hasil makeup kamu nggak crack!

Baca juga: 5 Tren Teknik Foto TikTok yang Perlu Kamu Coba! (With Audio)

Step 3 : Setting Spray

Supaya powder kamu lebih ‘set’, gunakan setting spray ke seluruh permukaan wajahmu. Setting spray ini juga akan membantu ‘mengunci’ skincare yang telah kamu gunakan. Selain itu, mengaplikasikan setting spray bisa membantu foundation jadi lebih menempel, dan bikin complexion kamu nggak crack akibat terlalu kering.

Step 4 : Primer

guerlain, make over, marc jacobs primer

Step ini optional, tapi kalau kamu ingin makeup yang lebih tahan lama, aplikasikan primer ke wajah setelah setting spray. Tapi, hati-hati kalau kamu menggunakan primer yang silicon-based, kamu nggak mau mengaplikasikannya terlalu banyak.  Hal ini bisa menyebabkan foundation jadi patchy, bahkan cracking. Aplikasikan primer dengan menggunakan tangan ke seluruh wajah. Kehangatan dari tangan bisa membantu primer bisa menyerap dengan lebih baik.

 Step 5 : Foundation

Review Bobbi Brown Intensive Skin Serum Foundation-8

Last step of the TikTok trend, masuk ke foundation. Berhubung base yang digunakan udah super matte, saya rekomendasikan untuk menggunakan foundation yang lightweight, bahkan foundation yang bersifat dewy atau glowy. Aplikasikan sedikit foundation dengan menggunakan foundation brush atau tangan. Tapi, menggunakan tangan akan jauh lebih mudah sebab foundation bisa diaplikasikan jauh lebih merata. Untuk teknik ini, kamu nggak perlu lagi mengaplikasikan bedak setelah foundation supaya hasilnya nggak terlalu kering!

Baca juga: Toxic TikTok: Beberapa Tren Beauty di TikTok yang Berbahaya!

Nah, banyak timbul pro dan kontra dari Wayne Goss yang kembali dipraktikan di TikTok kali ini. Beberapa yang pro merasa dengan teknik ini, makeup mereka jadi lebih tahan lama dan nggak perlu di retouch lagi. Hasil makeup juga jadi lebih flawless dari biasanya! Tapi, teknik ini nggak terlalu direkomendasikan untuk jenis kulit kering karena dinilai terlalu dry dan gampang cracking! Well, kita nggak akan pernah tahu kalau nggak coba ke diri sendiri, sih. Tentunya, kuncinya terletak pada formula produk yang cocok dengan jenis kulit masing-masing. Prep your skin well kalau kamu punya kulit yang kering. Kalau kamu punya kulit yang oily, apply the right amount of powder! It’s all about trial and error!

Gimana menurut kamu? Mau coba tren makeup TikTok yang satu ini? Atau adakah yang pernah mencoba dan udah berhasil? Share di komen ya!

 

Foto: Dok. Tik Tok @chia, Youtube Wayne Goss, Female Daily Network.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment