banner-detik

foundation

Cara Menutupi Kemerahan Pada Wajah

seo-img-article

Somethinc cushion arum (2)

Warna asli kulit badan kuning, tapi warna kulit wajah kemerahan akibat berjerawat, bikin susah mau pilih foundation. Berikut cara menutupi kemerahannya!

Walau skin undertone kita kuning, tapi seringkali warna kulit wajah kita malah pink atau kemerahan. Ini bisa saja karena kulit sensitif, post inflammatory erythema (PIE), ataupun rosacea. Dan kondisi kemerahan pada wajah ini agak menyusahkan kalau kita mau pilih warna foundation yang tepat. Kalau mau pakai foundation yang pink undertone seperti warna wajah, hasilnya warna kulit wajah dan badan jadi nggak match. Kelihatan beda dan dandan banget. Tapi kalau dipaksakan pakai foundation yang yellow tone, seringkali hasilnya malah abu-abu.

Baca juga: Serba-Serbi Rosacea dan Cara Mengatasinya

Untuk mengakalinya, kita perlu menutupi kemerahan pada wajah terlebih dahulu, sebelum memakai foundation yang yellow undertone. Dan sesuai colour teori, warna merah lawannya adalah hijau. Jadi warna kemerahan pada wajah kita akan dapat disamarkan dengan produk yang berwarna hijau.

Nah, setelah tahu warna apa yang harus digunakan untuk menyamarkan, sekarang ini dia produk-produknya:

  guna corector warna (2)

Color Correcting Concealer

Pernah melihat palette concealer cream yang berwarna-warni? Concealer tersebut memang tidak dimaksudkan untuk single use, tapi dimaksudkan untuk mengoreksi warna sebelum penggunaan foundation atau concealer sewarna kulit. Masing-masing warna dari concealer tersebut, ada fungsinya sendiri-sendiri. Salah satunya, concealer warna hijau untuk menetralisir warna kemerahan pada kulit.

Nah, produk color correcting concealer warna hijau ini, cocok digunakan kalau kemerahan di wajahmu hanya ada di beberapa titik saja. Gunakan detailer brush, untuk mengaplikasikan color correcting concealer warna hijau pada spot-spot wajah yang kemerahan, baurkan sedikit dan biarkan set, lalu timpa dengan foundation atau concealer sewarna kulit.

Produk color correcting concealer yang bisa dicoba adalah Make Up For Ever Camouflage Cream Pot Redness Corrector, Make Over Camouflage Cream Face Concealer, L.A. Girl HD Pro Conceal Green Corrector, dan Rivera Cover Foundation Misty Green.

Baca juga: Tips Menggunakan Concealer dan Color Corrector Untuk Bekas Jerawat

 Primer Berwarna Mufe 2

Face Primer

Bila warna kemerahan wajahmu merata di seluruh bagian wajah, face primer warna hijau lebih tepat untuk dipilih dibandingkan color correcting primer. Face primer ini digunakan di seluruh wajah, sebelum menggunakan foundation. Memang sih, coverage dan warna hijaunya tentu tidak sekuat color correcting primer. Face primer ini warna hijaunya biasanya tipis-tipis saja. Tapi untuk kemerahan yang merata di seluruh wajah, biasanya juga warna merahnya tidak akan semerah seperti yang terdapat pada satu spot jerawat.

Produk face primer warna hijau yang bisa dicoba adalah Make Over Powerstay Color Correcting Primer Green dan Ultima ii Delicate Under Make Up Tint Aquafleur.

 complexion lokal dupe high end Arum (6)

Foundation dengan olive undertone

Kalau merasa bahwa menggunakan face primer cukup ribet, karena harus menambah satu step makeup lagi, mungkin foundation dengan tone olive bisa dicoba. Olive undertone ini maksudnya adalah warna kuning yang sedikit ada hint kehijauannya. Saya sendiri ternyata cukup match dengan foundation olive undertone ini. Warna kuningnya pas dengan kulit saya, dan sedikit hint kehijauannya mampu menyamarkan redness di wajah saya dengan baik.

Sayangnya untuk produk lokal, belum banyak yang mempunyai foundation dengan olive undertone. Bahkan saya baru menemukan satu, yaitu Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion shade Coco. Warnanya medium dengan olive undertone. Tapi kalau untuk western brand, terutama lini profesional seperti Make Up For Ever dan MAC, tentu sudah banyak yang menyediakan foundation dengan olive undertone. Tinggal dipilih saja yang sesuai dengan skintone-mu.

Selamat mencoba ya ;).

Slow Down

Please wait a moment to post another comment