Serba-Serbi Rosacea dan Cara Mengatasinya

Warna kemerahan pada kulit yang nggak hilang-hilang bisa disebabkan penyakit kulit Rosacea. Yuk, cari tahu penyebab dan juga penanganannya.

Rosacea adalah penyakit kulit yang biasanya terjadi pada perempuan dan menyerang kulit pada bagian wajah. Karakteristik kulit ini adalah kemerahan, jerawat atau kalau yang lebih parah lagi adalah penebalan pada kulit. Untuk penyakit Rosacea sendiri ada empat jenis, dengan gejala yang berbeda juga. Nggak jarang, satu orang bisa mengalami dua jenis Rosacea yang bersamaan. Area wajah yang sering timbul Rosacea adalah area dahi, hidung, pipi dan sekitaran mulut.

Serba-Serbi Rosacea

Apa penyebab pasti timbulnya penyakit rosacea sendiri belum diketahui secara jelas, tapi yang pasti ini bisa saja menjadi faktor keturunan. Tingkat parah atau tidaknya rosacea pada seseorang ditentukan juga dari pola hidupnya. Karena rosacea akan beraksi pada udara, tingkat stress seseorang, dan makanan pedas ataupun beralkohol. Selain itu tungai mikroskopis juga diduga sebagai salah satu pemicu utama permasalahan rosacea pada seseorang. Karena tungau ini adalah arthropada kecil yang tinggal pada kulit manusia, dan akan bermasalah bila jumlahnya semakin bertambah banyak di kulit kita.

Apa saja jenis-jenis rosacea yang ada?

Rosacea Eritematotelangiektasis, adalah kemerahan permanen pada wajah, dan pembuluh dara pada kulit yang sangant terlihat. Nggak jarang untuk pemilik jenis ini kulit menjadi kering atau pun bersisik.

Rosacea Papulopustular, kemerahan yang disertai benjolan yang berupajerawat yang memiliki pustula.

Rosacea Fimatosa, biasanya terjadi pada pria, rosacea ini menyerang bagian hidung dan menyebabkan penebalan pada kulit tersebut

Rosacea Okular, tergolong paling parah, karena jenis ini berpengaruh pada mata.

 

Penanganannya

Sama seperti penyakit kulit eczema, penyakit kulit rosacea nggak bisa sembuh 100%. Yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan produk-produk perawatan kulit yang tepat, menjaga gaya hidup dan juga mengontrol tingkat stress kita sehari-hari. Biasanya kalau rosacea sudah parah, sebaiknya melakukan kunjungan ke dokter dermatolog untuk diberikan krim topikal yang berisi antibiotik agar rosacea nggak semakin parah. Selain ke dokter, kamu juga bisa menjaga/ mencegah rosacea semain parah dengan menggunakan produk skincare OTC.

Serba-Serbi Rosacea dan Cara Mengatasinya

Produk skincare seperti apa aja yang dibutuhkan?

Sunscreen

Rosacea identik dengan kulit sensitif, terkena paparan sinar matahari yang terlalu intese bisa memperparah kondisi rosacea pada wajah. Maka dari itu, penggunaan sunscreen haruslah nomer satu dan jangan lupa untuk touch up menggunakan sunscreen, kalau kamu memang banyak menghabiskan waktu di luar ruangan

Pelembap

Nggak ketinggalan produk-produk pelembap untuk menjaga lapisan kulit yang fungsinya untuk mencegah terjadinya flares dengan cara membatasi kulit dari masuknya bahan kimia dan pemicu kulit iritasi dari luar. Perlu diingat, pilihlah pelembap dengan kandungan alkohol yang kecil dan juga nggak mengandung parfum.

No Physical Exfoliator

Karena kulitnya sendiri sudah sensitif baiknya hidari atau kurangi penggunaan exfoliating toner yang terlalu keras atau terlalu sering. Amannya ganti produk exfoliator kamu dengan yang lebih lembut seperti Azelaic Acid, atau Salicylic Acid.

Intinya, ketika mencari perawatan kulit untuk meredakan rosacea, cari deh produk-produk yang calming dengan kandungan misalnya camomile, aloe vera atau shea butter untuk meredakan inflamasi pada kulit. Hindari produk yang tinggi akan sls, alkohol dan juga parfum, karena ketiga bahan ini akan memicu reaksi pada penyakit kulit rosacea.