banner-detik

face scrubs exfoliators

Rekomendasi Produk Eksfoliasi untuk Kulit Sensitif

seo-img-article

mengatasi-kemerahan-kulit-2

Punya kulit sensitif dan bingung gimana cara eksfoliasi tanpa bikin iritasi? Berikut beberapa tipsnya!

Punya kulit sensitif, jujur repot banget dan harus super gentle saat memilih dan menggunakan produk skincare. Soalnya berdasarkan pengalaman saya, salah pakai produk atau teknik mengaplikasikan, bisa-bisa bikin kulit langsung iritasi, kemerahan, bruntusan atau bahkan langsung jerawatan. Saya yakin, teman-teman yang kulitnya sensitif pernah merasakan ini.

Baca juga: 5 Produk untuk Menenangkan Kulit Iritasi Akibat Over-Exfoliating

Nah, biasanya yang paling bikin bingung tim kulit sensitif adalah gimana cara mengeksfoliasi kulit? Karena ada beberapa orang yang kulitnya nggak bisa terkena gesekan kapas, soalnya bikin jerawatan atau kadang perih setelahnya. Padahal exfoliating kulit itu penting banget, supaya kulit nggak terlihat kusam, pori-pori tersumbat dan juga permasalahan komedo.

Lihat juga: Memilih Exfoliating Toner Sesuai Jenis Kulit

Jadi di artikel kali ini saya akan share beberapa rekomendasi produk yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, tapi yang gentle untuk kulit sensitif.

 Cremorlab O2 Couture Oxygenic Peeling Mask

Cremorlab O2 Couture Oxygenic Peeling Mask

Bubble mask

Belum terlalu populer atau menjadi must have items, tapi bubble mask bisa menjadi opsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, contohnya bubble mask dari brand Cremorlab. Biasanya masker bubble mask, memiliki kandungan AHA/BHA. Kalau di dalam Cremorlab ini ada kandungan Glycolic Acid dan Salicylic Acid di dalamnya. Karena produk ini adalah masker dan mudah diratakan pada wajah, maka proses terjadinya gesekan pada kulit sangat minor, sehingga nggak memicu timbulnya iritasi. Proses exfoliating akan terjadi dengan sendirinya, melalui efek bubbling. 

Baca juga: Polyglutamic Acid VS Hyaluronic Acid, Mana Juaranya?

Eksfoliasi untuk Kulit Sensitif

Facial wash

Mengingat kategori skincare sudah sangat berkembang, sekarang facial wash pun banyak jenis dan kandungannya. Jadi buat kalian yang nggak bisa menggunakan exfoliating toner, kalian bisa menggunakan facial wash yang memiliki kandungan AHA/BHA. Biasanya kandungan acid yang terdapat dalam produk facial wash adalah Salicylic acid, makanya facial wash ini lebih sering di pasarkan untuk kulit berjerawat. Tapi sebenarnya mau dipakai di kulit sensitif pun nggak masalah. Salah satu cleanser yang paling populer dan mudah di temukan di Indonesia adalah Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser.

Biyu Gentle AHA Serum Lokal Bagus untuk Kulit Bruntusan-5

Serum

Lagi-lagi, sebenarnya sekarang kita sudah nggak harus bergantung dengan exfoliating toner, untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Selain masker dan facial wash, kita juga bisa menggunakan serum wajah dengan kandungan acid di dalamnya. Karena serum memiliki teksur yang cair dan mudah menyerap, ketika kita mengaplikasikannya pada wajah juga, nggak terlalu banyak gesekan, pemicu kulit iritasi. Untuk produknya sendiri gimana? Pilihannya banyak banget dan bisa kalian sesuaikan dengan budget yang kalian miliki. Hari Minggu kemarin, Poppy baru saja sharing 3 Rekomendasi Exfoliating Serum Lokal Terbaik! Jadi bisa langsung tonton video-nya ya.

Baca juga: Biyu Gentle AHA Serum Lokal Bagus untuk Kulit Bruntusan

Intinya saat ingin mengangkat sel-sel kulit mati, kita cukup mencari produk skincare dengan kandungan AHA, BHA atau PHA. Dulu memang, kandungan-kandungan ini hanya ada dalam bentuk exfoliating toner saja. Tapi sekarang, tiga kandungan ini sudah bisa kamu temukan dalam format skincare lainnya.

Oh ya, selain kandungan AHA, BHA dan PHA, kalian juga bisa menggunakan clay mask. Untuk kulit sensitif, kalian bisa menggunakan Kaolin clay mask.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment