5 Produk untuk Menenangkan Kulit Iritasi Akibat Over-Exfoliating

PRODUK UNTUK MENENANGKAN KULIT IRITASI 2

Eksfoliasi itu penting, tapi kalau terlalu sering, kulit bukannya jadi glowing malah jadi iritasi. Pakai apa ya buat mengatasinya?

 

Karena nggak sabar ingin melihat kulit lebih halus dan cerah, kamu jadi menggunakan produk eksfoliasi seperti scrub, masker, peeling pad, atau serum AHA BHA terlalu sering. Akibatnya, kulit jadi perih, gatal, memerah, bahkan terasa seperti terbakar. Duh, gimana mengatasinya? Selain kamu harus mengurangi frekuensi pemakaian eksfoliator, kamu juga bisa menggunakan produk-produk yang kasih efek calming dan benar-benar melembapkan tanpa terasa greasy. Berikut ini beberapa rekomendasi produk yang bagus untuk menenangkan kulit iritasi!

1. Bioderma Atoderm Gel Douche

BIODERMA ATODERM GEL DOUCHE - PRODUK UNTUK MENENANGKAN KULIT IRITASI

Sebaiknya, stop dulu pemakaian facial wash yang mengandung sabun atau banyak busanya ya. Ganti dengan cleanser lembut, yang bisa mengurangi sensasi “ketarik” di wajah yang sedang ekstra kering atau iritasi. Bioderma Atoderm Gel Douche ini pilihan tepat, karena ringan namun melembapkan dan melindungi kulit. Nggak cuma bisa dipakai di wajah tapi juga di tubuh, bahkan bisa untuk bayi lho! Ukurannya pun banyak, ada yang 100 ml, 200 ml, 500 ml, sampai 1 liter! Saya langsung suka produk ini sejak pemakaian pertama.

Baca juga: Ini 5 Pembersih Wajah Tanpa SLS yang Bisa Kamu Coba

2. Kiehl’s Calendula & Aloe Soothing Hydration Masque

KIEHL'S CALENDULA & ALOE SOOTHING HYDRATION MASQUE

 

Ini adalah salah satu masker favorit saya karena teksturnya gel, bikin kulit segar, lembap, dan gampang dibersihkan. Beberapa kali wajah saya terasa perih karena menggunakan facial scrub dan serum yang ternyata nggak cocok, saya buru-buru mengaplikasikan masker ini di wajah yang sudah dibersihkan. Ampuh banget buat menenangkan kulit iritasi! Perih berkurang, kulit langung tenang dan adem, tentu berkat kandungan aloe vera dan bunga calendula yang terkenal sebagai anti-inflamasi.

Baca juga: Apakah Kamu Over-Exfoliating? Ini Tandanya dan Cara Mengatasinya!

3. Clinique Redness Solutions Daily Redness Cream

CLINIQUE REDNESS SOLUTIONS DAILY RELIEF CREAM

Saat kulit terasa perih dan “ketarik”, sebaiknya gunakan moisturizer yang bisa memberi efek soothing dan punya kemampuan melembapkan yang lebih maksimal. Produk Clinique ini bisa mengatasinya, bahkan sekaligus mengurangi kemerahan di kulit wajah. Mengandung probiotic (lactobacillus) untuk menguatkan skin barrier dan menyeimbangkan microbiome pada kulit.

Baca juga: 5 Moisturizer di Bawah 300 Ribu untuk Mengatasi Kulit Sangat Kering Saat Puasa

4. Avene Thermal Spring Water Spray

AVENE EAU THERMALE SPRING WATER

Cara praktis untuk menenangkan kulit iritasi dan cekit-cekit adalah pakai produk ini. Kamu tinggal semprotkan ke wajah dan leher, biarkan cairannya meresap. Kamu pasti bisa merasakan efeknya: kulit jadi lebih segar, lembap, dan rasa perih perlahan menghilang. Produk ini sangat serbaguna! Kamu juga bisa memakainya setelah shaving atau waxing, di kulit bayi yang ruam popok, pada bekas jahitan operasi, setelah membersihkan wajah, atau pada saat mengalami sunburn.

Baca juga: 7 Rekomendasi Skincare Vitamin E untuk Kulit Normal Cenderung Kering

5. Murad Sensitive Skin Soothing Serum

MURAD HYDRATION SENSITIVE SKIN SOOTHING SERUM

Diformulasikan khusus kulit sensitif, produk ini mengandung Hyaluronic acid untuk menjaga kadar air, Lecithin untuk melembapkan kulit, ditambah chamomile extract untuk menenangkan kulit iritasi, serum ini bisa mengurangi rasa “tight” pada kulit serta memudarkan kemerahan. Setelah pemakaian, kulit jadi kembali kenyal dan terhidrasi.

 

Nah, itulah beberapa produk skincare yang bisa membantu menenangkan kulit iritasi! Mana yang sudah pernah kamu coba? Selain memiliki produk-produk di atas, jangan lupa ya bahwa exfoliating sebaiknya dilakukan 1-2 kali saja dalam seminggu! Lengkapi juga dengan minum air putih dan makan buah yang banyak ya, biar kulit lembap dari dalam.

 

Foto: Freepik.com, Courtesy of brands.