banner-detik

bath n body

Apa Sih Manfaat Eucalyptus Bagi Kesehatan?

seo-img-article

MANFAAT EUCALYPTUS 6

Eucalyptus belakangan ini jadi perbincangan karena disebut-sebut bisa membantu menangkal virus. Apa saja sebenarnya manfaat eucalyptus?

Khasiat eucalyptus dalam dunia kesehatan sudah tidak asing lagi. Tanaman eucalyptus yang asalnya dari Australia ini telah tumbuh di berbagai belahan bumi dan umumnnya digunakan minyaknya untuk berbagai pengobatan herbal. Meskipun eucalyptus adalah obat herbal yang populer, tapi manfaatnya untuk menangkal coronavirus belum terbukti secara klinis. Hubungan antara eucalyptus dan coronavirus ini masih perlu penelitian yang lebih serius dengan skala yang lebih besar lagi. Jadi, jangan langsung percaya ya, kalau ada produk dengan kandungan eucalyptus yang mengklaim bisa melindungi dari coronavirus!

Lalu, sebenarnya, apa manfaat eucalyptus bagi kesehatan? Di bawah ini tertera 9 manfaat eucalyptus yang perlu kamu tahu!

1. Mengurangi batuk

MANFAAT EUCALYPTUS 5

Sudah sejak lama eucalyptus terkenal bisa meringankan batuk. Nggak heran kalau banyak sekali obat batuk di pasaran yang memiliki kandungan eucalyptus di dalamnya. Mengusapkan eucalyptus oil di dada dan leher saat batuk dan pilek juga akan terasa sangat menenangkan.

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan dan Kecantikan!

2. Mengurangi lendir pada pernapasan

MANFAAT EUCALYPTUS - BELLI TO BABY EUCALYPTUS ESSENTIAL OIL

Saat menderita batuk, pilek, atau hidung tersumbat, eucalyptus oil akan membantu mencairkan lendir atau dahak yang sulit dikeluarkan. Caranya gampang kok, usapka saja pada dada atau leher. Kamu juga bisa menuangkan beberapa tetes minyak eucalyptus pada air panas di dalam mangkuk, lalu dekatkan ke wajah dan hirup uapnya dalam-dalam. Lakukan 2 kali sehari untuk mengurangi lendir yang sulit keluar.

Baca juga: Memelihara Tanaman Hias Bagus untuk Kesehatan Kulit?

3. Mengobati gigitan serangga

MANFAAT EUCALYPTUS 8

Untuk mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga seperti nyamuk, coba deh oeskan eucalyptus oil pada area kulit yang bentol atau kemerahan.

Baca juga: 7 Manfaat Kurma, untuk Kulit Sampai untuk Diet!

4. Meredakan luka ringan pada kulit

Kamu bisa membubuhkan ointment atau cream yang punya kandungan eucalyptus oil pada area yang terkena luka ringan misalnya papercuts, terbakar, atau kena pisau, karena ucalyptus bermanfaat sebagai anti-inflamasi dan anti-bakteri.

5. Melegakan pernapasan

YOUNG LIVING EUCALYPTUS RADIATA - MANFAAT EUCALYPTUS

Manfaat eucalyptus yang lainnya adalah untuk membantu melegakan pernapasan, makanya bagi kamu yang punya sinus atau asma, sebaiknya selalu punya eucalyptus oil di rumah. Aroma essential oil eucalyptus yang di-diffuse akan membuat pernapasan terasa lebih nyaman, sekaligus menyegarkan dan membersihkan udara pada ruangan.

Baca juga: 3 Resep Minuman Hangat untuk Membantu Mengurangi Flu

6. Membantu menyembuhkan herpes pada bibir

Cold sore atau herpes pada bibir yang terasa gatal, perih, dan bikin nggak percaya diri, bisa diatasi dengan balm atau ointment yang mengandung eucalyptus oil karena kandungan anti-inflamasinya berfungsi untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit.

7. Menyegarkan bau mulut

MANFAAT EUCALYPTUS 3

Nggak cuma mint saja yang ampuh mengurangi bau mulut, eucalyptus juga lho! Eucalyptus bisa bertindak sebagai anti-bakteri yang memerangi kuman-kuman penyebab bau mulut, makanya nggak heran kalau ada pasta gigi atau obat kumur yang menggunakan bahan eucalyptus di dalamnya.

8. Menyehatkan kulit kepala

Kandungan anti-inflamasi dan pada eucalyptus membuat tanaman herbal ini berkhasiat juga bagi perawatan rambut, terutama untuk meredakan radang pada kulit kepala, sehingga membantu mengurangi ketombe dan rambut pun bisa tumbuh lebih subur.

9. Mengurangi nyeri sendi

Riset menunjukkan bahwa eucalyptus oil bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada persendian. Produk krim atau ointment untuk persendian banyak yang menggunakan eucalyptus oil sebagai salah satu kandungannya. Tapi, untuk nyeri sendi atau sakit pada otot yang cukup serius, kamu tetap harus menghubungi dokter ya.

Baca juga: Inilah Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Kecantikan!

Nah, itulah sederet manfaat eucalyptus bagi kesehatan. Apakah kamu termasuk yang sering pakai minyak eucalyptus? Apa saja produk eucalyptus yang kamu punya? Share di kolom komentar ya!

 

Foto: Freepik.com, Young Living, Belli To Baby.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment