Saffron, Ingredient Yang Mulai Dilirik Beauty Brands!

Saffron sedang jadi tren baru di dunia kecantikan dan kesehatan. Mengonsumsi rempah ini secara rutin dapat mendatangkan berbagai manfaat bagi tubuh kita, lho!

 

MANFAAT SAFFRON 2

Sudah pernah dengar atau coba saffron? Salah satu rempah-rempah atau bumbu klasik berharga mahal ini punya segudang manfaat yang baik bagi tubuh kita. Saffron yang diambil dari bunga Crocus sativus, disebut berasal dari Iran, akan tetapi banyak juga yang menyebutkan Yunani dan Mesopotamia sebagai negara yang pertama mempopulerkan rempah ini. Masyarakat Yunani kuno sering mengonsumsi saffron untuk meningkatkan libido, memperbaiki mood, dan mempertajam daya ingat.

MANFAAT SAFFRON 1

Kata “saffron” sendiri kemungkinan merupakan serapan dari bahasa Prancis kuno “safran”, bahasa Latin “safranum”, bahasa Arab “za’faran”, dan bahasa Persia “zarfaran” yang berarti “gold strung” karena bentuknya seperti helaian berwarna emas. Selain sebagai obat, saffron sering digunakan pada makanan Persia, India, Eropa, dan Arab, nggak cuma sebagai bumbu, tapi juga sebagai pewarna alami yang memberikan sentuhan warna kuning atau oranye pada masakan. Di Cina dan India, saffron juga sering dipakai sebagai pewarna pakaian. Dalam dunia parfum, saffron merupakan salah satu bahan yang terkenal bisa memberikan aroma khas yang hangat dan oriental. Rasanya seperti madu tapi dengan sentuhan rumput. Wah, menarik ya!

 

Nah, sebelum mencobanya, simak 8 manfaat saffron bagi kesehatan dan kecantikan berikut ini!

1. Sebagai antioksidan yang powerful

Saffron sangat kaya akan antioksidan, yang akan berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan lingkungan dan stres. Antioksidan yang terkandung dalam saffron antara lain crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol. Crocin dan crocetin mengandung zat yang bisa berperan sebagai antidepresan dan memproteksi sel otak dari kerusakan. Bahkan saffron sering disebut sebagai “sunshine spice” karena dapat membantu mengurangi stres dan depresi.

SAFFRON

Sementara safranal yang memberikan aroma dan rasa pada saffron sangat baik untuk memperbaiki mood, meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar. Kaempferol adalah zat yang berperan sebagai anti-kanker, antidepresan dan anti-inflamasi.

2. Membantu mencegah dan memerangi kanker

Karena kaya antioksidan yang bisa membantu menetralkan radikal bebas, maka saffron juga bermanfaat untuk mencegah dan memerangi kanker, karena radikal bebas sering menciptakan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker. Antioksidan pada saffron bisa membuat sel-sel kanker menjadi lamban pertumbuhannya, dan membuat sel-sel normal tidak terserang.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan crocin pada saffron juga bisa membuat sel kanker lebih sensitif terhadap obat-obat kemoterapi.

3. Bisa menjadi afrodisiak

Sudah tahu kan kalau ada makanan yang punya khasiat afrodisiak – yang meningkatkan libido? Cokelat dan oyster adalah beberapa di antaranya. Nah, ternyata saffron juga lho! Penelitian menunjukkan bahwa rempah ini dapat memperbaiki gairah seksual pada perempuan dan laki-laki, terutama yang depresi dan menggunakan obat-obatan antidepresi. Bahkan bisa memperbaiki fungsi ereksi. Hmm.. ini berita penting untuk kamu yang sudah berumahtangga!

4. Mengurangi nafsu makan

Untuk kamu yang selama ini sulit diet, mungkin saffron bisa menjadi jawaban. Saffron bisa membantu memperlambat datangnya nafsu makan atau keinginan untuk ngemil. Pada sebuah penelitian, saffron yang dikonsumsi secara rutin bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, mengurangi lingkar pinggang, body mass index, dan masa lemak total.

5. Mengatasi gejala PMS

PMS atau pre-menstrual syndrome pasti selalu dialami perempuan dan seringkali sangat mengganggu aktivitas karena gejolak hormon yang naik-turun. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perempuan 20-45 tahun yang rutin mengonsumsi saffron 30 mg per hari bisa mempunyai kondisi PMS yang lebih baik, karena mulai dari sakit kepala, sensitivitas, rasa ingin ngemil, sampai rasa sakit pada tubuh atau bagian perut jadi lebih berkurang!

6. Membuat kulit bercahaya dan awet muda

Saffron bisa menjadi salah satu makanan kulit yang pintar untuk semua usia dan semua jenis kulit. Kandungan vitamin C dan crocin pada saffron sangat bagus untuk membuat kulit lebih cerah, melindungi kulit dari polusi, mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan, menghidrasi kulit, mengencangkan kulit, memperbaiki tekstur kulit, serta meningkatkan imunitas kulit.

Nggak heran kalau saffron mulai dilirik sebagai salah satu bahan penting untuk skincare, seperti pada produk Nuxe Nuxuriance Ultra dan Korres Golden Ageless Saffron.

NUXE NUXURIANCE ULTRA CREAM

KORRES GOLDEN KROCUS ELIXIR

Wah, banyak sekali ya manfaatnya. Cocok banget buat melengkapi gaya hidup sehat yang sedang kamu jalankan! Apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi saffron?