3 Resep Minuman Hangat untuk Membantu Mengurangi Flu

Background with ingredients: fresh ginger ,lemon,cinnamon sticks

Kalau flu mulai menyerang atau gejala bersin-bersin mulai datang, saya biasanya membuat minuman hangat sendiri di rumah untuk membantu meredakannya.

Kalau lagi flu, seringnya kita justru malah tergoda untuk minum berbagai minuman dingin seperti boba, es kopi susu, bahkan eskrim. Duh, tahan ya, harus sabar menghindari itu semua! Sebaiknya kamu minum yang hangat-hangat setiap pagi dan malam sebelum tidur, buat melegakan pernapasan dan membantu supaya pilek nggak makin parah. Biasanya saya meracik bahan-bahan di dapur untuk membuat minuman hangat yang membantu mengurangi flu atau tenggorokan yang mulai terasa sakit. Beberapa resep ini mungkin bisa kamu coba!

1. Madu dan lemon

A cup of tea,brown sugar,honey and lemon on concrete  background

Ini adalah resep minuman hangat termudah yang bisa kamu buat, bahkan ketika kamu nggak lagi flu. Cukup campurkan 1-2 sendok madu dengan perasan 1 buah lemon, lalu tambahkan air panas. Lemon sangat kaya akan vitamin C dan antioksidan, sedangkan madu penuh nutrisi dan juga punya kandungan anti-bakteri yang baik. Nggak cuma membantu mengurangi hidung tersumbat, kulitmu bisa jadi lebih glowing kalau minum ini setiap pagi!

Baca juga: Mau Kulit Glowing? Coba 5 Resep Smoothie Ini!

2. Campuran rempah-rempah

MINUMAN HANGAT UNTUK MEMBANTU MENGURANGI FLU 3

Dalam sebuah panci kecil, rebus 1 ruas jahe yang diiris, 1 batang serai, 1 batang kayu manis, 3 butir cengkeh, 2 lembar daun pandan, dan sedikit gula merah sampai airnya berubah warna. Saring, kemudian tuangkan di gelas. Kamu bisa juga mengganti gula merah dengan madu, tapi untuk madu jangan dimasak ya, ditambahkan terpisah saja di gelas. Bahan-bahan itu sangat kaya antioksidan, anti-inflamasi, dan antimicrobial. Nyaman banget di tenggorokan dan di dada, bisa membantumu tidur lebih nyenyak juga.

Baca juga: 10 Super Food untuk Meningkatkan Kekuatan Imun

3. Teh hijau dan daun mint

MINUMAN HANGAT UNTUK MEMBANTU MENGURANGI FLU 4

Campurkan segenggam daun mint dengan air, rebus sampai mendidih dan daun layu. Angkat, sisihkan daunnya. Tuangkan air ke cangkir dan tambahkan 1 kantung green tea. Tambahkan sedikit madu kalau ingin rasa yang manis. Daun mint punya rasa yang segar dan relaxing, serta mampu mencairkan dahak dan meredakan hidung tersumbat, sementara green tea kaya antioksidan yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

 

Itulah beberapa resep minuman hangat yang bisa membantu mengurangi flu. Gampang, kan? Mana yang pernah kamu buat? Jangan lupa lengkapi juga dengan pola makan sehat dan cukup istirahat ya!

 

Foto: Freepik.com.