banner-detik

fitnfab

Yuk, Kenalan dengan 5 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan dan Kecantikan

seo-img-article

MANFAAT BUNGA TELANG 4

Pernah dengar yang namanya bunga telang? Kenalan yuk dengan berbagai manfaatnya!

Bernama Latin Clitoria Ternatea, bunga berukuran kecil ini sangat khas dengan warnanya yang biru indigo atau ungu. Tanamannya merambat dan banyak ditemukan di wilayah Asia, termasuk Indonesia. Dikenal juga dengan nama Butterfly Pea, Blue Bell Vine, Blue Pea, atau Asian Pigeon Wings, bunga telang sudah terkenal sejak dulu sebagai teh yang memiliki banyak khasiat.

Karena edible, bunga telang juga sering sekali dipergunakan sebagai garnish di atas makanan, atau digunakan sebagai pewarna alami makanan dan minuman. Di Indonesia, bunga telang banyak dikeringkan untuk teh, atau dibuat menjadi pewarna nasi. Di Malaysia, bunga telang dipakai untuk mewarnai ketan. Sementara di Thailand, ada yang namanya Nam Dok Anchan, atau lemonade bunga telang. Kalau diberi perasan lemon, cairan teh bunga telang yang semula biru, berubah jadi ungu. Banyak juga kafe hits di sana yang menyajikan ice latte dengan bunga telang sehingga perpaduan warnanya putih dan biru.

Nggak cuma menarik dengan keunikannya tersebut, bunga telang juga kaya sekali manfaat. Apa saja sih manfaat bunga telang untuk kesehatan dan kecantikan?

1. Meningkatkan kemampuan penglihatan

MANFAAT BUNGA TELANG 7

Bunga telang mengandung antioksidan yang bernama proanthocyanidin, yang bisa meningkatkan aliran darah ke area mata, membuat mata lebih segar dan sehat, serta mencegah terhindar dari glaukoma, kerusakan retina, dan blurred visions.

Baca juga: Ini Dia Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Kecantikan!

2. Bagus untuk pertumbuhan rambut

MANFAAT BUNGA TELANG 3

Wah, ternyata nggak cuma lidah buaya saja, bunga telang juga tumbuhan yang berkhasiat menjaga kekuatan rambut lho! Karena mengandung banyak flavonoid, bunga telang bisa membuat rambut lebih subur dan mencegah uban muncul lebih cepat.

Baca juga: Intip Manfaat Kurma yang Baik untuk Kulit Sampai untuk Diet!

3. Kaya akan antioksidan

MANFAAT BUNGA TELANG 2

Bunga telang mengandung banyak  flavonoid, anthocyanin (yang juga ditemukan dalam blueberry), dan phenolic yang akan memaksimalkan fungsi antioksidan, sehingga membantu mengurangi stres, melindungi tubuh dari radikal bebas, meningkatkan kekuatan imun, dan berperan juga sebagai anti-inflamasi.

Baca juga: 7 Masker dengan Kandungan Madu untuk Bikin Kulit Glowing dan Kenyal

4. Meningkatkan fungsi kognitif

MANFAAT BUNGA TELANG 8

Bunga telang berfungsi sebagai nootropic (suplemen otak) alami, jadi bisa meningkatkan fungsi kognitif atau memaksimalkan fungsi otak dalam mengingat, belajar, dan fokus.

5. Membuat kulit lebih kenyal bercahaya

MANFAAT BUNGA TELANG 5

Sederet antioksidan dalam bunga telang, sangat baik untuk menstimulasi kolagen dan elastin, sehingga bikin kulit lebih kenyal dan mencegah dari penuaan dini. Manfaat bunga telang yang satu ini bahkan sudah disadari oleh beberapa brand kecantikan, jadi mereka membuat bunga telang sebagai bahan dalam sebuah skincare, contohnya Votre Peau Magic Blue Pea Flower Eye Cream dan Sonya Dakar Blue Butterfly Balm.

VOTRE PEAU MAGIC BLUE PEA FLOWER EYE CREAM

SONYA DAKAR BLUE BUTTERFLY BALM

 

Nah, banyak kan manfaat bunga telang untuk kesehatan dan kecantikan? Sudah pernahkah kamu minum tehnya atau memakai skincare-nya? Buat mendapat sederet kegunaan itu, yuk bikin kue atau minuman bunga telang untuk Hari Raya besok!

 

Foto: Freepik.com.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment