Review The Body Shop Camomile Cleansing Butter yang Nyaman di Kulit

REVIEW THE BODY SHOP CAMOMILE CLEANSING BUTTER 2

Sebelum mengenal istilah double cleansing, saya kira membersihkan wajah dengan cleansing foam saja sudah cukup.

Ternyata, untuk membersihkan wajah secara efektif kita perlu menggunakan dua jenis cleanser, apalagi sehabis menggunakan makeup. First cleanser, atau pembersih pertama yang digunakan sebelum cleansing foam, akan melumerkan semua makeup, minyak, dan kotoran di wajah. Sehingga saat dibilas dengan cleansing foam setelahnya, wajah akan bersih sempurna. Jenis first cleanser yang paling umum adalah micellar water, cleansing oil, dan cleansing balm. Saat ini, cleansing balm favorit saya adalah dari The Body Shop, yaitu Camomile Cleansing Butter. Simak yuk, review-nya di bawah ini!

Packaging

REVIEW THE BODY SHOP CAMOMILE CLEANSING BUTTER 4.jpeg

Kemasan The Body Shop Camomile Cleansing Butter ini clean dan simple. Bentuknya bulat dengan diameter yang cukup lebar dan wadahnya tidak terlalu tinggi, which is good, karena jika ingin dibawa kemana-mana, kemasan seperti ini gampang diselipkan di tas tanpa memakan banyak tempat. Isi produk di dalamnya adalah 90 ml dengan harga 199 ribu rupiah. Pada kemasan sudah dijelaskan bahwa cleansing butter ini cocok untuk sensitive skin dan mengandung Camomile Extract dari Norfolk, England, yang menenangkan kulit.

Baca juga: Review The Bath Box Rose Drop Facial Oil

Formula

REVIEW THE BODY SHOP CAMOMILE CLEANSING BUTTER 1

Seperti namanya, tekstur The Body Shop Camomile Cleansing Butter ini memang very soft and buttery. Key ingredients dari produk ini adalah Camomile, yang memang terkenal efektif untuk menenangkan kulit with it’s anti-irritant properties. Klaimnya, cleansing butter ini bisa digunakan oleh semua jenis kulit, bahkan untuk sensitive skin sekalipun. Di kulit saya sih formulanya cocok, tapi keep in mind kalau produk ini masih ada kandungan fragrance-nya, walaupun memang tidak terlalu menyengat.

Baca juga: 5 Produk Ampuh untuk Menenangkan Kulit Iritasi Akibat Over-exfoliating

Ingredients

Ethylhexyl Palmitate, Synthetic Wax, PEG-20 Glyceryl Triisostearate, Olea Europaea Fruit Oil, Butyrospermum Parkii Butter, Caprylyl Glycol, Tocopherol, Parfum, Aqua, Linalool, Limonene, Helianthus Annuus Seed Oil, Anthemis Nobilis Flower Extract, Citric Acid.

Penggunaan

REVIEW THE BODY SHOP CAMOMILE CLEANSING BUTTER 3

Biasanya saya menggunakan cleansing butter ini di kulit yang belum dibasahi air. Untuk alasan kebersihan, karena cleansing butter ini berbentuk jar dan tidak ada spatulanya, biasanya saya ambil produknya dengan cotton bud. Jadi saya menghindari menggunakan jari untuk mengambil produk dalam kemasan seperti ini. Menggunakannya mudah banget, tinggal digosok dan dipijat saja ke seluruh wajah, dan semua jenis makeup langsung lumer seketika, bahkan mascara waterproof sekalipun. Setelah semua makeup dan kotoran sudah lumer, tinggal dibilas dengan air, dan wajah jadi bersih with a silky smooth feeling yang tidak terasa greasy. Setelah itu jangan lupa bilas dengan cleansing foam ya, wajib! Tips dari saya, always be gentle on your eye area, dan menggosok cleansing butter-nya tidak perlu terlalu kencang, pelan-pelan saja gosok ke seluruh wajah hingga leher jika kamu menggunakan makeup hingga ke leher juga.

Baca juga: 5 Sheet Mask Ampuh untuk Melembapkan Kulit Secara Instan

Final verdict

Diantara micellar water, cleansing balm, dan cleansing oil, sejauh ini saya merasa paling cocok dengan cleansing balm, and this product is my favorite! Micellar water memang lebih praktis, tapi kadang terlalu kering di kulit dan saya juga kurang nyaman menggosok-gosok wajah dengan kapas terlalu sering. The Body Shop Camomile Cleansing Butter terasa lebih gentle di kulit dan juga mudah untuk mengatur jumlah produk yang ingin saya gunakan, jadi lebih hemat jika dibandingkan dengan micellar water. Rasanya di wajah tidak terlalu licin dan berminyak seperti cleansing oil. The Body Shop Camomile Cleansing Butter ini juga lebih mudah dibawa kemana-mana, karena bentuknya padat jadi tidak perlu takut tumpah saat dimasukkan ke dalam tas.

Kalau kamu paling suka yang mana nih? Micellar water, cleansing balm, atau cleansing oil? Share jawabanmu di kolom komentar ya!

 

Foto: Dok. Female Daily/Tirza Tiffani.