Heboh di TikTok: Pakai Oil Cleanser 15 Menit Bisa Angkat Komedo?

Kesalahan-membersihkan-wajah angkat komedo

Tren skincare yang lagi heboh di TikTok ini katanya bisa angkat komedo dengan oil cleanser. Beneran nggak sih?

Another day, another beauty trend. Selama masa pandemi ini banyak kan yang menghabiskan waktu di TikTok? Ada yang sekadar nontonin video orang-orang di FYP, atau justru ikutan bikin konten. Meski terkenal dengan video-video dance challenge, di TikTok banyak juga yang bikin konten beauty, baik itu makeup maupun skincare. Salah satu yang lagi hits adalah membersihkan wajah pakai oil cleanser selama 15 menit, untuk angkat komedo yang disebut “oil plugs“.

Baca juga: Rekomendasi Cleansing Balm di Bawah 200 Ribu untuk Double Cleansing

opulentjade tren tiktok angkat komedo

Trend ini awalnya heboh karena akun opulentjade yang mencoba langsung dan kasih lihat kumpulan “oil plugs”, yang berhasil ia keluarkan dari wajahnya setelah pakai oil cleanser selama 15-20 menit. Yup, that is a loooong time cuma untuk membersihkan wajah saja. Namun kelihatannya memang satisfying. Setelah opulentjade, TikTokers lainnya juga penasaran dan mencoba. A whole bandwagon began and everyone jumped on it, as usual. Jujur saja, saya dari awal sih sudah skeptis, ya, terlebih sama buzzword “oil plugs” atau angkat komedo yang digunakan. Hampir 100% yakin kalau yang dimaksud adalah sebaceous filaments. Tapi nggak ada salahnya untuk mencoba.

Opulentjade pun sebenarnya bukan yang pertama membuat teknik ini. Ia bereksperimen setelah nonton video The Golden RX, seorang esthetician di Youtube. Okay, saya langsung cek videonya dan hampir semua komentar di comment sectionnya berbunyi “who’s here from TikTok?”. Di thumbnail video yang berjudul Esthetician Approved: Oil Cleansing Guide for All Skin Types” ada gambar bulir-bulir hitam and wait for it…. kata sebaceous filaments memang terpampang nyata di situ! Hahaha.

golden rx tren skincare tiktok angkat komedo

Di video ini, The Golden RX menjelaskan konsep oil cleansing di mana minyak bisa menarik minyak, sehingga wajah bisa bersih secara maksimal. You know the drill. Kemudian ia lanjutkan dengan bilang, kalau oil cleansing selama 15-20 menit bisa mengeluarkan “oil plugs” yang akan terasa gritty di tangan. Oil plugs yang dimaksud di sini ya, memang sebaceous filaments, seperti sudah saya duga sebelumnya. Sebaceous filaments memang sering disangka komedo atau blackhead karena tekstur dan warnanya yang kecokelatan, padahal kedua hal ini berbeda. Nah, anehnya di video The Golden RX sebenarnya nggak ada tuh scene menunjukkan bulir-bulir oil plugs-nya LOL. Tapi karena semalam saya pun memang butuh double cleansing, saya cobain juga eksperimen ini.

Baca juga: Cara Supaya Bebas Komedo untuk Kulit Kering-Sensitif

Oil cleanser yang saya pakai adalah Beauty of Joseon Radiance Cleansing Balm. Karena tahu akan memijat wajah selama 15 menit, saya merasa butuh slip lebih dari biasanya, dan memutuskan untuk pakai dua scoops. Sambil ngantuk, saya bersihkan wajah saya selama 15 menit menggunakan timer. Rasanya lama banget! Biasanya saya hanya membersihkan wajah selama satu sampai dua menit saja. Sekitar 10 menit berlalu, wajah saya justru terasa sedikit gatal, kemungkinan karena peredaran darah yang lebih lancar. Lalu apakah “oil plugs”-nya keluar? Ya ada sih beberapa, tapi nggak sampai sepuluh. Nggak seperti di TikTok yang dibuat opulentjade ataupun thumbnail video The Golden RX. Saya juga post a little rent tentang ini di Instagram Story, dan lebih banyak yang skeptis dari pada yang berhasil mengeluarkan banyak “oil plugs”. 

oil plugs

Kalau saya hasilnya hanya kurang satisfying, beberapa orang dengan kulit sensitif justru kulitnya malah iritasi setelah mencoba teknik ini. Iritasi ini bisa jadi disebabkan karena terlalu banyak dan lamanya gesekan pada kulit. Jadi untuk pemilik kulit sensitif, apa lagi yang punya rosacea, baiknya nggak usah ikutan trend ini.

Baca juga: Serba-Serbi Rosacea dan Cara Mengatasinya

Apakah saya akan melakukan teknik cleansing ini lagi? Definitely not. Hahaha. Waktu yang digunakan terlalu panjang, padahal oil cleansing seperti biasanya pun wajah saya juga sudah bersih. Lagi pula sebaceous filaments adalah bagian dari kulit yang normal, bukan seperti blackhead yang memang perlu diekstraksi.

Kamu tertarik nggak mencoba juga? Atau justru sudah coba? Ceritain yuk di comment section.

Foto: dok. Female Daily, @opulentjade, The Golden RX