banner-detik

skin care

Cara Supaya Bebas Komedo untuk Kulit Kering-Sensitif

seo-img-article

 kulit sensitif bebas komedo - Arum (3)

Face scrub dan ekstraksi komedo sudah pasti dihindari oleh pemilik kulit sensitif. Lalu bagaimana cara pemilik kulit sensitif agar bebas komedo?

Salah satu hal yang dikangenin banyak orang di masa physical distancing ini adalah perawatan ke salon atau klinik kecantikan. Apalagi buat yang terbiasa rutin melakukan facial dan ekstraksi komedo di klinik kecantikan atau dokter kullit, pasti udah gatel banget pengen perawatan, dan muka berasa kotor sekali dengan komedo yang menumpuk. Saya sendiri sebenarnya sudah lama nggak pernah melakukan ekstraksi komedo di klinik kecantikan, jauh sebelum pandemi. Alasannya, selain karena kulit saya sensitif terhadap gesekan, juga karena saya merasa perawatan yang saya lakukan akhir-akhir ini sudah cukup untuk membuat kulit saya bebas komedo.

Baca juga: Cara Menangani Jerawat di Usia 30 Tahun

Ini dia perawatan yang saya pakai di rumah, untuk bikin kulit bebas dari komedo:

Pakai BHA Toner Sesekali

Sebagai pemilik kulit kering, sebenarnya untuk mild chemical exfoliating setiap harinya, saya lebih cocok dengan AHA toner. AHA itu selain exfoliator juga humectant, jadi sekalian bisa membantu melembapkan kulit. Dan saya merasa kulit saya memang lebih cerah dan ada peningkatan tekstur ketika rutin memakai AHA toner. Tapi BHA bekerja di lapisan kulit yang lebih dalam, dan sangat efektif membersihkan penyumbatan pori serta mencegah jerawat. Jadi saya sendiri merasa masih membutuhkan BHA juga untuk kulit saya. Saya pakai BHA sesekali untuk menggantikan AHA toner. Biasanya sih menjelang periode menstruasi, di mana kulit saya jadi lebih berminyak dan lebih acne-prone.

Biar nggak terlalu kering, saya memilih produk BHA toner dengan kandungan yang nggak terlalu tinggi. Biasanya sih produk acid toner dari brand Korea punya formula yang mild dengan kandungan BHA yang nggak terlalu tinggi. Misalnya Benton Aloe BHA Skin Toner atau A.Stop Clear Face & Body Toner.

 kulit sensitif bebas komedo - Arum (1)

Kombinasi Chemical dengan Physical Exfoliator

Selain sesekali menggunakan BHA toner, seminggu sekali saya juga melakukan physical exfoliating pada kulit. Mungkin terdengar harsh dan mengerikan sekali ya, menggabungkan dua metode ini. Tapi enggak kok. Karena selain acid toner yang saya pakai formulanya cukup mild, physical exfoliator yang saya pilih juga bukan scrub, melainkan peeling gel.

Mungkin banyak yang nggak percaya bahwa peeling gel benar-benar mampu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit. Namun saya sendiri termasuk yang percaya. Karena saya sendiri merasakan efek positif di kulit saya dengan rutin memakai peeling gel. Kulit lebih bersih, halus dan cerah seperti kalau memakai face scrub, namun minim risiko iritasi. Dan mengombinasikan BHA toner dengan peeling gel di kulit, ternyata efektif dalam mencegah komedo yang ada di kulit saya.

Buat yang belum pernah mencoba peeling gel, beberapa rekomendasi peeling gel yang bisa dicoba adalah Cure Natural Aqua Gel, Envygreen Dead Skin Cell Remover, The Body Shop Liquid Peel, dan Mustika Ratu Face Peeling Gel.

Baca juga: Beautypedia: Peeling Gel si Exfoliator Kontroversial!

  kulit sensitif bebas komedo - Arum (2)

Rutin Pakai Clay Mask

Clay mask sebenarnya bukan untuk kulit kering. Karena clay mask ini bekerja dengan cara membersihkan kulit dari debu dan kotoran hingga ke pori-pori, dan juga menyerap minyak pada wajah. Pemakaian clay mask akan terasa mengeringkan kulit wajah. Tapi clay mask ini efektif sekali lho menghalau komedo dan mencegah jerawat. Jadi saya tetap pakai dengan porsi yang nggak berlebihan.

Biasanya saya pakai seminggu sekali setelah memakai peeling gel, namun bila kulit sedang terasa kering sekali, saya skip dulu pemakaiannya. Dan saya biasanya aplikasikan ke wajah nggak terlalu lama. Cukup setengah kering, nggak perlu sampai kering sempurna dan ketat di wajah. Setelah dibilas, wajah memang terasa super bersih dan sedikit kering. Jadi jangan lupa langsung aplikasikan hydrating toner dan moisturizer.

Clay mask yang biasa saya pakai adalah Evete Naturals Super Green Easy Mix Kit, Acnes Tea Tree Oil Clay Mask, atau Himalaya Purifiying Neem Mask.

  kulit sensitif bebas komedo - Arum (6)

Hydration is Key!

Dan terakhir, namun yang paling penting adalah jaga keseimbangan kadar air di kulit! Karena kulit yang lembap atau terhidrasi adalah kulit yang sehat. Banyak masalah kulit yang ternyata disebabkan oleh kurangnya hidrasi. Dan kulit yang terhidrasi juga akan lebih bebas dari masalah dan mampu menyerap nutrisi dari actives ingredient produk-produk skincare yang kita aplikasikan.

Jadi apapun perawatan yang kita lakukan, apapun actives ingredient yang akan kita tambahkan, make sure kalau kita sudah cukup memakai produk-produk yang menghidrasi kulit. Oh iya, minum air putih minimal 8 gelas sehari juga sangat membantu lho!

Baca juga: Kulit Lembap Itu Penting! Kenapa?

Empat cara tersebut adalah cara andalan saya agar kulit sensitif saya bisa bebas komedo. Apakah kamu punya cara lainnya?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment