Kulit Lembap Itu Penting! Kenapa?

pentingnya hydrasi - Arum (2)

“Kulit yang sehat adalah kulit yang terhidrasi dengan baik.”

Sering mendengar ungkapan itu? Tapi benar kok, kulit kita nggak mungkin bisa sehat dan mencapai kondisi optimalnya bila kurang kadar air. Menurut saya, sebelum menambahkan berbagai macam bahan aktif untuk mencerahkan, anti-aging, exfoliasi, dan lain sebagainya, lebih baik lihat dulu apakah kulit kita sudah terhidrasi dengan baik atau belum.

Baca juga: Agar Tubuh Dan Kulit Tidak Dehidrasi Di Musim Kemarau

 

1. Lebih mudah menyerap bahan aktif skincare

Sudah rajin memakai serum dengan kandungan arbutin dan memakai sunscreen, namun kulit masih kusam dan nggak merata warnanya? Mungkin bukan salah produk yang kita pakai, tapi kondisi kulit kita. Coba dilihat, apakah kulit kita dehidrasi atau tidak. Karena kulit dalam kondisi lembap atau cukup kandungan air, adalah kondisi terbaik kulit untuk dapat menerima nutrisi dari skincare yang kita aplikasikan.

Jadi, saran saya sih, untuk skincare, fokuskan dulu pada hidrasi atau menambah water content pada kulit. Bila kulit sudah cukup lembap, sehat, dan kenyal, baru kita naikan step dengan menambah bahan aktif di skincare routine kita.

2. Tekstur kulit lebih merata

Untuk banyak kasus tekstur pada kulit, kurangnya hidrasi adalah sumber masalahnya. Ketika kulit saya dalam kondisi super kering, biasanya teksturnya jadi nggak rata, muncul semacam beruntusan, dan kalau pakai makeup, terutama highlighter, tekstur kulit ini jadi lebih terlihat jelas.

Bidang yang permukaannya rata, akan memantulkan cahaya. Hal ini berlaku juga untuk kulit kita. Jadi kalau kulit teksturnya halus dan rata, nggak beruntusan, otomatis akan terlihat lebih glowing karena memantulkan cahaya. Kulit yang glowing juga terlihat sehat.

3. Minyak wajah lebih terkontrol

Kulit yang berminyak berlebihan, seringkali penyebapnya adalah dehidrasi lho! Karena kurangnya asupan air pada kulit, akan membuat kulit mengirimkan sinyal ke otak bahwa kulit sedang kekeringan. Kemudian secara otomatis, sel-sel kulit akan memproduksi sebum dalam jumlah yang lebih banyak, untuk mengatasinya. Sebum ini dapat menyumbat pori dan kemudian menyebapkan jerawat.

Jadi kalau kamu punya problem minyak yang sangat berlebih dan jerawat yang nggak kunjung reda, jangan buru-buru cari skincare yang mengeringkan kulit. Coba deh, perbaiki step skincare dan fokuskan kepada produk-produk yang menambah kadar air pada kulit, bisa dengan hydrating toner yang kualitasnya baik atau dengan menambahkan step hydrating serum. Kalau kulit sudah terhidrasi dengan baik, kulit akan terlihat sehat dan tidak terus-terusan memroduksi sebum dalam jumlah yang banyak.

Baca juga: Pentingnya Hidrasi Pada Kulit Berjerawat

4. Terlihat lebih muda

Sudah bukan rahasia lagi, kulit kering bikin penampilan kelihatan kusam, tua dan lelah. Kalau kulit lembap, sehat, dan cukup asupan air, tekstur merata, serta glowing, tentu penampilan juga terlihat lebih segar dan lebih muda. Nggak perlu lagi makeup banyak-banyak deh, karena bare face aja udah cakep!

5. Makeup lebih menempel

pentingnya hydrasi - Arum (1)

Pernah mengalami pakai foundation atau bedak apapun susah menempel, cracking, dan makin mempertegas dry patch area? Selain karena mungkin memang nggak cocok sama produk makeup-nya, bisa jadi itu adalah tanda-tanda kulit kita dehidrasi lho! Karena kulit lembap akan lebih mudah membuat makeup menempel, terlihat menyatu dengan kulit, dan stay lebih lama.

Jadi jangan pernah berpikir kalau kondisi kulit kusam karena dehidrasi bisa ditutupi dengan makeup. Karena makeup nggak akan bisa menempel dengan sempurna pada kulit yang kurang kadar airnya.

 

Nah, sekarang paham kan, bahwa hidrasi adalah kunci? Yuk, mulai rajin pakai pakai skincare dengan kandungan humectant, dan jangan lupa juga banyak-banyak minum air putih ya!