Pentingnya Hidrasi Pada Kulit Berjerawat

Biasanya, jerawat itu identik dengan kamu yang punya tipe kulit berminyak. Tapi tidak menutup kemungkinan juga kalau jerawat sering muncul di kulit wajah kamu yang kering, lho.

Nah, terkadang kita sendiri juga suka nggak aware kalau sebenarnya di balik banyaknya produksi minyak pada wajah, ada masalah dehidrasi yang turut ikut andil dalam munculnya jerawat. Idealnya, kulit yang sehat itu memiliki tingkat kelembapan yang baik, sehingga sel-sel yang terdapat di balik kulit kita itu bisa bekerja dengan baik. Efeknya apa? Tentu saja kulit jadi terasa lebih kenyal, tidak memproduksi sebum berlebih, bahkan bisa membuat kulit jadi lebih muda. Nah, produksi sebum berlebih yang bisa disebabkan oleh kulit yang dehidrasi, tentunya akan membuat pori-pori wajah lebih rentan tersumbat. Belum lagi kondisi kulit yang seperti itu bisa mempermudah nempelnya bakter p. acnes yang akhirnya muncul lah peradangan dan jerawat pada wajah.

Baca juga: MSG Menyebabkan Jerawat?

Kalau hal tersebut sampai terjadi, kebanyakan orang justru ‘menghantam’ problema ini dengan beragam produk yang gampang bikin kulit jadi iritasi. Sama seperti saya pas dulu jerawatan parah, mulai dari salicylic acid, benzoyl peroxide, exfoliating toner dan banyak produk mengeringkan lainnya diaplikasikan pada wajah tanpa pikir kalau hal tersebut malah bikin jerawat makin parah. Kenapa? Karena saya tidak menyeimbangkan perawatan yang mudah mengiritasi tersebut dengan produk yang kaya akan hidrasi. Toh rumus dasar agar kulit tetap terjaga kesehatannya adalah hidrasi.

Baca juga: Penyebab Obsesi Memencet Jerawat

Nah, kalau dulu produk yang bisa membantu mengatasi jerawat biasanya banyak yang bikin kulit jadi kering, sekarang ada opsi yang menarik dari ULTIMA II. Rangkaian ULTIMA II CHR Essentials yang ditargetkan untuk kamu yang berusia 20an, dan punya masalah sama kulit berminyak serta berjerawat ini punya teknologi yang canggih untuk membantu kamu mengatasinya tanpa bikin kulit jadi kering. Rangkaian ini memiliki Total Purifying Solution dengan technology Double Agents yang bisa membantu merevitalisasi kulit wajah dari agresi eksternal dan sekresi miyak pada wajah.

ULTIMA IN

Rangkaian CHR Essential ini juga mengandung Encapsulated Salicylic Acid dengan teknologi time release yang dipadukan dengan Willow Bark akan membantu merevitalisasi kulit serta meminimalisir kemerahan pada kulit, sekaligus menjadi antibakteria, antiinflamasi, dan anti-blackhead tanpa mengiritasi. Supaya saat memakai produk ini kulit kamu nggak jadi kering, ULTIMA II menambahkan Hyaluronic Acid, ekstrak Witch Hazel, serta vitamin C ke dalam formulanya, sehingga kelembapan kulit pada lapisan epidermis terkunci dengan baik dan membantu kulit jadi kelihatan lebih cerah.

Untuk memberikan nutrisi pada lapisan kulit yang lebih dalam, terdapat soluble collagen yang akan mengaktifkan sel-sel matrix di dalam kulit dan meminimalisir kekusaman serta warna yang tidak merata pada wajah. Bahkan kalau kita rajin menggunakannya, pori wajah dan garis halus juga bisa terminimalisir dengan baik. Oh ya, seluruh rangkaian ini juga mengandung fragrance, tapi tidak menyengat dan masih sangat bearable saat diaplikasikan pada wajah. Penasaran, kan? Yuk, kita ‘bedah’ satu per satu produknya!

Cleansing Gel

 CHR Essentials Purifying Cleansing Gel

Walau rangkaian ini ditujukan untuk perempuan berusia 20an, tapi kemarin saya sempat mencobanya. Karena jujur, saya kurang begitu suka sama produk pembersih wajah yang ada sabunnya. Biasanya bikin muka jadi kering! Tapi berbeda dengan cleansing gel ini. Ternyata pas saya basahin pakai air, busanya sedikit banget tapi bisa bantu angkat sisa kotoran yang ada di muka, dan yang paling penting; nggak bikin kering. Non-soapbase cleanser ini juga menghadirkan efek dingin pas saya membersihkan wajah.

Toner

CHR Essentials Purifying Toner

Walaupun dianjurkannya tetap menggunakan kapas saat mengaplikasikan toner ini, namun saya lebih suka langsung menuangkannya pada telapak tangan dan ditepuk-tepuk halus pada wajah. Toner yang punya tekstur watery ini juga menghadirkan sensasi dingin saat diaplikasikan, sehingga kulit juga terasa lebih kalem setelah menggunakannya. Plus yang saya suka adalah, toner ini punya tutup kecil ekstra yang sepertinya bisa mencegah cairannya bocor saat dibawa traveling.

Mousiturizer

CHR Essentials Intense Moisturizer UV Protection

Karena mengandung Tospearl 150Ka, pelembap wajah ini jadi sangat lembut pas dipakai di wajah. Selain punya perlindungan UV nya, moisturizer ini memberikan soft focus effect yang membuat kulit jadi terlihat lebih halus saat menggunakannya. Untuk aplikasinya, cukup oleskan pada seluruh bagian wajah dan tekan wajah perlahan supaya moisturizer ini meresap dengan baik.

Total Purifiying Rescue stick

CHR Essentials Rescue Stick

Ini bisa dibilang sebagai First-Aid Care untuk jerawat yang meradang pada wajah kamu. Aplikatornya berbentuk bola besi kecil yang bisa digunakan kapan saja, bahkan di atas makeup sekalipun. Rescue Stick ini juga punya Encapsulated Salicylic Acid dan Willow Bark yang lebih terkonsentrasi, sehingga mampu membantu mengatasi jerawat dengan lebih cepat. Cara pakainya gampang, kok. Cukup kocok sebelum digunakan, dan aplikasikan dengan gerakan memutar pada titik yang berjerawat.

 

Nah, udah ada dari kalian yang mencoba produk ini, kah? Kalau sudah, share pengalamannya di kolom komen ya!