banner-detik

food nutrition

Agar Tubuh dan Kulit Tidak Dehidrasi di Musim Kemarau!

seo-img-article

Cara Mengatasi Kulit Berminyak yang Dehidrasi

Dehidrasi itu berbahaya lho girls! Penting untuk melakukan hal-hal di bawah ini karena cuaca panas sudah terasa di sebagian besar wilayah Indonesia!

Hampir sebagian besar wilayah di Indonesia sudah mulai memasuki musim kemarau, suhu semakin meningkat dan hujan semakin jarang turun membuat tubuh apalagi untuk yang memiliki aktivitas diluar ruangan mudah sekali merasa lelah. Jangan diabaikan begitu saja ya! Karena hal tersebut bisa saja menjadi pertanda bahwa tubuh kita kekurangan cairan tubuh atau biasa disebut dengan dehidrasi.

Kekurangan cairan bisa menyebabkan fungsi organ kalian menjadi tidak normal, konsentrasi berkurang, bahkan membuat kulit kering bahkan terlalu oily karena kekurangan kelembapan yang seharusnya bisa diserap kulit. Lalu, gimana caranya supaya tubuh dan kulit selalu terhidrasi dengan baik di cuaca yang panas banget akhir-akhir ini? Yuk simak tips-nya!

Jangan lupa cukup minum air putih

minum air

This is the basic needs, but necessary. Konsumsi air mineral idealnya adalah 8 gelas per hari, tapi kadang kita cuma minum 3-5 gelas saja per harinya, hal itu berbahaya lho karena secara nggak langsung bisa berpengaruh pada tubuh dan kulitmu. Jangan skip minum ya karena dehidrasi bisa terjadi tanpa kita sadari! Usahakan kita meminum air sebelum merasa haus terutama setelah melakukan aktivitas outdoor. Membawa botol minum atau tumbler kesayanganmu bisa juga menjadi solusi supaya kamu nggak lupa minum air dan juga bisa mengurangi konsumsi sampah plastik. 

Baca juga: 7 Makanan Penting untuk Melindungi Kulit dari Polusi

Perbanyak konsumsi buah dan sayur

PERBANYAK SAYUR DAN BUAH - ANTI DEHIDRASI

 

Buah dan sayur memiliki kadar air yang tinggi, kadar air tinggi bisa kalian temukan pada buah jeruk (kandungan air : 87%), semangka (kandungan air : 92%), tomat (kandungan air : 94%), bahkan mentimun yang memiliki kadar air hingga mencapai 96%. Kalian juga bisa membuat variasi makanan dengan menggunakan buah dan sayur tanpa kehilangan kadar air dan vitaminnya dengan membuat salad, membuat smoothie dan popsicle dari berbagai variasi buah atau mungkin makan rujak sebagai cemilan. 

Baca juga: 5 Resep Smoothie untuk Kulit Glowing

Jaga kelembapan kulit dengan baik

5 SERUM AMPUH BUAT BIKIN KULIT GLOWING 7

Perawatan kulit dari luar juga sama pentingnya! Coba review skincare routine-mu dan pastikan apakah ritual skincare yang kamu lakukan sehari-hari sudah cukup untuk menghidrasi kulitmu. Cuaca panas saat kemarau akan mempengaruhi kondisi kulit, mungkin banyak diantara kamu yang ngerasa kondisi kulit berubah jadi semakin kering bahkan mengelupas, tapi banyak juga yang merasa kondisi kulit malah semakin oily karena cuaca panas. Jadi solusi terbaik adalah tetap menjaga kelembapan kulit! Untuk yang memiliki kulit oily maupun kulit kering, sebaiknya jangan pernah skip penggunaan moisturizer . Biar nggak lengket, kamu bisa pakai skincare yang water-based dan mudah meresap. Penggunaan sheet mask secara rutin juga bisa dilakukan agar kulit lebih kenyal dan lembap.

Walaupun sibuk cari moisturizer paling pas buat wajah, kamu juga nggak boleh melupakan perawatan kulit tubuh lho. Okay, saya tahu banget nih kalau lagi di kondisi panas, pasti banyak banget dari kalian yang malas pakai pelembap tubuh karena nggak mau badan terasa lengket. Makanya, hindari dulu pelembap tubuh yang terlalu rich dan sulit menyerap ke kulit.

NIVEA BODY SERUM ANTI AGE

Salah satu yang bisa kamu coba, adalah NIVEA Body Serum Anti Age yang menggunakan Advance Technology Formula Serum, sehingga gampang banget meresap ke kulit sekaligus membantu melindungi kulit dari penuaan dini akibat sinar matahari. Nah uniknya, walau gampang banget meresap, tapi body serum ini tuh bisa melembapkan kulit dengan baik dan nggak terasa lengket. Kandungan soy extract, NIVEA Triple UV Protection dan vitamin C nya yang kaya akan antioksidan juga cukup ampuh untuk membantu melindungi kulit dari penuaan dini akibat sinar matahari. Jadi, buat kalian yang lagi cari pelembap sekaligus krim anti aging buat tubuh yang bebas lengket, tapi optimal untuk melembutkan kulit di saat cuaca lagi panas banget, NIVEA Body Serum Anti Age ini bisa jadi pilihan yang pas banget.

Sarapan dengan Oatmeal

SARAPAN OATMEAL - ANTI DEHIDRASI

Oatmeal ternyata kaya akan kandungan air lho! Sarapan dengan bubur oat ternyata bisa menjaga cairan tubuh lebih baik karena kandungan air yang dimiliki oleh gandum. Selain kandungan air yang banyak, oatmeal juga kaya akan serat dan bisa menghindari rasa kantuk karena karbohidrat yang dimilikinya rendah, cocok untuk dikonsumsi saat sarapan karena nggak bikin kalian ngantuk saat beraktivitas.

Kurangi Konsumsi Minum Bersoda

Colorful soda drinks macro shot

Cuaca panas enaknya minum yang segar apalagi minuman bersoda, siapa nih yang masih suka minum minuman manis dan bersoda? Pasti banyak banget yang masih melakukan kebiasaan minum soda saat haus apalagi saat cuaca lagi panas-panasnya. Tapi, mengkonsumsi minuman bersoda ternyata nggak bikin tubuhmu terhidrasi dengan baik dan malah bikin kamu makin haus, apalagi kandungan gula yang tinggi juga nggak baik untuk dikonsumsi terus-menerus. Sebaiknya perbanyak minum air putih dan kurangi minuman bersoda ya! Sesekali nggak apa-apa minum soda, tapi jangan terlalu sering karena tubuh lebih butuh kandungan air putih biasa.

Infused Water, Why Not?

INFUSED WATER - ANTI DEHIDRASI

Nah, untuk kamu yang masih malas minum air putih, mungkin membuat infused water bisa menjadi salah satu solusi. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk tetap terhidrasi. Infused water rupanya menjadi sebuah lifestyle yang bisa kamu coba karena baik untuk tubuh dan kulit kamu. Cukup dengan menggunakan potongan buah favorit misalnya lemon atau strawberry, bisa juga ditambah daun mint dan dimasukkan ke dalam tumbler favoritmu lalu isi dengan air, simple kan? 

 

Cuaca panas memang bukan halangan untuk tetap aktif menjalani hari-hari, tapi ingat juga bahwa menjaga kondisi tubuh itu penting. Tetap pastikan tubuh tidak kekurangan cairan ya, karena metabolisme tubuh dan kondisi kulit semuanya berawal dari cukup atau tidaknya cairan di tubuhmu!

 

Foto: Dok. Freepik, Dok. Female Daily.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment