banner-detik

makeup

8 Tips Makeup untuk Kulit Rosacea

seo-img-article

unrecognizable-woman-with-problem-vascular-skin-yellow-wall-acne-treatment-female-face-with-pimples-couperose-rosacea-close-up-cosmetology-skin-care-concept_124463-1837

Adakah dari kamu yang sering mengalami rosacea? Berikut adalah tips makeup yang bisa kamu coba! 

Rosacea adalah kondisi kulit wajah yang mengalami inflamasi sehingga berwarna kemerahan. Tapi, seringkali rosacea nggak bersifat permanen. It comes and goes. Satu hari wajah kamu bisa kemerah-merahan, tapi keesokan harinya kemerahan tersebut hilang. Rosacea juga bisa dipicu oleh berbagai macam hal, misal lupa mencuci muka di malam hari sebelum tidur. Nggak semua orang mengalami rosacea, tapi kondisi ini lumayan mengganggu penampilan sehari-hari. So, berikut adalah beberapa tips makeup untuk menutupi rosacea!

 1. Pakai moisturizer

pelembap buat kulit berminyak

Menggunakan moisturizer akan membantu menghidrasi bagian luar kulit kamu serta menambahkan layer pada wajah, sehingga kamu bisa mendapatkan hasil makeup yang lebih smooth. Berhubung beberapa yang mengalami rosacea kulitnya jadi bertekstur. Jadi, gunakan moisturizer supaya pengaplikasian foundation jadi lebih merata dan nggak cracking! Because a good makeup base is key. Mengaplikasikan moisturizer sebaiknya dilakukan dengan menggunakan telapak tangan, supaya produk bisa menyerap ke dalam kulit dengan baik dengan bantuan kehangatan tangan. Bagian yang paling penting untuk kamu berikan moisturizer adalah bagian sekitar hidung, dan di bawah mata. Bagian tersebut adalah bagian yang paling rentan kering dan mengalami cracking. Aplikasikan dengan gerakan patting atau spreading.

2. Pakai primer

Moisturizer berperan untuk melembapkan kulit wajah, sedangkan primer berperan untuk mempersiapkan kulitmu ke step makeup selanjutnya. Buat kulit rosacea, cobalah gunakan primer yang silicone-based. Silicone-based primer mampu menghasilkan layer di atas kulit bertekstur maupun pori-pori. Selain itu juga bisa memberikan efek smoothing dan blurring. Kamu cuma butuh menggunakan primer silicone-based sebesar kacang polong untuk seluruh wajahmu dengan menggunakan ujung-ujung jari. Jangan gunakan terlalu banyak! Menggunakan silicone-based primer terlalu banyak bisa membuat pengaplikasian foundation jadi patchy.

 3. Color correcting

color-correcting-concealer-strokes-isolated-white_89245-173

Buat kamu yang punya kulit rosacea, color correcting adalah kunci untuk mendapatkan makeup yang flawless. Hal ini bisa mencegah kamu menggunakan foundation maupun concealer terlalu tebal. Aplikasikan color corrector segera setelah menggunakan primer, kemudian layer dengan light foundation. Color corrector sebaiknya diaplikasikan dengan menggunakan ujung-ujung jari.

Ada terdapat banyak color corrector yang bisa kamu cari, dengan berbagai formula yang berbeda. Tapi umumnya, bagian kemerahan yang luas lebih baik di-correct dengan color corrector dengan formula yang lebih lightweight, supaya hasil makeup kamu nggak terlalu cakey nantinya! Color corrector dengan thick formula cocok digunakan untuk meng-cover area yang kecil. Seperti contohnya menutup jerawat yang membutuhkan intense coverage.

Baca juga: Produk Pengganti Undereye Corrector

4. Correct hanya bagian kemerahan

Concealer-2

Penting bagi kamu untuk nggak menggunakan color corrector ke seluruh wajahmu walaupun rosacea yang kamu alami saat itu lagi parah-parahnya. Color corrector ampuh mengoreksi bagian yang kemerahan, tapi di kulit normal, warna color corrector aslinya yang akan muncul. Misal kamu menggunakan color corrector hijau, warna kulitmu akan jadi terlihat hijau. Ini bakalan membuat hasil makeup complexion kamu pada akhirnya nggak merata! Jadi, gunakan color corrector hanya di bagian yang diperlukan saja ya!

5. Pertimbangkan untuk nggak menggunakan color corrector hijau

Kalau area kemerahan yang perlu kamu tutupi cukup luas, menggunakan green color corrector bukan ide yang bagus. Color corrector berwarna hijau kalau digunakan secara meluas di wajah bakalan bikin makeup look kamu jadi nggak rata. Jadi, kamu lebih baik menggunakan color corrector berwarna kuning yang juga ampuh menutupi kemerahan. Dan berhubung warnanya lebih dekat dengan natural skin tone, hasilnya akan lebih natural.

6. Layer color corrector dengan skin toned makeup

Color Corrector is not the same with concealer. Kalau kamu menggunakan concealer dengan warna kulit, maka nggak masalah kalau kamu nggak mau layer lagi dengan foundation setelahnya. Sementara color corrector cenderung memiliki warna-warni – hijau, ungu, pink, maupun kuning. Jadi, kamu perlu cover lagi dengan menggunakan concealer warna kulit atau foundation, kemudian di-blend dengan menggunakan sponge maupun jari.

Kalau kamu masih melihat adanya discoloration padahal kamu sudah layer dengan skin-toned makeup, jangan timpa lagi dengan menggunakan color corrector. Kamu sebaiknya tambahkan sedikit concealer di bagian yang mengalami kemerahan. Jangan lupa set makeup-mu dengan menggunakan translucent powder supaya makeup kamu awet seharian!

7. Jangan skip blush

FD Poll Blush On Matte VS Blush On Shimmer

Pipimu kemerah-merahan? Why not try embracing them! Aplikasikan blush supaya pipimu terlihat semakin merona. Tapi, kamu nggak perlu mengaplikasikan terlalu banyak supaya nggak berlebihan. Kamu bisa mengaplikasikan blush berwarna pink. Tapi, kalau rosacea-mu cukup luas, kamu bisa coba gunakan blush berwarna peach.

8. Pilih warna lipstik bright

Supaya kemerahan pada wajahmu nggak terlalu terlihat, kamu bisa alihkan ke warna lipstikmu! Kamu bisa pilih warna lipstik bright pink, peach, atau bahkan merah. Imbangi dengan eye-makeup yang soft supaya makeup kamu nggak terlalu berlebihan. Walaupun kamu nggak terlalu meng-cover rosacea-mu, nggak masalah. Your bright lipstick will distract everything!

 Baca juga: Tips Menggunakan Concealer dan Color Corrector untuk Bekas Jerawat

So, berikut adalah beberapa tips makeup untuk kamu yang mengalami rosacea. Semoga tips ini berguna untuk kamu ya!

 

Foto: Freepik.com, Dok. Female Daily.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment