banner-detik

makeup

Masih Remaja? Hindari Gaya Makeup Ini!

seo-img-article

variasi pakai lipstik merah-Arum2

Kamu remaja dan sedang coba-coba pakai makeup? Baca ini dulu ya!

Remaja pakai makeup? Menurut saya sih, nggak masalah! Selama produknya aman dan disesuaikan dengan budget masing-masing. Toh, semua orang boleh memakai makeup. Tapi kalau ngomongin selera, saya pribadi lebih suka makeup remaja yang natural dan tidak menutupi aura mudanya. Karena kadang menag ada makeup-makeup tertentu, yang aplikasinya malah membuat keseluruhan look terlihat lebih mature, dan kurang cocok untuk remaja.

Baca juga: 3 Trend Makeup Yang Bisa Diikuti Oleh Remaja

Apa saja sih make up yang kurang cocok untuk remaja?

 

Alis on fleek

Instagram eyebrow memang sedang ngetren sekali, dan rasanya semua orang pakai. Untuk mendapatkan instagram eyebrow yang super rapi dan on fleek ini, biasanya yang dilakukan adalah menyukur alis kita agar rapi, lalu membingkai dan mengisinya dengan eyebrow pomade yang bold. Hasilnya cantik sih, apalagi kalau untuk keperluan foto dan video. Wajah jadi kelihatan lebih rapi dan berkarakter.

Tapi sebelum memutuskan untuk menyukur alis, sebaiknya dipikirkan dulu baik-baik. Selain terlihat rapi, alis yang tercukur dan dibingkai sempurna akan membuat penampilanmu langsung terlihat lebih mature. Kalau ingin mendandani area alis, mungkin bisa disisir menggunakan brow mascara saja, atau diarsir tipis-tipis dengan menggunakan pensil alis.

Lipstik merah atau bold

Lipstik warna merah atau bold akan mengesankan penampilan yang lebih terlihat serius dan seductive. Kesan yang ditampilkan, menurut saya agak nggak cocok dengan karakter remaja. Tapi kalau memang masih ingin memakai lipstik merah, tanpa ada kesan wajah terlihat lebih tua, kamu bisa pakai lipstik merah ini di area tengah bibir saja, lalu tepuk-tepuk dengan jari dan blend sedikit ke arah luar. Hasilnya bibir terlihat segar tanpa terlihat berlebihan.

Baca juga: Yuk, Contek! Ini 5 Cara Seru Pakai Lipstik Merah!

 

alasan pakai lip gloss-Arum (3)

Smokey eyes dan bulu mata palsu tebal

Saya pribadi suka sekali dengan smokey eyes dan bulu mata palsu yang super badai. Karena style ini bikin mata saya terlihat lebih tajam dan seksi. Tapi ketika diaplikasikan pada remaja, smokey eyes dan bulu mata palsu yang berlebihan malah akan membuat wajah terlihat “berat” dan tidak segar. Apalagi kalau kamu belum terbiasa memakai bulu mata palsu. Bukannya menambah kepercayaan diri, malah akan membuat cemas karena terasa ada sesuatu yang berat dan mengganjal di area mata. Ini sih pengalaman saya ketika pertama kali di-makeup dengan menggunakan bulu mata palsu :D.

Untuk remaja, sebaiknya pilih eye makeup yang ringan, dengan pilihan warna nude dan cenderung cerah. Bulu mata juga cukup dijepit lalu sapukan selapis maskara. Mau pakai eyeliner? Boleh banget! Pakai eyeliner hitam tipis di garis mata bagian atas. Area bawah cukup dibiarkan saja, atau pakaikan eyeliner warna nude pada waterline bagian bawah. Atau bisa juga sapukan sedikit shimmer di garis mata bagian bawah.

Matte dan full coverage foundation

Frustasi menutupi jerawat dan bekas-bekasnya? Tapi full coverage foundation justru bikin jerawat makin parah lho! Solusi untuk jerawat adalah dirawat dan diobati, bukan ditutupi. Jadi saran saya sih, kalau kamu masih remaja dan punya banyak jerawat hormonal, tidak perlu panik dan memakai full coverage foundation. Acne is normal!

Kalau untuk special occasion sesekali tentu boleh pakai base makeup. Pilih base makeup yang ringan dan finish-nya tidak dead matte. Complexion yang matte akan membuat wajah terlihat lebih tua dan tidak bercahaya. Jerawat masih terlihat? Nggak masalah. Foundation memang hanya untuk menyamarkan saja, tidak untuk 100% menutupi noda-noda pada wajah.

Baca juga: Inilah 2 Skincare Wajib Untuk Remaja

Nah, itu dia beberapa makeup yang menurut saya kurang cocok bila dipakai oleh remaja. Namun kembali lagi, makeup itu selera pribadi ya. Kalau ada teman-teman FD’ers remaja yang suka dengan makeup-makeup yang saya sebutkan di atas, dan percaya diri ketika memakainya, go ahead! Your body, your rules!

 

Foto: Dok. Female Daily.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment