banner-detik

20s

3 Jenis Disinfektan Berbeda yang Bisa Jadi Pilihan Saat New Normal

seo-img-article

8 PRODUK NEW NORMAL

Saat memasuki era new normal ini, tidak hanya masker, disinfektan pun juga menjadi kebutuhan utama.

Rasanya ada yang kurang kalau nggak sedia disinfektan di rumah, atau keluar rumah tanpa membawa disinfektan. Bahkan sempat ada masa dimana disinfektan ini langka dan harganya mahal, sampai-sampai banyak yang membuat DIY disinfektan, padahal cukup beresiko dan belum tentu juga efektif. Untungnya saat ini produk disinfektan sudah lebih mudah dicari, dan kali ini saya mau memberikan beberapa pilihan jenis disinfektan yang praktis dan aman digunakan, serta harganya terjangkau. Apa aja sih produknya?

Baca juga: 8 Produk New Normal yang Wajib Dibawa ke Kantor

1. N’pure Hand Sanitizer

3 DISINFEKTAN UNTUK PERLINDUNGAN SAAT NEW NORMAL 1

Hand sanitizer memang disinfektan praktis yang paling umum digunakan, karena ukurannya kecil jadi mudah dibawa-bawa dan tidak banyak makan tempat saat dimasukkan ke dalam tas. Tapi seringkali menggunakan hand sanitizer membuat kulit tangan jadi kering banget, malah telapak tangan saya pernah luka karena menggunakan hand sanitizer.

Makanya saya suka banget sama N’pure Hand Gel ini, karena walaupun mengandung alkohol 70% yang berfungsi sebagai antiseptik, hand gel ini juga mengandung Aloe Barbadensis Leaf Extract yang dapat melembapkan kulit tangan. Walaupun memang tidak bisa dibandingkan kelembapannya dengan hand cream biasa, tapi setidaknya produk ini tidak membuat kulit tangan terasa kering hingga terkelupas. Harganya juga tidak terlalu mahal, yaitu Rp35.000 untuk 1 produk ukuran 30 ml. Setelah digunakan, tangan jadi terasa bersih dan wangi.

Baca juga: 7 Sabun Cuci Tangan yang Bikin Kulit Tetap Lembut

2. Saniter Spray – Air and Surface Sanitizer

3 DISINFEKTAN UNTUK PERLINDUNGAN SAAT NEW NORMAL 2

Selain kebersihan tangan, tentunya kebersihan benda-benda yang sering kita pegang seperti ponsel, keyboard laptop atau komputer, mouse, door knob, dan lain lain, juga perlu dijaga kebersihannya. Salah satu jenis disinfektan yang praktis digunakan adalah disinfektan berbentuk spray, seperti produk dari Saniter ini. Tidak hanya untuk benda-benda dan permukaan, Saniter ini juga bisa disemprot di dalam ruangan untuk membunuh kuman yang ada di udara. Harganya juga tidak terlalu mahal, yaitu sekitar Rp27.000 untuk ukuran produk 200 ml. Biasanya saya suka menyemprotkan Saniter ini sebelum membuka paket. Tapi karena ukurannya cukup bulky, Saniter ini tidak terlalu praktis untuk dibawa-bawa.

Baca juga: Kulit Tanganmu Kering? Ini 7 Hand Cream untuk Mengatasinya!

3. Multi-Surface Disinfecting Wipe

3 DISINFEKTAN UNTUK PERLINDUNGAN SAAT NEW NORMAL 3

Nah, kalau untuk dibawa-bawa, disinfektan dengan bentuk seperti tisu basah ini tentu jauh lebih praktis. Saya tidak sengaja menemukan produk ini di Shopee, saya pun baru tau ada produk Disinfecting Wipe seperti ini. Harganya hanya Rp 22.000 saja untuk 50 lembar tisu basah, tidak terlalu jauh beda harganya dengan tisu basah biasa. Informasi yang bisa saya dapatkan dari kemasan produk ini hanya nama produknya dan masa PAO-nya yang hanya 3 bulan, selebihnya saya tidak bisa baca karena ditulis dengan huruf Mandarin. Tapi, saya tidak terlalu menganjurkan menggunakan produk ini untuk pemakaian jangka panjang sih, karena tisu basah bisa jadi sampah yang akan sulit didaur ulang.

Menggunakan disinfektan memang lebih mudah dan praktis, tapi jika ada kesempatan, lebih baik cuci tangan saja selama 20 detik, karena cara ini akan lebih efektif untuk menghilangkan virus dan kuman. Lalu, jangan lupa gunakan masker, dan minimalisir keluar rumah jika tidak dibutuhkan.

Apakah kamu pernah mencoba produk-produk diatas? Share jawabanmu di kolom komentar ya!

Foto: Dok. Female Daily/Tirza Tiffani.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment