Mau Coba Art Makeup? Berikut Beberapa Peralatan yang Kamu Perlu!

thumbnial2

Mau mulai eksplor Art Makeup lebih dalam? Bingung peralatan apa aja yang harus dipersiapkan? Yuk, simak artikel berikut!

Selama masa karantina ini saya memulai hobi baru. Kalau dari dulu saya selalu fokus kepada beauty makeup, saat ini saya mulai tertarik sama yang namanya Art Makeup. Awalnya sih, cuma iseng-iseng aja. Karena kemampuan saya menggambar di kertas bisa dibilang pas-pasan. Saya bahkan nggak bisa menggambar lingkaran yang proporsional! Tapi, siapa sangka ternyata ketika dicoba, ternyata hasilnya nggak seburuk yang saya kira. Memang sih, belum bisa dibandingkan dengan hasil karya para pro Art Makeup Artists. But at least I had fun making them! Jadi, kenapa nggak mulai menekuninya?

Namanya juga memulai hobi baru, awal-awal saya bingung banget peralatan apa yang harus saya persiapkan. Setelah coba research dan tanya kesana-sini, saya merampung beberapa peralatan yang harus kamu persiapkan kalau mau mulai eksplor Art Makeup!

1. Palet Eyeshadow Warna-Warni

dddd

Kalau biasanya kamu cuma berani beli warna-warna eyeshadow yang ‘aman’, sekarang adalah saat yang tepat untuk kamu coba membeli eyeshadow warna-warni.  Sayangnya, belum ada produk lokal yang mengeluarkan colorful palette dengan warna-warna yang cerah. Jadi, saya coba cari produk palet yang warnanya banyak, pigmented, dan less fallout.

Akhirnya saya membeli Morphe Eyeshadow Palette 35B. Walaupun menurut saya formulanya agak chalky, tapi cukup worth kok dengan harganya! Selain itu, saya juga bisa eksplor banyak warna. Saya juga akhirnya menggunaan salah satu palet dari Jeffree Star Blood Lust. Hands down for the formula and pigmentation! Nggak heran kenapa palet Jeffree Star selalu jadi produk yang ditunggu-tunggu. Tapi, kamu juga bisa coba menggunakan eyeshadow palette warna-warni dari brand apapun yang kamu suka kok!

Baca juga: Eyeshadow Palette yang Nggak Bikin Bangkrut

2. Kuas Bulu & Kuas Sintetis

DSCF4313

Waktu memulai Art Makeup, saya coba gunakan 2 jenis kuas yang berbeda dari segi bahan. Satu yang berbahan sintetis, dan satu lagi yang berbahan bulu. Kuas berbahan bulu bagus banget kalau kamu gunakan untuk mengaplikasikan maupun blending eyeshadow. Sedangkan kuas sintetis bisa kamu gunakan untuk mengaplikasikan segala sesuatu yang berbentuk cream atau oil based seperti gel eyeliner, maupun face paint. A bit of a tip, kamu bisa gunakan kuas lukis kok untuk kuas yang berbahan sintetis. Selain harganya lebih murah, kamu juga bisa pilih berbagai macam ukuran yang bisa mempermudah kamu menggambar.

Baca juga: Ini Penyebab Bulu Kuas Makeup Cepat Rontok

3. Eyeliner Warna-Warni

Eyeliner warna-warni wajib banget kamu punya, apalagi kalau kamu ingin eksplor terlebih dalam dengan graphic liner. Warna basic yang biasanya wajib kamu punya adalah putih dan hitam. Tapi, kamu bisa juga tambahkan warna-warna seperti yellow, hot pink, orange, green, atau warna-warna POP lainnya. Brand lokal seperti Make Over, Emina, dan ESQA udah banyak mengeluarkan colored eyeliner. Atau kamu juga bisa coba drugstore brands dari luar seperti LA Girl, Wet & Wild, NYX, dan masih banyak brand lainnya. It’s time to up your eyeliner game!

4. Face Paint & Palet Pengaduk Makeup

DSCF4308

Ada 2 jenis face paint berbeda yang kamu bisa pilih, water based dan oil based. Warna yang dihasilkan oleh oil-based face paint biasanya lebih sheen dan lebih tahan lama. Sedangkan warna yang dihasilkan oleh water-based face paint biasanya lebih sheer, tapi lebih gampang dihapus. Either way is good! Ada berbagai macam face paint yang bisa kamu pilih, mulai dari yang high-end hingga drugstore. Untuk yang high-end, kamu bisa coba Makeup Forever 12 Flash Color Case. Tapi berhubung Makeup Forever harganya cukup mahal dan susah didapatkan, buat kamu yang pemula bisa cobain Snazaroo, atau kamu bisa juga coba dupe dari Makeup Forever: iMagic 12 Flash Color Case! Warnanya terdiri dari 12 warna, dan bisa di-mix satu dengan yang lain. Jadi, kamu bisa explore berbagai macam warna! Tip buat kamu yang masih pemula, kalau kamu belum berani gambar-gambar di wajah karena takut ‘menghancurkan’ your whole look, kamu bisa coba latihan terlebih dahulu di tangan! Kamu juga bisa gunakan palet kosong pengaduk makeup untuk mix warna-warna yang ada.

5. Beads atau Glitter

DSCF4322

This one is optional, tapi kamu bisa tambahkan manik-manik atau glitter pada tampilanmu supaya hasilnya jauh lebih dekoratif! Salah satu brand lokal yang saya gunakan untuk glitter atau manik-manik adalah ÉCLAT pressed glitter. Tapi, kamu bisa coba beads atau glitter dari brand atau jenis apapun juga!

Baca juga: 5 Pilihan Highlighter Lokal Murah Meriah Mulai dari 89 Ribu  

So, berikut adalah beberapa peralatan awal yang wajib kamu punya kalau ingin mulai coba Art Makeup. Tips terpenting kalau kamu ingin memulai adalah, be creative! Nggak perlu takut salah ataupun takut hasilnya jelek. It’s just makeup anyway! Saya sendiri nggak pernah menyangka kalau saya akan suka explore dengan warna-warna yang out of my comfort zone! What about you?