Cara Pakai Clay Mask untuk Kulit Kering

kulit sensitif bebas komedo - Arum (2)

Clay mask adalah masker yang efektif membersihkan kulit dari kotoran dan minyak sampai ke pori-pori. Walau punya sifat yang cenderung mengeringkan, namun kulit kering juga bisa pakai clay mask dengan tips ini!

Walau memiliki kulit kering, saya tetap bisa merawat wajah dengan menggunakan clay mask, yang digadang-gadang sebagai sahabat terbaik untuk kulit berminyak. Untuk itu, ada beberapa cara pakai clay mask buat kulit kering yang bakal saya share di sini. Tapi sebelum masuk ke sana, coba kita pahami sedikit soal cara kerja clay mask ya.

Clay mask merupakan salah satu jenis masker wajah yang berfungsi untuk membersihkan kulit. Cara kerjanya, dia akan “menyedot” kotoran, debu, dan minyak wajah dari kulit wajah sampai ke pori-pori. Meskipun clay mask ini sifatnya mengeringkan, saya sebagai pemilik kulit kering masih suka sekali menggunakannya.

Saya suka feel setelah clay mask dibilas, kulit jadi terasa sangat bersih, halus, dan terlihat cerah. Pemakaian clay mask secara rutin juga efektif membersihkan pori-pori, mencegah jerawat, dan menghalau komedo dari wajah saya. Jadi meskipun sifatnya mengeringkan, namun saya tetap memakainya karena sudah merasakan manfaatnya yang luar biasa.

Baca juga: Cara Supaya Bebas Komedo Untuk Kulit Kering Sensitif

Dan untuk kulit seperti saya, ada beberapa cara pakai clay mask untuk kulit kering agar menghidari iritasi karena pemakaiannya!

 

clay mask bagus

1. Pilih jenis clay mask yang gentle dan nggak terlalu mengeringkan

Clay mask ada beberapa macam jenisnya. Untuk kulit yang kering dan sensitif, jenis Kaolin Clay atau White Clay adalah yang paling cocok. White clay ini adalah jenis yang paling gentle untuk kulit wajah. Dia akan membersihkan kulit wajah kita sampai ke pori-pori tanpa mengambil terlalu banyak sebum dari kulit. White clay juga mempunya kandungan antibakteri yang bisa membantu mencegah jerawat.

Beberapa produk masker yang menggunakan kaolin clay adalah Sensatia Botanical Wild Honey Facial Mask, La Tulipe Clay Mask With Goat Milk, dan Lush Mask of Magnaminty. Atau kamu bisa juga membeli Kaolin Clay di toko yang menjual raw materials untuk DIY skincare seperti Kaolin French Clay Organic Supply Co., lalu membuat clay mask-mu sendiri dengan menambahkan hydrosol dan beberapa oil yang bermanfaat untuk melembapkan kulit.

Baca juga: Ini Dia Perbedaan Kaolin Clay dan Bentonite Clay Yang Harus Kamu Tahu!

2. Jangan didiamkan terlalu lama

Untuk kulit kering, sebaiknya jangan terlalu lama saat memakai clay mask. Saya sendiri nggak punya watu pastinya berapa menit, karena itu tergantung produk clay mask yang sedang saya pakai. Tapi intinya, jangan didiamkan sampai mengering dan mengeras semua, apalagi sampai retak-retak di kulit wajah. Clay mask yang didiamkan terlalu lama akan membuat kulit sangat kering dan berpotensi menyebabkan iritasi. Cukup diamkan sampai setengah kering saja, lalu segera bilas dengan air hangat sampai bersih.

 

CSM - Arum (9)

3. Wajib pakai produk yang hydrating setelahnya!

Setelah clay mask dibersihkan dan wajah dicuci bersih, jangan ditunda, langsung aplikasikan produk-produk yang bisa mengembalikan kelembapan kulit. Sebaiknya langsung aplikasikan produk selanjutnya saat kulit masih agak lembap karena air, karena itu adalah saat terbaik bagi kulit untuk menyerap nutrisi dari produk yang kita oleskan.

Bisa pakai hydrating toner dengan 7 skin method, CSM, atau pakai sheet mask. Favorit saya pribadi adalah CSM karena ini yang paling efektif di kulit saya. Setelahnya, aplikasikan skincare rutin lain yang sifatnya juga melembapkan, seperti biasa.

Baca juga: Tips Agar Chizu Saeki Method Hasilnya Maksimal

4. Jangan dipakai terlalu sering

Meskipun clay mask sangat bermanfaat bagi kulit, namun jangan dipakai terlalu sering, apalagi dipakai setiap hari. Karena malah akan bikin wajah over drying. Kalau saya sendiri, pemakaian satu minggu sekali adalah yang paling pas! Manfaatnya bisa saya rasakan, tapi nggak bikin kulit jadi kering.

5. Campur dengan face oil

4 Tips Menggunakan Face Oil agar Bekerja Maksimal

Kalian juga bisa membuat tekstur dari clay mask ini sedikit “melunak” tanpa menghilangkan fungsi utamanya, dengan menambahkan 2-3 tetes face oil sebelum diaplikasikan di wajah. Kombinasi ini bisa bantu membuat clay mask yang kamu gunakan tidak berubah menjadi terlalu kering saat didiamkan.

 

Untuk kamu yang kulitnya kering, jangan takut mencoba masker ini ya. Asalkan mengikuti cara pakai clay mask yang saya sebutkan di atas, kulit nggak akan tambah kering kok.