Tips Agar Chizu Saeki Method Hasilnya Maksimal

 CSM - Arum (9)

Untuk yang punya kulit dehidrasi, CSM atau Chizu Saeki Method bisa jadi solusi ampuh lho!

Saya pertama kali mendengar mengenai Chizu Saeki Method adalah dari Female Daily Forum, sekitar empat tahun yang lalu. Metode ini berasal dari skincare guru asal Jepang, Chizu Saeki. Ketika saya coba saat itu, ternyata bisa jadi sebuah solusi untuk kulit saya yang kering dan dehidrasi. Chizu Saeki Method atau biasa disingkat CSM ini adalah suatu tehnik memakai hydrating toner atau hydrating essence dengan cara dikompreskan. Jadi alih-alih hanya ditepuk atau diusapkan ke wajah, hydrating toner-nya kita tuangkan ke kapas dan lalu ditempelkan di wajah sampai kapas kering.

Baca juga: Sudah Pernah Mendengar Chizu Saeki Method?

Metode ini sebenarnya sedikit mirip dengan metode sheet masking, hanya saja menggunakan hydrating toner dan kapas, yang kita punya di rumah dan sudah pasti cocok untuk kulit kita. Jadi, hydrating toner atau essence tersebut kita pakai dalam jumlah yang banyak, dan kita “memaksa” kulit kita untuk menyerap semuanya sekaligus dalam sekali pemakaian dengan cara menempelkannya di kulit dengan kapas. Cara ini terbukti mampu membuat kulit saya lebih lembap dan nggak dehidrasi!

Chizu Saeki Method ini mendadak marak lagi di kalangan pecinta skincare akhir-akhir ini lho! Di Instagram saya, banyak bersliweran foto atau video beauty influencer yang sedang melakukan Chizu Saeki Method. Buat yang tertarik untuk mencoba, perhatikan hal-hal di bawah ini ya:

 CSM - Arum (1)

1. Pilih produk yang tidak mengandung ingredient yang berpotensi mengiritasi kulit

Hal pertama yang harus dipunya untuk melakukan metode ini tentunya adalah toner atau essence yang teksturnya cair dan sifatnya menghidrasi kulit. Kita bisa pakai hydrating toner dan essence dari brand apa saja yang kita punya. Malah, sebaiknya memang pakai produk yang biasa kita pakai dan sudah benar-benar cocok saja di kulit kita, karena Chizu Saeki Method ini akan membuat kerja produk tersebut lebih maksimal di kulit kita.

Lalu, perhatikan juga ingredient-nya. Hindari menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan yang berpotensi mengiritasi kulit, seperti misalnya alcohol dan exfoliant. Sebaiknya, pilih produk yang isinya sebagian besar humectant dan lembut di kulit.

Baca juga: 3 Hydrating Toner Untuk Kulit Kering

 CSM - Arum (7)

2. Pakai kapas yang tipis dan tidak banyak menyerap produk

Selain hydrating toner, hal yang harus dipersiapkan untuk Chizu Saeki Method adalah kapas. Kapas yang digunakan sebaiknya adalah kapas yang tipis namun kuat dan lembut. Kapas harus tipis, agar tidak menyerap terlalu banyak produk, sehingga pemakaian produk toner tidak teralu boros dan bisa terdistribusi dengan baik ke kulit wajah. Lalu kapas juga harus kuat, agar ketika direndam atau dibasahi dengan cairan produknya, kapas tidak mudah rusak dan sobek.

Kita bisa memakai kapas apapun di supermarket kok. Cuma pastikan saja kualitasnya baik, kuat, dan minim serabut. Bila kapas dirasa masih terlalu tebal, kapas bisa dibagi lagi menjadi lembaran-lembaran yang lebih tipis. Setipis mungkin yang bisa dilakukan oleh kapas tersebut, karena semakin tipis semakin baik. Tapi kalau mau praktis sih, sekarang sudah ada kok kapas tipis yang memang didesain untuk metode Chizu Saeki Method ini.

Baca juga: Alasan Kenapa Harus Hati-Hati Memilih Kapas Muka

3. Gunakan di slot produk biasa digunakan

Kapan Chizu Saeki Method digunakan? Kalau saya sih mengikuti slot produk apa yang saat itu sedang saya pakai untuk CSM. Misalnya saya CSM menggunakan hydrating toner, tentunya saya melakukan CSM di step awal sebelum memakai skincare yang lain, atau setelah pemakaian exfoliating toner. Bila saya menggunakan essence untuk CSM, saya menggunakannya setelah pemakaian hydrating toner.

Tapi bila mau dipakai sebagai masker, di luar saat-saat skincare rutin juga boleh banget lho! Misalnya kita ingin menenangkan wajah setelah siang-siang beraktivitas di luar ruangan dan terpapar panas sinar matahari, kita bisa menggunakan hydrating toner yang sifatnya soothing untuk CSM atau mengompres wajah.

 

Nah, gampang kan? Teknik ini wajib dicoba untuk kamu yang punya jenis kulit kering dan punya permasalahan kulit dehidrasi!

Foto: Dok.Female Daily /Arum.