banner-detik

fitnfab

5 Tips Mencegah Asam Lambung Kumat Ketika Puasa

seo-img-article

young-woman-eating-fruit-salad-with-fork_23-2147855426

Kalau kamu penderita asam lambung yang saat ini sedang menjalani puasa, berikut beberapa tips supaya asam lambungmu nggak kambuh! 

Sebagai penderita asam lambung yang cukup akut, ngerti banget kalau jadwal makan adalah sesuatu yang nggak boleh dianggap main-main. Sedikit aja telat makan, ulu hati saya pasti bakalan mulai perih, perut mulai kembung, dan nggak berhenti bersendawa. Hal ini jadi lebih sulit, berhubung saat ini kita lagi berada di bulan puasa. Nah, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya asam lambungmu nggak kambuh selagi di bulan puasa. Berikut adalah tips-nya:

1. Perhatikan Makanan yang Dimakan

Tentu saja pilihan makananmu sangat berpengaruh. Untuk sahur dan buka puasa, cobalah jangan mengonsumsi makanan yang penuh dengan gas seperti bumbu kacang dan roti. Hindari juga mengonsumsi makanan yang pedas dan asam. Kamu juga perlu menahan diri dulu untuk minum minuman bersoda, berkafein, dan asam. Minuman-minuman tersebut dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan lebih banyak asam lambung yang membuat kamu tidak nyaman saat berpuasa. Usahakan kamu makan makanan yang mengandung banyak serat saat sahur seperti buah, sayur, kacang-kacangan, beras, agar-agar, dan gandum.

PUASA LANCAR SELAMA PANDEMI 2

Makanan yang kaya akan serat biasanya mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat jenis ini membutuhkan waktu yang lambat untuk diserap ke dalam sistem tubuh. Makanan kaya serat dapat memperlambat pengosongan lambung. Mengapa hal ini penting? Karena jika lambung penderita maag kosong, asam lambung kamu dapat mengiritasi dinding lambung dan mengakibatkan rasa perih. Hal ini dapat meningkatkan risiko asam lambung kambuh saat puasa.

2. Jangan Skip Sahur

Usahakan selalu sahur selama lagi puasa! Selain memberikan kamu energi yang cukup untuk menjalani hari, kondisi perut yang kosong dapat meningkatkan kemungkinan asam lambung kambuh. Kalau kamu nggak sahur, asam lambung dapat kambuh di jam-jam di saat kamu masih puasa, yaitu sekitar pukul 10 pagi hingga 12 siang. Jadi, jangan lupa untuk selalu sahur!

Baca juga: Nggak Mau Makan Nasi? Ini 5 Alternatif Karbohidrat untuk Sahur

3. Berbuka Tepat Waktu

Jangan tunda yang namanya berbuka puasa. Kalau kamu memang lagi repot banget, kamu bisa batalkan puasa terlebih dahulu dengan takjil atau buah. Hindari berbuka puasa dengan minum kopi, atau makan makanan yang berat sekaligus. Buatlah jadwal makan yang baru selama bulan puasa ini. Jika kamu sebelumnya makan tiga kali sehari, kamu bisa mengubahnya menjadi empat atau lima kali dari waktu berbuka puasa hingga waktu imsak dengan porsi masing-masing yang lebih sedikit, supaya kalian nggak kekenyangan.

4. Jangan Berbaring Setelah Sahur atau Berbuka

Memang sih, kegiatan paling enak sehabis sahur adalah kembali tidur lagi. Tapi, kebiasaan seperti ini bisa membuat asam lambung naik lagi ke kerongkongan sehingga mengakibatkan reflux. Oleh karena itu, lebih baik tunggu sekitar 1 jam setelah makan kalau kamu mau berbaring.

relaxed-asian-woman-headphones-listening-music-laying-down-sofa_42193-198

Baca juga: 3 Essential Oil Lokal yang Bisa Membantu Kamu Tidur Nyenyak

5. Berhenti Merokok

Kebiasaan menghisap rokok juga bisa mengakibatkan asam lambung naik. Jadi, bisa dibilang bulan puasa ini adalah salah satu momen terbaik buat memulai program berhenti merokok. Tapi, kalau kalian masih pingin banget merokok, pastikan untuk melakukannya di saat perut kamu sudah terisi oleh makanan.

young-man-sitting-office-showing-no-smoking-sign-woman-holding-cigarette_23-2148185379

Baca juga: 7 Masker dengan Kandungan Madu untuk Bikin Kulit Glowing dan Kenyal

So, berikut adalah beberapa tips supaya asam lambungmu nggak kambuh di saat kamu sedang berpuasa. Jika asam lambung naik dan mengganggu aktivitas sehari-hari, jangan ragu untuk memeriksakannya ke dokter. Supaya asam lambungmu nggak kambuh semakin parah.
Stay safe and healthy ya!

Foto: Dok. Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment