banner-detik

food nutrition

Nggak Mau Makan Nasi? Ini 5 Alternatif Karbohidrat untuk Sahur

seo-img-article

steamed rice with seafood calamary corns carrot peas side view

Nggak makan nasi saat sahur bikin lapar? Nggak juga kok. Ini alternatif karbohidrat yang bisa kamu coba untuk sahur.

Tentunya familiar kan dengan ungkapan “belum makan kalau belum makan nasi.” Nasi jadi makanan pokok yang sulit dipisahkan dari hidangan Asia, kuhusnya Indonesia. Sumber karbohidrat utama yang dimakan sehari-hari ya nasi putih. Meski bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat, nasi putih memiliki kadar gula yang tinggi. Sudah sekitar enam bulan terakhir ini saya nggak makan nasi secara rutin, paling occasionally saja kalau nggak bisa menahan godaan makan bibimbap hehehe.

Flash forward, puasa hari pertama dan kedua, saya memutuskan untuk makan nasi putih buat sahur. Sugestinya “biar nggak lapar”, tapi ternyata badan saya kayak ‘kaget’ dan malah bloated dua hari berturut-turut yang bikin nggak nyaman dan memutuskan untuk makan alternatif karbohidrat lain untuk sahur sampai hari ini. Karbohidrat yang dipilih adalah karbohidrat kompleks yang masih mengandung serat. Meski bukan nasi, tetap nggak merasa lapar atau lemas kok saat puasa.

Nah, kalau kamu juga sedang mengurangi nasi putih atau simply ingin makan karbohidrat yang lain, bisa coba beberapa alternatifnya berikut, ya.

Baca juga: 6 Rekomendasi Minuman Literan Non-Kopi untuk Buka Puasa

Rolled Oats

Oatmeal porridge in a bowl with honey and red apple slices,top view

Rolled oats adalah salah satu pengganti nasi yang paling mudah dikreasikan jadi oatmeal. Selain tinggi serat, oat juga kaya akan zat besi, dan vitamin B. Buat yang terbiasa sama makanan hangat, oatmeal tinggal direndam air panas dan dimakan dengan lauk. Terkadang saya juga suka merendam oats dengan susu kedelai untuk jadi semacam ‘dessert’.

Quinoa 

quinoa1

Buat yang punya sensitivitas terhadap gluten dan nggak bisa mengonsumsi oats, opsi yang bisa dipilih adalah quinoa. Mendapat julukan ‘The Super Grain’, quinoa nggak hanya tinggi serat, juga merupakan kaya asam folat dan sumber antioksidan. Bisa dimakan dengan lauk, campuran salad, atau juga dimasak ala nasi goreng.

Ubi

ubi

Ubi merupakan salah satu alternatif karbohidrat yang paling versatile. Mau direbus, kukus, panggang, ataupun ‘digoreng’ pakai airfryer juga bisa. Seratnya tinggi, mengandung vitamin A, B6, C, kalium, dan juga beta-karoten. One of my favorites!

Brokoli

quinoa

Sayuran hijau yang satu ini juga bisa jadi alternatif karbohidrat pengganti nasi untuk sahur. Karena bukan termasuk grains, asupan sayuran juga bisa terpenuhi dengan makan brokoli. Sayuran hijau ini selain tentunya tinggi akan serat, juga rendah kalori dan mengandung vitamin K.

Pisang

pisang

Lebih suka makanan manis? Pisang juga bisa dimakan saat sahur. Buah ini mengandung vitamin B, kalium, juga serat. Biar lebih filling, kamu juga bisa menambahkan potongan pisang ke oatmeal atau dibuat smoothie.

Baca juga: Apa Saja Makanan yang Kaya Vitamin D?

Semoga bisa menambah ide makanan untuk sahurmu ya. Selamat puasa!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment