Punya Kulit Kering? Ini 5 Tips Pakai Masker Biar Kulit Glowing dan Terhidrasi!

TIPS PAKAI MASKER UNTUK KULIT KERING 3

Memanjakan diri pakai masker memang paling menyenangkan. Tapi, memilih jenis masker yang kurang tepat dan cara memakai masker yang salah bisa bikin kulit jadi kering lho!

Buat pemilik kulit kering, memilih dan memakai masker harus berhati-hati. Nggak semua jenis masker cocok untuk kulit kering. Setelah memakai masker, kita juga nggak bisa membiarkan kulit wajah “polos” setelah membilas masker, karena harus disertai dengan step skincare selanjutnya. Simak di sini 5 tips pakai masker buat kulit kering!

1. Perhatikan kandungannya

THE BODY SHOP MEDITERRANEAN ALMOND MILK WITH OATS SOOTHING MASK

Kandungan masker wajah yang bagus untuk kulit kering adalah Hyaluronic acid, chamomile, aloe vera, rose, madu, vitamin E, oat, atau calendula karena bisa menghidrasi kulit dan menenangkan kulit. Kamu juga bisa pakai kandungan super food seperti, chia seeds, blueberry atau pomegranate yang kaya antioksidan. Hindari kandungan yang populer untuk mengontrol minyak atau mengurangi jerawat seperti tea tree, green tea, lemon, dan charcoal, supaya kulit nggak makin kering.

MIZON ENJOY FRESH ON TIME FRESH HONEY MASK

Baca juga: 10 Makeup Minimarket yang Terjangkau dan Murah untuk Bikin Video GRWM di Rumah

2. Hindari clay mask

TIPS PAKAI MASKER UNTUK KULIT KERING 4

Meskipun kulitmu kering sekaligus berjerawat, clay mask tetap nggak disarankan. Clay mask akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan menyerap minyak pada kulit wajah, sehingga setelah dipakai kulit jadi terasa lebih matte. Untuk kulit kering, kondisi matte ini sangat nggak nyaman karena kulit jadi terasa makin kering dan ketarik. Clay mask lebih tepat dipakai oleh kulit berminyak atau kombinasi.

1104688-037

Sebaiknya, kulit kering pilih wash-off mask yang lembut, yang nggak melekat di kulit dan nggak susah dibersihkan. Bersihkan wash-off mask dengan air dingin biasa, jangan dengan air hangat karena air hangat akan memicu kulit kering makin kering. Kamu bisa pakai Kiehl’s Calendula & Aloe Soothing Hydration Masque, yang sangat melembapkan, bikin kenyal, dan kasih efek soothing ke kulit. Saat kulit saya rasanya perih dan terbakar karena salah pakai suatu produk skincare, saya langsung menggunakan masker ini dan perihnya hilang!

Baca juga: 7 Peeling Gel Korea untuk Eksfoliasi Kulit di Rumah

3. Rutin gunakan sheet mask

MEDIHEAL N.M.F AQUARING AMPOULE MASK

Selain wash-off mask dengan kandungan-kandungan di atas, kamu juga bisa mengandalkan sheet mask untuk perawatan wajahmu. Sheet mask mampu menghidrasi kulit secara instan dan bikin kulit glowing dengan cairan essence-nya yang berlimpah. Umumnya sheet mask mengandung Hayaluronic acid untuk menjaga kadar air pada kulit dan bikin kulit plumpy. Kamu bisa pakai sheet mask 3 kali seminggu, bahkan setiap hari untuk menyingkirkan kulit kusam dan kasar. Rekomendasi saya adalah Mediheal N.M.F Aquaring Ampoule Mask dan Garnier Serum Mask Hydrabomb varian Pomegranate.

GARNIER SERUM MASK HYDRA BOMB POMEGRANATE

Baca juga: Bikin Kulit Wajah dan Tubuh Cerah Merata? Bisa Kok!

4. Jangan pakai terlalu lama

Beautiful woman is washing her face on white background

 

Jangan mengira kalau kamu pakai masker terlalu lama maka artinya akan lebih efektif. Masker berbeda dengan toner, serum, atau moisturizer yang memang meresap ke dalam kulit, nggak perlu dibilas. Sedangkan masker harus dibilas, karena kalau dibiarkan menempel di wajah terlalu lama bisa menyerap kelembapan alami kulit. Apapun jenis maskernya, baik wash-off mask, clay mask, sheet mask, maupun masker homemade dari buah-buahan, cukup gunakan 10-15 menit saja sesuai anjuran yang tertera pada kemasan, kemudian bilas sampai tuntas.

Baca juga: Kulit Kering dan Sensitif? Rawat dengan 8 Skincare Oatmeal Ini!

5. Aplikasikan moisturizer setelahnya

TIPS PAKAI MASKER UNTUK KULIT KERING 2

Setelah pakai masker, jangan “berhenti” setelah membilas. Kamu sebaiknya mengaplikasikan skincare selanjutnya seperti hydrating toner, essence, serum, dan moisturizer setelah pemakaian wash-off mask supaya kulit wajah kembali lembap. Kalau kamu pakai sheet mask, kamu nggak perlu membilasnya, cukup tepuk-tepuk essence-nya di wajah, kemudian setelah meresap, bisa langsung gunakan moisturizer. 

 

Itulah beberapa hal penting terkait pemakaian masker buat kamu yang memiliki kulit kering. Nggak susah kan? Kalau kamu melakukan langkah-langkah di atas, kulitmu bisa jadi lebih glowing, plumpy dan segar, nggak ada lagi dry patch atau rasa “ketarik”. Yuk, jadikan masker sebagai perawatan rutin mingguan, di luar pemakaian skincare wajib seperti cleanser, moisturizer, dan sunscreen.

 

Foto: Dok. Female Daily, Freepik.com, Courtesy of brands.