skin care

Penting! Ini Alasan Cowok Wajib Pakai Sunscreen Mulai dari Sekarang

seo-img-article

PELEMBAP WAJAH PRIA 2

Dear para cowok. Sudah pakai sunscreen belum hari ini?

 

Kalau kamu termasuk golongan cowok-cowok yang masih menganggap sunscreen itu nggak penting-penting amat, you better make up your mind! For your information nih, cowok lebih riskan mengalami kanker kulit dibanding cewek, lho.

Masih banyak cowok yang beranggapan kalau skincare hanya untuk cewek, padahal yang namanya kulit penting untuk dirawat tanpa pandang gender. Bagi para cewek, rasanya ribet banget buat ngajak pacar, suami atau teman cowok untuk mulai merawat kulit. Bahkan untuk se-simple memakai sunscreen tiap hari. Padahal, cewek maupun cowok, sama-sama berisiko mengalami penuaan (photoaging), sunburn dan kanker kulit akibat sinar UV.

Baca juga: Produk Wajib Untuk Skincare Laki-laki, Sunscreen!

Cowok dan Risiko Kanker Kulit

FD Dudes Nyobain Cream Pemutih!

Perasaan bahwa kanker kulit adalah penyakit yang tidak umum dan kemungkinan kecil akan dialami oleh diri sendiri dan orang terdekat, adalah salah satu bentuk false sense of immunity yang jadi salah satu alasan mengapa kita (khususnya cowok) malas menggunakan sunscreen. Padahal, menurut Worlwide Cancer Data, pada tahun 2018 jumlah penderita kanker kulit (melanoma) di seluruh dunia mencapai 287.723 orang. Coba tebak, berapa jumlah laki-laki penderita Melanoma? Kasus pada laki-laki mencapai angka 150.698! Lebih besar dibandingkan kasus pada perempuan, lho. 

Artinya, cowok lebih berisiko terkena kanker kulit jika dibandingan dengan cewek. Fakta ini juga didukung oleh American Academy of Dermatology. Wait, kamu mungkin berpikir data ini lebih mewakili populasi orang kulit putih. Sementara, data nggak menjelaskan secara rinci gambaran populasi orang Asia.

Well, memang benar jika orang kulit putih lebih berisiko akan kanker kulit dibandingkan orang-orang dari kelompok ras lainnya yang kulitnya lebih berwarna. Hal ini disebabkan karena orang dengan kulit yang lebih gelap menghasilkan lebih banyak melanin secara alami. Melanin ini berperan dalam menyerap radiasi sinar UV yang berasal dari matahari, dan mencegahnya merusak sel-sel kulit.

beda chemical dan physical sunscreen

Tapi, jangan senang dulu. Menurut Skin Cancer Foundation, melanin memang melindungi kulit dari sinar UV, tetapi semua orang, apapun warna kulitnya, masih tetap berisiko terkena kanker kulit akibat sinar matahari. Malahan, ketika kanker kulit menyerang orang-orang yang memiliki warna kulit lebih gelap, mereka cenderung didiagnosis pada tahap yang sudah lanjut dan kemungkinan yang lebih parah.

Ditambah lagi, walaupun kulit orang Asia, khususnya Indonesia cenderung lebih berwarna, sayangnya kita tinggal di daerah yang memiliki UV index cukup tinggi. Beberapa daerah di Indonesia bahkan UV index-nya mencapai tingkat “sangat tinggi” dan bahkan “ekstrim”, yang artinya tingkat radiasi sinar UV-nya sangat berbahaya. Coba deh, keluar rumah di siang bolong saat cuaca lagi cerah-cerahnya, taruhan kamu bakalan gosong! Sementara itu, cowok juga lebih sering beraktivitas outdoor, entah itu urusan pekerjaan, hobby ataupun kegiatan olahraga, yang artinya resiko terpapar radiasi sinar UV jadi lebih besar.

Baca juga: Tips Memakai Sunscreen Pada Tato

Alasan Cowok Nggak Mau Pakai Sunscreen

SKINCARE KHUSUS COWOK

Kalau dilihat dari kacamata orang awam, nggak heran apabila cowok lebih berisiko terjangkit kanker kulit. Jika dibandingkan dengan cewek, cowok kelihatan lebih cuek akan dampak radiasi sinar UV, yang artinya, awareness para cowok tentang bahaya sinar UV terhadap kulit memang terbilang masih rendah. 

Tapi, memang cowok selalu aja ada excuse buat nggak pakai sunscreen. Mulai dari anggapan kalau pakai sunscreen itu bakalan lengket dan nggak nyaman, cara pakainya ribet, sampai harganya mahal. Padahal, diluar sana banyak banget bertebaran sunscreen yang kualitasnya “canggih” dan harganya terjangkau.

Namun, dibalik alasan-alasan itu, hal yang jadi barrier paling besar dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya pakai sunscreen di kalangan cowok adalah norma sosial! Peran gender tradisional, seperti nilai-nilai maskulinitas dan feminitas mempengaruhi perilaku yang berhubungan dengan kesehatan. Menurut sebuah studi, sifat “maskulinitas” sering dihubungkan dengan perilaku yang cenderung membahayakan kesehatan, sebaliknya, feminitas dihubungkan dengan perilaku yang meningkatkan kesehatan. 

skincare cowok

Sementara, sunscreen dan produk-produk perawatan kulit lainnya sangat identik dengan perempuan atau nilai feminitas. Makanya, banyak cowok yang masih aja menganggap pakai skincare, termasuk sunscreen, tuh nggak maskulin. 

Studi lainnya juga menemukan, cowok yang benar-benar memegang prinsip nilai-nilai “maskulinitas” cenderung lebih jarang berminat menggunakan sunscreen, walaupun mereka juga ingin punya kulit yang awet muda. Alasannya nggak lain karena “takut sama matahari, tuh nggak cowok banget!“

Ah, come on, boys, this is 21st century! Udah nggak jamannya berpikiran bahwa merawat kulit dan menjaga kesehatan kulit itu nggak mencerminkan sikap macho. Menganggap hal-hal yang “berbahaya”, “keras” dan “kasar” sebagai sesuatu yang berani dan “laki banget” adalah toxic masculinity, yang sudah seharusnya ditinggalkan saat ini.

Rekomendasi Sunscreen yang Cocok Buat Cowok

sunscreen buat cowok

Oke, sebut saja, sebagai cowok kamu sudah punya kesadaran akan pentingnya sunscreen, tapi masih bingung harus pakai sunscreen yang mana, saking banyaknya produk sunscreen di pasaran. Atau kamu bingung sunscreen mana yang cocok buat kamu sebagai cowok yang aktif dan anti ribet?

Kalau kulitmu cenderung berminyak dan lebih prefer produk yang nggak bikin wajah berasa kayak pom bensin, kamu bisa gunakan sunscreen dengan tekstur yang watery, misalnya Skin Aqua UV Moisture Milk dan Biore UV Aqua Rich Watery Gel. Kamu juga bisa contek rekomendasi sunscreen yang nggak lengket untuk cowok yang pernah ditulis Arinda.

LACOCO DAILY UV COUNTER SPF 50 PA++

Atau sebaliknya, kamu ingin sunscreen yang sekaligus jadi moisturizer karena nggak sempat apply terlalu banyak produk. Cobain Purito Centella Green Level Safe Sun SPF50+ PA++++ atau Lacoco Daily UV Counter. Mau sunscreen yang nggak perlu diaplikasikan dengan jari? Cobain sunscreen berbentuk stick seperti SNP UV Perfect Clear Sun Stick ini. 

Jangan cuma wajah yang dilindungi, kaki, tangan, dan area lainnya yang nggak tertutupi pakaian juga harus dilindungi. Kamu bisa cobain Nivea Sun Protect & Moisture dan Banana Boat Ultra Protect Sunscreen Lotion sebagai body sunscreen.

 

 

saraccil

saraccil

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment