banner-detik

fitnfab

7 Manfaat Jus Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

seo-img-article


Saat lagi di rumah seperti kamu pasti jadi punya banyak waktu untuk self-care. Coba bikin jus yuk!

Gimana kalau mencoba jus lidah buaya? Manfaat jus lidah buaya sangat beragam. Ia terkenal sebagai “penyembuh banyak hal” yang baik untuk berbagai kondisi serta menyegarkan dan membantu meremajakan kulit. Mau tahu apa saja manfaat jus lidah buaya buat kamu? Simak di sini!

1. Baik untuk detoks

MANFAAT JUS LIDAH BUAYA 4

Jus lidah buaya banyak mengandung asam amino, vitamin, dan mineral. Dengan begitu ia menjadi salah satu pembersih alami yang paling efektif. Ini juga dapat membantu memperkuat pencernaan serta membersihkan tubuh dari “limbah” jahat, yang secara alami membuat tubuh memproses detoksifikasi dengan lancar. Nggak cuma itu, jus lidah buaya juga bisa bantu menenangkan, mendinginkan, melembapkan, membersihkan panas yang meradang dan iritasi.

Baca juga: 8 Skincare Oatmeal untuk Menenangkan Kulit Sensitif dan Kering

2. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

MANFAAT JUS LIDAH BUAYA 2

Lidah buaya dikemas penuh dengan polisakarida yang meningkatkan ketahanan sehingga membantu tubuh untuk membentuk sistem kekebalan tubuh dengan lebih baik. Jika terlalu banyak peradangan dalam tubuh yang menimbulkan masalah dalam sistem kekebalan hingga kondisi seperti asma atau eksim (eczema), maka jus lidah buaya dapat memperlambat terjadinya inflamasi.

Baca juga: Kenali Manfaat Saffron, Si Bumbu Mewah yang Mulai Banyak Dilirik Brand Kecantikan

3. Menurunkan kolesterol dan gula darah

MANFAAT JUS LIDAH BUAYA 6

Beberapa bukti menunjukkan lidah buaya mampu menurunkan kolesterol dan memiliki efek positif pada kadar gula darah, yang berguna untuk menjaga kondisi penderita diabetes dan obesitas. 

4. Sangat baik untuk pencernaan

MANFAAT JUS LIDAH BUAYA 7

Jus ini amat baik untuk kamu yang memiliki masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar (IBS). Biasanya tanda sindrom ini adalah ketika kamu mengalami serangan sakit perut berulang. Ini disebabkan karena jus lidah buaya memiliki sifat menyejukkan sehingga bisa meredakan rasa nyeri.

5. Kaya vitamin dan mineral

Aloe Vera Gel in Wooden Spoon with Aloe Vera Leaves Background.

 

Jus lidah buaya sarat akan vitamin C, E, B1, B2, B3, B6, B12, dan asam folat. Kaya juga dengan mineral seperti kalsium, magnesium, seng, besi, selenium, dan kalium.

6. Membantu menguatkan rambut

MANFAAT JUS LIDAH BUAYA 3

Mengapa? Karena jus lidah buaya penuh dengan vitamin dan enzim alami yang secara langsung bisa menyehatkan rambut. Lidah buaya juga membantu proses pertumbuhan rambut lho! Makanya, nggak heran kalau jus lidah buaya sering dipakai di kepala bayi dan jadi resep turun-temurun. 

Baca juga: 7 Manfaat Kurma, untuk Kulit Sampai untuk Diet!

7. Baik untuk luka bakar, jerawat, dan melembapkan kulit

MANFAAT JUS LIDAH BUAYA 8

Ketika digunakan secara topikal, lidah buaya dapat menenangkan kulit yang meradang, meningkatkan kolagen dan meningkatkan produksi Hyaluronic acid untuk membantu meremajakan kulit.

Wah, banyak banget manfaat jus lidah buaya? Kalau nggak mau dijus, kamu juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk es lidah buaya, yang lidah buayanya dipotong kecil-kecil. Yummy! Pas banget buat buka puasa lho!

Foto: freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment