banner-detik

bath n body

3 Produk Langka dan Mahal Karena Corona? Ini Substitusinya!

seo-img-article

3 PRODUK LANGKA DAN MAHAL KARENA CORONA - 2

Semenjak kasus coronavirus sampai di Indonesia, ada banyak barang yang cepat habis di supermarket ataupun online. Apa dong penggantinya?

Sudah sebulan sejak kasus corona merebak di Indonesia, semua orang berlomba menjaga daya tahan tubuh dan memenuhi kebutuhan sehari-hari (yang agak berbeda dari biasanya), karena harus social distancing atau isolasi. Ada beberapa produk yang jadi sangat diminati dan ludes di mana-mana, kalaupun ada, harganya jadi meningkat drastis.

Nggak perlu khawatir, sebenarnya ada kok produk substitusinya. Untuk sementara ini, kamu bisa beli penggantinya saja dulu ya!

1. Vitamin C

3 PRODUK LANGKA DAN MAHAL KARENA CORONA - 1

Kalau kamu perhatikan, produk vitamin C jadi sulit didapatkan di mana-mana, di shelf supermarket pun jadi nggak ada! Baik yang tablet, tablet hisap, maupun evervescent, jadi banyak diminati. Semua orang menyerbu produk ini, bahkan yang tadinya nggak minum suplemen vitamin C setiap hari, kini merasa butuh minum untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya nggak mudah sakit dan terserang coronavirus. Nggak jarang satu orang bisa langsung membelinya dalam jumlah banyak, makanya orang lainnya nggak kebagian. Kalaupun tersedia online, biasanya harganya jadi melambung!

Baca juga: 10 Super Food yang Bisa Dikonsumsi untuk Membantu Imun Lebih Kuat

3 PRODUK LANGKA DAN MAHAL KARENA CORONA - 6

Jangan khawatir! Kenapa nggak mengandalkan sumber alami saja? Buah-buahan dan sayur-sayuran jawabannya! Lemon jadi super mahal? Dear, buah dengan kandungan vitamin C tinggi nggak cuma lemon lho. Kamu bisa mengonsumsi jeruk, apel, anggur, strawberry, kiwi, jambu air, guava, leci, bahkan yang harganya sangat terjangkau dan selalu ada yaitu pepaya. Kamu juga bisa mendapat vitamin C dari brokoli, paprika, parsley, thyme, bayam, brussel sprouts, dan cabai hijau.

Kalau kamu rajin makan sayur dan buah-buahan ini setiap hari, tubuhmu pasti terasa lebih segar dan asupan vitamin C terpenuhi. Saat coronavirus tamat dari muka bumi (semoga segera!), kebiasaan baik makan sayur dan buah sebaiknya kamu teruskan ya!

Baca juga: 7 Suplemen yang Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

2. Bawang bombay

3 PRODUK LANGKA DAN MAHAL KARENA CORONA - 3

Saya sendiri nggak tahu pasti kenapa bawang bombay jadi sangat mahal sekitar dua bulan terakhir. Sebenarnya bumbu dapur ini nggak ada hubungannya langsung dengan corona, atau menjadi bahan pokok yang dianggap bisa mengusir virus corona jauh-jauh. Tapi, bawang bombay adalah bumbu dapur penting yang dibutuhkan banyak orang. Apalagi, banyak orang jadi hobi masak selama #dirumahaja, sehingga kelangkaannya saat ini jadi cukup mengganggu. Kalaupun ada, harganya mencapai 200 ribu per kilo!

3 PRODUK LANGKA DAN MAHAL KARENA CORONA - 4 - JAY'S MINCED ONION

Kamu sebagian masakan, mengganti bawang bombay dengan bawang merah masih oke kok. Tapi ada juga beberapa masakan yang memang cocoknya pakai bawang bombay saja, seperti teriyaki, bulgogi, dan bitterballen. Nah, buat mengatasinya kamu bisa membeli produk bawang bombay bubuk atau cincang yang bikin rasa masakanmu tetap sama, meskipun teksturnya berbeda. Selamat masak-masak setiap hari ya!

Baca juga: 5 Resep Sarapan Sehat Anti-Ribet untuk Dicoba Selama #DirumahAja

3. Sabun cuci tangan

REKOMENDASI HAND WASH YANG BIKIN KULIT TETAP LEMBUT - 550

Cuci tangan nggak cukup pakai air saja, harus pakai sabun dan digosok-gosok di bagian telapak, punggung tangan, dan sela-sela jari. Memang tersedia sabun khusus cuci tangan di pasaran untuk membantu kita semua, tapi sekarang sabun cuci tangan jadi produk langka dan mahal karena corona!

Baca juga: 7 Rekomendasi Sabun Cuci Tangan yang Bikin Tangan Tetap Lembut

DETTOL PH BALANCED BODY WASH - SENSITIVE

Kamu nggak perlu pusing. Gunakan saja sabun mandi atau body wash. Sama kok kemampuan membersihkannya. Kamu bisa pilih juga body wash antiseptik yang bisa membunuh kuman lebih cepat. Tinggal pindahkan produk refill body wash ke dalam botol-botol pump kecil dan letakkan di wastafel serta di samping kitchen sink kamu. Jangan lupa cuci tangan setiap sebelum dan sesudah makan, sebelum masak, setelah memegang uang dan benda-benda kotor, setelah menerima paket belanja dari luar rumah, setelah pergi ke supermarket, sebelum pakai skincare dan makeup, dan lain-lain. Pokoknya usahakan untuk selalu menjaga kebersihan ya!

Baca juga: Suka Pakai Makeup Tapi Nggak Mau Sering Pegang Wajah? Ini Triknya!

Nah, itulah pengganti 3 produk langka dan mahal karena corona! Saat di tengah pandemi seperti ini, kita memang harus melakukan berbagai penyesuaian setiap hari. Nah, 3 penyesuaian di atas nggak memberatkan kan?

 

Foto: Freepik.com.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment