banner-detik

fitnfab

5 Suplemen yang Bisa Dikonsumsi untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

seo-img-article

MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Selain banyak makan sayur dan buah, tidur cukup, dan berolahraga, beberapa suplemen ini bisa membantu kita untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat tubuh selalu sehat. Kita bisa berupaya mengubah kebiasaan sehari-hari jadi lebih sehat dengan cara makan seimbang, rajin mengolah tubuh, kurangi rokok dan alkohol, mengontrol level stres, serta tidur yang cukup setiap hari. Minum suplemen tambahan di bawah ini juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, lho! Apa saja ya? Simak di bawah ini!

1. Buah noni (mengkudu)

NONI FRUIT - SUPLEMEN UNTUK MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Buah noni adalah super fruit yang canggih lho! Miranda Kerr bahkan menjadikan buah ini sebagai resep turun-temurun di keluarganya, bahkan mengolah khasiatnya menjadi beberapa produk di brand miliknya, Kora Organics. Buah dengan nama Latin Morinda citrifolia ini, mengandung kalium untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina, plus bisa juga memperbaiki kerusakan sel. Tapi buat kamu yang punya riwayat penyakit jantung, liver, atau ginjal sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen buah noni ya.

2. Habbatussauda (jintan hitam)

FENNEL SEEDS - SUPLEMEN UNTUK MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Black fennel seed atau jintan hitam atau habbatussauda, atau pemilik nama Latin Nigella sativa ini telah lama dikenal manfaatnya sebagai obat-obatan dan sumber anti0ksidan tinggi. Jintan hitam bisa membantu pengobatan diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi, bahkan kanker. Rutin mengonsumsi suplemen jintan hitam bisa merawat kesehatan organ dalam seperti hati dan ginjal, serta meningkatkan kekuatan imun.

Baca juga: 10 Super Food untuk Meningkatkan Kekuatan Imun

3. Vitamin B6, C, dan E 

VITAMIN - SUPLEMEN UNTUK MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Suplemen dalam bentuk kapsul yang mengandung vitamin B6, C, dan E juga bisa kamu buru di drugstore. Ketiga vitamin ini adalah sumber yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C sangat bagus untuk memperbaiki body tissues, menggerakkan fungsi tubuh, membantu penyembuhan penyakit, menyehatkan tulang, gigi, dan meningkatkan kekuatan imun. Vitamin B6 baik untuk kesehatan mata, membantu mencegah kanker, mengurangi stres, dan merawat anemia. Tubuh kita nggak bisa memproduksi vitamin B6, jadi menambahkan kapsul B6  bisa dilakukan sebagai cara menjaga kesehatan sehari-hari. Sementara itu, suplemen vitamin E bisa mencegah penyakit jantung koroner, mencegah kanker, serta berperan sebagai anti-inflamasi.

4. Echinacea

ECHINACEA - SUPLEMEN UNTUK MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Belum akrab dengan echinacea? Tumbuhan dari keluarga daisy ini nggak cuma bisa meningkatkan daya tahan tubuh tapi juga bertindak sebagai antivirus, antiradang, dan kaya akan antioksidan. Echinacea bisa membantu melawan virus flu dan juga mengontrol kadar gula darah.

5. Moringa (daun kelor)

MORINGA - MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Daun kelor yang sangat terkenal di Asia ini begitu kaya nutrisi. Daun kelor kini sudah banyak dijual dalam bentuk bubuk atau kapsul, bahkan di negara-negara Barat. Apa saja manfaatnya? Untuk memerangi radikal bebas, mencegah penyakit jantung dan diabetes, kaya antioksidan yang bisa membantu mengurangi tekanan darah, serta banyak mengandung vitamin C dan beta-carotene.

Baca juga: Suka Makeup Tapi Nggak Mau Pegang Wajah Terlalu Sering? Ini Tipsnya!

6. Kulit manggis 

MANGGIS - MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Nggak hanya buahnya yang lezat dan kaya vitamin C, kulit manggis terkenal dengan khasiatnya dalam meningkatkan daya tahan tubuh, membuat fungsi tubuh lebih optimal, menyehatkan kulit dan membuatnya lebih elastis, serta mengontrol gula darah. Kamu bisa membeli berbagai suplemen sari kulit manggis dalam bentuk kapsul ataupun liquid.

7. Kurma

KURMA - MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Sebenarnya, kurma lebih enak kalau dimakan langsung kan? Rasanya manis dan empuk. Kamu bahkan bisa mencampurkan kurma ke dalam smoothie atau sebagai perasa manis alami untuk almond milk. Tapi, kini banyak sari kurma yang dijual supaya lebih praktis, sehingga ketika nggak bulan Ramadhan pun kita tetap bisa merasakan manfaatnya. Kurma sangat baik untuk mencegah kanker, mendukung kesehatan tulang, menambah energi, membantu mengurangi risiko stroke, dan menyehatkan pencernaan.

Semoga salah satu suplemen di atas bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh lebih maksimal ya, sehingga jauh dari virus dan penyakit!

Foto: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment