3 Cara Membersihkan Smartphone dari Bakteri dan Virus Corona

Cara Membersihkan Smartphone dari Virus dan Bakteri-2

Sudah sering mencuci tangan minimal 20 detik? Gimana kalau urusan smartphone? Sudah dibersihkan dengan rutin belum? Kalau belum atau bingung dengan cara membersihkannya, kali ini saya mau kasih tips-nya!

Minggu lalu Apple sempat menginfokan cara membersihkan smartphone kita dari virus dan bakteri. Berita ini turun, karena katanya virus Corona bisa menempel pada beda mati dalam jangka waktu yang berbeda-beda. Tentunya percuma ya, kalau kita rajin membersihkan tangan, rumah, dan sering mandi, tapi kalau smartphone kita kotor dan ternyata menimbun banyak bakteri dan virus.

Sebenarnya, jauh sebelum ada kasus Corona, himbauan untuk rajin membersihkan permukaan smartphone sudah ada. Female Daily pun sudah pernah membuat artike, 3 Masalah Kulit Yang Bisa Terjadi Karena Handphone. Kenapa sih smartphone wajib dibersihkan? Ya karena, smartphone ini kan kita taruh di mana saja, baik itu di lantai, meja, toilet, tas dan berbagai tempat lainnya. Sebuah penelitian pun mengatakan bahwa jumlah bakteri yang ada di toilet umum dan di smartphone hampir setara, atau malah lebih banyak di permukaan smartphone kita.

Baca juga: 7 Benda yang Perlu Dibersihkan Supaya Nggak Gampang Sakit

Lalu gimana cara membersihkan smartphone kita dari bakteri dan virus? Yang jelas bukan dengan alcohol swab! Ya memang bisa sih, tapi sayang banget ya, pakai alcohol swab hanya untuk membersihkan smartphone? Padahal benda kecil ini, sangat dibutuhkan oleh rumah sakit, pasien diabetes dan untuk new born baby (untuk membersihkan tali pusar). Selain itu, membersihkan smartphone dengan menggunakan alcohol swab pun, menambah sampah sulit daur ulang!

Nah, dibanding kita menambah masalah ditengah-tengah pandemi ini, mendingan lakukan cara-cara ini untuk membersihkan permukaan smartphone kalian:

Baca juga: Rekomendasi Sabun Cuci Tangan & Sanitiser Versi FD Review


dr soap 2

Hand Sanitiser

Punya banyak stock hand sanitiser di rumah? Nah, dibanding kamu pakai hand sanitiser untuk tangan kamu, mendingan kamu pakai hand sanitiser ini untuk memberisihkan smartphone kalian. Kalau kalian memang mempraktekan physical distancing, WFH atau #DiRumahAja, kalian nggak membutuhkan hand sanitiser untuk membersihkan tangan kalian. Untuk membersihkan tangan yang paling benar adalah mencuci tangan dengan sabun saja. Lalu gimana caranya membersihkan permukaan smartphone dengan hand sanitiser? Kamu bisa menuangkan hand sanitiser tersebut ke kain dan langsung lap saja permukaan smartphone kalian. Lakukan 2x  pembersihan untuk hasil yang maksimal.

Baca juga: 7 Rekomendasi Sabun Cuci Tangan yang Bikin Kulit Tetap Lembut

Rekomendasi Sabun untuk kulit Sensitif-2

Air hangat dan sabun

Sama dengan tangan, kamu bisa menggunakan air hangat atau air panas yang sudah dicampurkan sabun untuk membersihkan permukaan smartphone kalian. Eits, tapi caranya bukan guyur smartphone kalian ya, hehe. Jadi caranya, cukup basahi lap atau kain dengan campuran air panas dan sabun yang sudah kamu siapkan. Kemudian, tinggal kamu seka-seka saja seluruh permukaan smartphone hingga terasa bersih. Kalau kamu takut masih ada sisa residu sabun yang tertinggal, kamu bisa kembali lap permukaan smartphone dengan menggunakan kain dan air biasa saja.

Cara Membersihkan Smartphone dari Virus dan Bakteri

Steriliser

Tips yang satu ini memang lebih mahal, karena bentuknya gadget, tapi fungsinya banyak banget. Kalau kalian yang sudah memiliki anak, pasti familiar dengan alat di atas ini, atau mungkin lebih familiar dengan brand uPang? Basically, ini adalah alat yang dapat men-sterilkan semua barang yang ada di rumah. Yes, kerjanya mirip mesin steril yang digunakan di rumah sakit. Kalau kamu punya alat ini, nggak hanya smartphone saja yang bisa kamu bersihkan, tapi perhiasan, kunci rumah, kacamata, hingga remote TV pun bisa. So, nggak apa-apa lah ya, mengeluarkan budget yang lumayan tinggi untuk satu item ini? Toh ini jatuhnya investment.  Belinya di mana? Biasanya sih alat-alat seperti ini bisa kalian temukan di baby shop, atau coba saja cari di e-commerce brand-brand ini: uPang, Mahaton dan Ersie.

Jadi gimana? Sekarang sudah nggak perlu panik lagi kan mencari alcohol swab hanya untuk membersihkan smartphone kalian? Selamat mencoba, and stay safe everyone!