banner-detik

podcast

11 Tanda Bahwa Pacar Kamu Melakukan Gaslighting

seo-img-article

 

kat-porcupine

Apa itu gaslighting? Apa ciri-ciri seseorang melakukan gaslighting? 

 

11 Tanda Pacar Kamu Melakukan Gaslighting - audio version

Regina Abraham

Baru-baru ini, ramai sebuah thread di Twitter yang diunggah oleh akun twitter @jerujiemas, yang menceritakan kronologi lengkap mengenai seorang lelaki berinisial NC. NC diduga memanfaatkan pacarnya berinisial R sebagai sex slave, menghamilinya sebanyak 4 kali, dan memaksanya untuk menggugurkan kandungannya dengan mengonsumsi pil misoprostol. Mendengar perilaku NC, nggak sedikit feminis di Indonesia yang buka suara demi membela R. R diduga merupakan salah satu korban gaslighting dari pelaku bernama NC. Nah, apa sih sebetulnya gaslighting dan apa saja ciri-cirinya? Yuk, kita breakdown lebih lengkap.

Gaslighting adalah sebuah taktik yang dilakukan oleh seseorang demi memanipulasi orang lain, supaya dirinya mendapatkan power atau bahkan membuat korban mempertanyakan tentang realita yang terjadi. Biasanya, orang-orang yang melakukan gaslighting adalah orang-orang yang melakukan abuse, seorang diktaktor, atau seorang narcissist. Manipulasi yang dilakukan oleh seorang gaslighter dilakukan secara perlahan, bahkan seringkali sang korban nggak sadar kalau mereka sedang di-brainwash. Pernah berfikir orang yang kamu kenal, atau bahkan pasanganmu memiliki kecenderungan seperti ini? Berikut beberapa contoh gaslighting yang bisa kamu coba identifikasi:

1. Mereka sering berbohong secara terang-terangan

Gaslighter sering banget berbohong. Tapi anehnya, kebohongan yang mereka katakan biasanya udah jelas merupakan kebohongan, tapi mereka bisa mengatakannya dengan muka yang datar. Hal ini dilakukan demi membangun benteng. Kalau dirinya sedang berbohong, gaslighter tahu bahwa kamu sedang ragu antara percaya atau nggak percaya.  Maka, mereka akan coba membuat kamu goyah dengan cara apapun supaya kamu percaya sama mereka.

2. Mereka deny mereka pernah mengatakan sesuatu, walaupun kamu memiliki bukti

Misal kamu mendengar seorang gaslighter pernah mengatakan sesuatu. Tapi, ketika kamu coba confront, mereka bakalan deny kalau mereka pernah mengatakan hal tersebut. Membuatmu mulai bertanya-tanya, apakah mereka mereka betul-betul pernah mengatakan hal tersebut. Kalau berkali-kali seorang gaslighter melakukan ini, kamu akan semakin tidak percaya kepada dirimu sendiri, dan semakin mempercayai mereka.

3. Mereka memanfaatkan seseorang yang dekat atau yang berarti bagimu untuk menyerangmu

Kalau mereka tahu seberapa keluargamu berharga bagimu, serta mengetahui betapa identitas dirimu penting bagimu, hal tersebutlah yang akan mereka serang terlebih dahulu. Mereka akan mencoba meyakinkan betapa kamu nggak disayang keluargamu, atau bahkan mereka akan menggoyahkan keyakinanmu akan dirimu sendiri dengan me-list down segala hal yang negatif tentang dirimu. Mereka akan menyerang segala prinsip hidupmu.

4. Perlahan-lahan mereka akan membuatmu muak

Ini adalah salah satu hal berbahaya yang dilakukan seseorang yang melakukan gaslighting – kebohongannya dilakukan secara bertahap dari waktu ke waktu. Mereka cenderung berbohong akan berbagai macam hal, melontarkan komentar-komentar sinis yang membuat sakit hati. Bahkan, kamu yang logis sekalipun bisa terjebak di dalam tipuan seseorang yang gaslighting. Perlakuan ini dilakukan secara perlahan-lahan supaya kamu nggak sadar bahwa dirimu telah ditipu.

gaslighting-gas+lighting-sex-addiction-partner-trauma

Baca juga: 10 Serial Netflix untuk Menemani Social Distancing Karena Corona

5. Perbuatan mereka nggak sesuai dengan yang mereka katakan

Kalau kamu curiga seseorang melakukan gaslighting, kamu perlu memperhatikan tingkah laku mereka. Apapun yang mereka katakan, semuanya hanya sekedar kata-kata. Kejadian sebenarnya bisa kamu nilai dari apa yang mereka perbuat!

6. Mereka menyisipkan dukungan positif untuk membuat kamu bingung

Orang yang tadinya mencaci makimu habis-habisan, tiba-tiba memberikan dukungan positif kepadamu dan membuatmu bingung. Kamu akan berubah dan berfikir, ” Oh, ternyata dia nggak seburuk yang saya kira”, and be careful for that! Ini merupakan sesuatu yang dilakukan untuk membuatmu ragu, dan lagi-lagi membuat kamu mempertanyakan dirimu sendiri. Periksa juga apa yang dirinya puji, bisa jadi hal yang dipuji adalah segala sesuatu yang ‘melayani’ sang gaslighter.

7. Mereka sadar, kebingungan akan membuat seseorang jadi lemah

Dalam kondisi kamu yang lagi stabil, gaslighter suka menggoyahkan dan membuat kamu mempertanyakan segala sesuatu. Karena, sifat dasar manusia ketika goyah adalah untuk mencari seseorang atau sesuatu yang membuat mereka merasa stabil kembali – dan harapannya adalah gaslighter yang dijadikan panutan tersebut.

8. Mereka menuduhmu akan kesalahan yang mereka lakukan

Baik mereka adalah tukang selingkuh atau tukang bohong, mereka akan berulang-ulang menyalahkanmu akan hal itu. Hal ini dilakukan supaya kamu sibuk membela dirimu sendiri, sehingga kamu lupa akan akar permasalahannya – yaitu kesalahan sang gaslighter.

gaslighting

Baca juga: Rambut Kering dan Rapuh Tapi Nggak Bisa Ke Salon? Lakukan Ini Di Rumah!

9. Mereka mencoba memanfaatkan orang lain untuk menyerang dirimu

Gaslighter sangat pintar dalam memanipulasi, serta mencoba mencari orang-orang yang membela dirinya. Mereka akan cenderung membuat pembelaan seperti, ” Dia juga tahu kok kamu yang salah” , atau ” Dia juga tau kok kamu yang bohong” , dan komentar-komentar lainnya yang serupa. Ingat, seorang gaslighter sering berbohong. Dalam kondisi di mana kamu nggak tahu siapa yang bisa diandalkan dan dipercaya, kamu akan kembali bergantung pada sang gaslighter. Inilah yang mereka inginkan. Isolation gives them more control.

10. Mereka meyakinkan dirimu dan orang lain bahwa dirimu gila

Ini adalah salah satu senjata paling efektif dari seorang gaslighter, yaitu meremehkan.  Kalau seorang gaslighter tahu kamu mulai mempertanyakan kewarasan dirimu, orang akan mulai nggak percaya kalau kamu di-abuse atau teraniaya. It’s their master technique!

11. Mereka mencoba meyakinkan dirimu kalau orang lain adalah pembohong

Dengan mengatakan bahwa orang lain (keluargamu, teman-temanmu, dan lainnya) adalah seorang pembohong, lagi-lagi ini akan membuatmu mempertanyakan tentang realita. Ini adalah salah satu teknik manipulasi yang dilakukan gaslighter. Membuatmu selalu berpaling kepada sang gaslighter untuk memperoleh informasi yang benar, padahal kamu berkali-kali dibohongi.

Baca juga: Bahaya Pacaran dengan Gangguan Kepribadian Ambang atau Borderline Personality Disorder

So, itu dia beberapa ciri-ciri dari seseorang yang melakukan gaslighting. Gimana menurut kalian? Kamu mengenal seseorang yang seperti ini? Atau kamu bahkan korban dari seorang gaslighting?

Kalau kamu merasa berada dalam toxic relationship, di mana kamu merasa pacarmu melakukan gaslighting, abuse, atau penganiayaan dalam bentuk apapun, jangan diem aja! Di Indonesia, udah ada beberapa organisasi yang memperjuangkan hak-hak para wanita, lho. Try opening up dan consult ke seseorang, supaya kamu juga jadi bisa membandingkan mana yang realita mana yang bukan. Kalau kamu merasa kamu butuh bantuan, kamu bisa menghubungi nomor-nomor berikut:

  1. Yayasan Pulih: 021-78842580, pulihcounseling@gmail.com
  2. LBH Apik Jakarta : 0813 888 22 669, apiknet@centrin.net.id
  3. SAPA Indonesia : 021- 5853849, sapa.indo@gmail.com
  4. Komnas Perempuan: 021-3903963
  5. Komnas Perempuan & Anak RI : 0821 2575 1234

So, for all the women out there, jangan lupa buat stand up for your rights! Jangan pernah diam, it’s time to speak up!

 

Foto: Dok. growthcouncelingservices.com, psychbytes.com, npr.org, work-warrior.com.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment