Rambut Kering dan Rapuh Tapi Nggak Bisa Ke Salon? Lakukan Ini di Rumah!

RAMBUT KERING DAN RAPUH TAPI NGGAK BISA KE SALON

Social distancing sama dengan membatasi diri dengan sekitar, termasuk dengan salon kesayangan kita.

Nah, masalahnya, gimana kalau kondisi rambut sudah semakin panjang, kering, dan rapuh, sementara kita harus di rumah dulu? Memang sih, rasanya nggak tahan banget pingin creambath atau hair mask di salon, trim rambut, tapi ya memang harus bersabar dulu untuk nggak keluar rumah, demi kesehatan bersama. No worries, ada banyak hal kok yang bisa kita lakukan di rumah untuk menaklukkan rambut kering dan rapuh! Simak di bawah ini ya!

1. Cuci dan bersihkan dengan hati-hati

RAMBUT KERING DAN RAPUH - HAIR DRYER

Rajin keramas sangat baik dilakukan, tapi bukan berarti kamu harus keramas tiap hari atau dua kali sehari. Sesuaikan dengan kondisi rambutmu ya, karena mencuci rambut terlalu sering bakal bikin rambutmu makin kering. Pilih shampoo yang mild dan melembapkan, tanpa bikin lepek. Selalu gunakan conditioner setelahnya supaya rambut tetap halus dan lembap.

Saat mengeringkan rambut, sebaiknya pilih handuk lembut dan jangan menggosok-gosoknya terlalu keras supaya nggak gampang rontok. Hindari dulu pakai catokan dan hair dryer ya, sebaiknya keringkan rambut dengan diangin-anginkan saja ya. Lagipula kamu juga nggak perlu tampil maksimal banget, karena nggak ke mana-mana, kan?

Baca juga: Tren Menunda Pernikahan Karena Corona? Katy Perry dan Emma Stone Juga Ikut!

2. Gunakan bermacam-macam oil

Ada banyak oil yang bisa mengatasi rambut kering dan rapuh, plus menambahkan kilau. Kamu bisa memakai coconut oil sebelum keramas, cukup bubuhkan di rambut dan diamkan 10 menit, kemudian bilas dan lanjutkan keramas seperti biasa.

Setelah keramas, tambahkan juga oil pada rambut yang masih lembap. Kamu bisa mencoba Kora Organics Noni Glow Body Oil yang serbaguna dan mengandung ekstrak buah noni, rosehip oil, dan sunflower oil. Ada juga Kerastase Elixir Ultime yang merawat dan melembapkan tanpa bikin rambut kelihatan berminyak. Kamu juga bisa pakai OGX Anti-Breakage Keratin Oil, Natur Protecting Treatment Hair Serum, atau L’Oreal Paris Elseve Extraordinary Oil yang harganya terjangkau tapi hasilnya memuaskan!

L'OREAL PARIS ELSEVE EXTRAORDINARY OIL

OGX ANTI-BREAKAGE KERATIN OIL

NATUR PROTECTING TREATMENT HAIR SERUM

3. Pakai sarung bantal sutra

RAMBUT KERING DAN RAPUH - SILK PILLOW CASE

Sarung bantal yang berbahan halus seperti sutra bisa membantu mencegah kerontokan rambut saat tidur lho, karena mencegah rambutmu awut-awutan saat terlelap! Sarung bantal biasa yang terbuat dari katun bisa menyerap kelembapan alami rambutmu sehingga rambutmu jadi gampang kering, apalagi ditambah dengan tidur menggunakan AC semalaman. Pastikan juga rambutmu tergerai ya saat tidur, jangan pernah diikat.

4. Konsumsi suplemen rambut

OLLY UNDENIABLE BEAUTY

Kadang, vitamin dari luar saja nggak cukup. Kamu bisa menambahkan suplemen untuk menguatkan rambut, apalagi kalau rambutmu selama ini sering banget pakai hot tools. Minum suplemen seperti Olly Undeniable Beauty yang kaya vitamin C, E, keratin, dan biotin, bisa membantu pertumbuhan rambut lebih baik dan membuatnya lebih halus.

5. Gunakan sikat rambut yang lembut

OSENSIA FRESH FLEXI BRUSH

Coba pilih boar bristle brush atau nylon detangling brush, yang bisa membantu merapikan rambut kusut dengan lebih effortless, nggak perlu tarik-tarik sampai bikin rambut rontok. Nyaman banget dipakai dan bikin kulit kepala seperti dipijat.

Baca juga: 5 Suplemen yang Ampuh untuk Membantu Menguatkan Daya Tahan Tubuh

6. Pakai aloe vera gel

RAMBUT KERING DAN RAPUH - ALOE VERA GEL

Kamu tahu kan kalau aloe vera gel serbaguna banget? Nggak cuma buat kulit wajah dan badan, tapi bisa juga buat rambut. Memang kelembapannya nggak akan se-intense seperti kamu pakai oil, tapi bisa membantu menenangkan sel-sel rambut yang rusak dan menyegarkan rambut karena kaya kandungan vitamin A, C, E, dan antioksidan. Sebaiknya gunakan daging aloe vera asli ya!

7. Rutin pakai hair mask

MAKARIZO HAIR ENERGY FIBERTHERAPY HAIR AND SCALP CREAM

Selain pakai conditioner setiap hari, kamu bisa pakai hair mask 2 kali dalam seminggu dengan mendiamkannya selama 10-15 menit. Makarizo Hair Energy Fiber Therapy bisa kamu coba karena sangat mudah ditemukan di mana-mana, bahkan yang bentuknya sachet. The Body Shop Banana Hair Mask juga direkomendasikan, karena mengandung pisang dan brazil nut oil yang baik untuk menghidrasi rambut maupun menjaga kesehatan kulit kepala.

THE BODY SHOP BANANA HAIR MASK

Kamu pun bisa membuat hair mask sendiri di rumah dari campuran madu murni dan coconut oil murni. Tapi karena 2 bahan ini cukup lengket, pastikan kamu membilasnya hingga benar-benar bersih ya! Madu dan minyak kelapa sangat baik untuk menutrisi dan mengunci kelembapan rambut kering dan rapuh.

 

Foto: Dok. Female Daily, Freepik.com.