Mengatasi Tangan Kering Karena Cuci Tangan

MELEMBAPKAN KULIT TANGAN KERING AKIBAT SERING CUCI TANGAN

Cara mencegah coronavirus dengan rajin cuci tangan juga bisa sekaligus mengikis kelembapan kulit tangan kamu lho. 

Sering mencuci tangan adalah sebuah tindakan preventif melawan coronavirus. Tapi bayangin nggak nasibnya kondisi kulit tangan kamu yang kini lebih sering terkena sabun cuci tangan dan hand sanitizer berlipat kali dari biasanya? Kaku, kering, dan kasar nggak kulit tangan kamu sekarang? Berikut ini tips melembapkan tangan kering akibat sering cuci tangan? Semoga membantu ya. 

Apa yang menyebabkan tangan yang kering dan pecah-pecah?

HAND CREAM PENTING NGGAK SIH

Kulit kita memiliki lapisan pelindung luar kulit bernama stratum corneum, yang berperan untuk membalut kulit dengan kelembaban. Jika pelindung ini terkikis, kulit akan kehilangan lipid yang berakibat pada hilangnya kelembaban kulit. Dengan kita sering mencuci tangan, uap air dan lemak sehat alami yang biasanya “duduk” diam di kulit akan terlepas dari kulit kita. Mencuci tangan dengan air hangat dan memakai sabun antibakteri memang tindakan preventif pencegahan virus. Tapi jika kamu nggak melembabkan kulit tangan kamu lagi, sama aja dengan menyiksa kondisi kulit tangan kamu.

Alhasil, kulit tangan jadi merah, kencang, kering, sedikit gatal, bahkan parahnya bisa membuat kulit iritasi dan pecah-pecah. Beruntung jika kamu bukan orang yang rentan terkena eksim. Buat mereka yang penderita eksim, ini justru semakin menyiksa. 

Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan supaya kulit kamu nggak jadi kering dan tetap lembap.

1. Gunakan sabun tangan yang lembut

DR.SOAP HANDWASH

Mencuci tangan dengan bahan antibakteri serta pembersih tangan berbasis alkohol bisa membuat kulit tangan jadi kering. Ada baiknya pilih sabun cuci tangan yang bisa membunuh bakteri namun bisa mengunci kelembapan pada kulit tangan kamu. Rekomendasi saya: Hand Wash dari dr. Soap ini. Tapi kamu bisa baca artikel khusus soal rekomendasi sabun cuci tangan dan sanitizer di sini.

2. Cuci dengan air hangat

HAND CREAM PENTING NGGAK SIH 6

Cuci tangan saja sudah otomatis bikin kulit tangan kering. Nah, mencuci tangan dengan air yang terlampau panas bisa membuat kulit tangan jadi lebih kering lagi. Atur suhu air di level sedang supaya nggak menyiksa kulit tangan kamu ya. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Sabun Cuci Tangan yang Bikin Kulit Tetap Lembut

3. Aplikasikan hand cream saat tangan sedang lembap

THE BODY SHOP WHITE MUSK HAND CREAM

Setelah mencuci tangan, jangan keringkan sepenuhnya. Ketika kondisi tangan masih sedikit lembab, inilah waktu yang tepat untuk mengaplikasikan hand cream ke tangan karena ia membantu untuk menyegel air di dalam kulit. Di masa-masa seperti ini ada baiknya untuk memiliki dan membawa hand cream pribadi di dalam tas atau meja kerja kamu ya.

Baca juga: 7 Hand Cream yang Bagus untuk Melembapkan Tangan Kering

Apakah tangan yang basah atau lembap bisa memindahkan kuman dengan mudah ke tangan yang kering? Menurut Philip M. Tierno, Ph.D., profesor klinis mikrobiologi dan patologi di NYU Langone Health, hal ini nggak perlu dikhawatirkan karena sebagian besar krim tangan menyerap dengan sangat cepat. Jadi selama kamu memberikan kesempatan hand cream sampai kering sempurna, ketika kamu memegang permukaan yang kotor, ini nggak melipatgandakan bakteri. Jangan biarkan rasa takut terkena kuman membuat kulit tangan jadi kering dan nggak pakai lotion. 

4. Cari krim tangan yang lebih thick

HAND CREAM PENTING NGGAK SIH 7

Bicara soal mengunci hidrasi, penting banget untuk mencari hand cream yang memiliki sifat oklusif, artinya yang melakukan “pekerjaan” hidrasi dengan sangat baik. Shari Marchbein, M.D., dermatologis dan asisten klinis profesor dermatologi di NYU School of Medicine, merekomendasikan untuk mencari hand cream dengan bahan-bahan seperti ceramides, petrolatum, dan dimethicone, yang dapat bertindak sebagai pelindung kulit agar skin barrier kamu bisa menyimpan air dan mencegah kemungkinan iritasi. Hand cream yang mengandung bahan-bahan humektan, seperti hyaluronic acid atau glycerin bisa memberi tambahan kadar  air ke kulit kamu.

5. Gunakan sesuatu yang lebih oklusif di malam hari

SENSATIA BOTANICALS WUNDERBALM

Di siang hari, kamu mungkin nggak menginginkan sesuatu yang terlalu tebal atau berminyak di jari-jari kamu. Nah, malam hari adalah kesempatan baik untuk menggunakan balm atau ointment oil seperti Vaseline Replairing Jelly, Lucas Papaw, atau Sensatia Botanicals Wunderbalm. Produk-produk ini bagus banget untuk menyegel kelembapan di kulit.

6. Kenakan sarung tangan saat mencuci

MELEMBAPKAN KULIT TANGAN KERING AKIBAT SERING CUCI TANGAN 3

Jika kondisi tangan kamu lagi kering, kamu harus meredakan dulu aktivitas yang bisa membuat kondisi keringnya kulit ini jadi makin parah, seperti mencuci piring atau membersihkan kuas makeup. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan sarung tangan khusus supaya nggak memperburuk kulit kering karena terkena sabun. 

Nah, semoga kulit tangan kamu tetap sehat ya walau semakin sering cuci tangan!

 

Foto: Freepik.com