banner-detik

peace of mind

7 Kebiasaan di Malam Hari untuk Bikin Hari Senin Jadi Menyenangkan

seo-img-article

Atur rutinitas malam dengan kegiatan yang santai dan bermanfaat, supaya hari Senin jadi lebih menyenangkan. Berikut ini kebiasaan di malam hari yang bisa kamu terapkan mulai sekarang.

Cukup lama nih saya punya kebiasaan saya di malam hari nonton Netflix terus sampai ketiduran. Bangun-bangun sudah tengah malam dan langsung deh buru-buru cuci muka dan sikat gigi, lalu kembali tidur sampai alarm berbunyi. Nggak heran ketika pagi hari buka mata, rasanya nggak fresh (kadang sakit kepala), terus menyesal kenapa tidur tengah malam. Siapa di sini yang kira-kira punya kebiasaan seperti ini? Karena ini jadi memengaruhi produktivitas ide dan performa kerja, saya mulai deh pelan-pelan mengubah kebiasaan di malam hari supaya paginya jadi lebih produktif (kayak dulu lagi). Para ahli sendiri meyakini bahwa kebiasaan di malam hari yang sehat itu salah satu self care terbaik lho. 

Baca juga: Ritual Kecantikan yang Bikin Tidur Nyenyak

Nah sebelum kita membahas kebiasaan di malam hari supaya semangat bangun pagi, perlu dicatat nih kalau rutinitas yang efektif ini harus memiliki dasar yang tepat, seperti tahu dulu soal jam tidur yang baik, konsumsi kafein yang pas, olahraga, dan durasi screen time yang tepat. Kalau kamu udah menjalani hal tersebut dengan baik, kamu bisa mulai mengatur rutinitas malam dengan kegiatan yang santai dan bermanfaat. Nah berikut ini kebiasaan di malam hari yang bisa kamu terapkan mulai sekarang.

1. Lakukan persiapan ringan untuk besok pagi

Pakai deh waktu malam hari kamu untuk mulai menyicil persiapan pagi kamu, seperti menyiapkan pakaian, loading coffee machine kamu (supaya paginya nanti kamu hanya tinggal pencet tombol on aja), atau bikin to-do list kerjaan yang akan dilakukan besok. Pada intinya sih, lakukan hal-hal yang bisa memangkas durasi siap-siap kamu sehingga pagi kamu bisa lebih santai dan positif. 

2. Hubungi seseorang 

BAHAYA SMARTPHONE

Saat sedang stres, kamu pasti cenderung melakukan hal-hal yang bisa menenangkan diri kamu seperti nonton TV, scrolling IG, belanja online, minum wine. Meskipun kegiatan ini bisa membantu, namun terhubung dengan orang lain (seperti sahabat atau pacar) bisa jadi cara lain yang membangkitkan mood. Cara ini membantu kamu agar kamu nggak merasa seorang diri.

3. Beres-beres

Emang kedengerannya kok malesin ya. Tetapi coba ingat lagi kembali deh, sooner or later this thing needs to get done at some point. Semakin sering kamu merapikan barang-barang yang tergeletak di kamar kamu, tumpukan barang tersebut akan berkurang dan kamar kamu juga akan makin enak dilihat. Nggak ada yang bikin kamu semangat bangun pagi kalau kamu liat kamar kamu bersih, atau wastafel kamu sudah terlihat rapi. Bye-bye dulu bad mood!

Nah hal yang sama juga berlaku nih untuk pekerjaan yang udah kamu tunda sejak dulu.  Semakin kamu menundanya, semakin lama deh kamu sampai ke goal kamu. Masa-masa awal emang berat, tapi jika kamu udah mempraktikkan ini dengan teratur, kamu sudah membentuk kebiasaan baik yang lama kelamaan kamu akan menganggapnya sebagai sebuah rutinitas. 

Baca juga: Alasan Kenapa Tidur Bisa Bikin Kulit Glowing

4. Berlatih membuat jurnal

Skincare Journal Female Daily

Dari sebuah artikel self development yang saya baca, saya ingat tip seorang terapis yang menyarankan untuk membiasakan diri untuk mengungkapkan hal yang kamu syukuri setiap hari.  Rasa syukur adalah salah satu cara kecil untuk kesehatan mental. Kenapa? Karena semakin kamu berusaha memperhatikan hal-hal yang kamu syukuri, kamu akan makin bangga dengan diri sendiri atas kerja keras itu. 

Jika ini baru pertama kalinya, mulailah dengan menuliskan satu hal yang kamu syukuri setiap malam. Dari hal yang kecil juga nggak apa-apa, seperti tadi akhirnya bisa hapus file di desktop laptop yang banyak itu. Lakukan hal ini rutin sebelum tidur dan pupuk hingga menjadi sebuah kebiasaan setiap malam. Bahkan untuk hal sesimpel kayak, “akhirnya nggak lupa lagi pakai eye cream” juga nggak masalah. Anya sempat bikin artikel menarik juga soal skincare journaling kalau memang kamu tertarik buat menuliskan cerita soal perjalanan skincare kamu.

5. Baca buku

Hehehe sebisa mungkin bukan baca caption temen-temen di Instagram yaah. Pada dasarnya, tujuan dari rutinitas malam hari adalah untuk melepas lelah dan membuat dunia jadi lebih kecil di malam hari (hanya kamu, kasur, dan selimut). Ini bisa membantu kamu untuk melepaskan diri dari dunia luar yang bikin stres. 

6. Pijat tubuh

twin ball facial massager

Nggak hanya berguna untuk membuat kamu merasa baik, tetapi juga membuat kamu untuk mengambil waktu sejenak untuk menghargai tubuh atas semua yang kamu kerjakan sepanjang hari. Cara kamu melakukan ini bisa bervariasi. Ini bisa dimulai dengan mengambil lotion aromaterapi favorit dan mengolesnya ke seluruh tubuh, atau memijat wajah dengan jade roller sesuai kebutuhan kamu. Lakukan apa pun yang bikin kamu relax! 

Affi juga sempat cerita tentang pentingnya memijat wajah. Buat kamu yang belum sempat lihat videonya, bisa cek di bawah ini.

7. Nikmati secangkir teh tanpa kafein

GREEN TEA

Secangkir teh yang baik adalah lebih dari sekadar segelas air teh aja. Untuk malam hari (setelah berjuang menempuh 2,5 jam perjalanan pulang kantor) saya suka minum decaf tea sebelum tidur. Minuman ini kayaknya selalu berhasil bikin saya lebih relax dan menyiapkan tubuh dan pikiran saya untuk menikmati kasur hingga tertidur.

 

Mudah-mudahan 7 cara yang saya sebutkan di atas bisa membuat hari Senin esok jadi lebih menyenangkan dan produktif ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment