banner-detik

beauty school

Ritual Kecantikan Untuk Bikin Tidur Nyenyak

seo-img-article

Seharian beraktivitas seringkali meninggalkan efek lelah dan suntuk pada tubuh. Agar tidur malam lebih berkualitas, tak ada salahnya untuk melakukan beberapa ritual sebelum tidur berikut ini supaya tubuh lebih relaks.

 

Kemacetan, deadline pekerjaan, dan aktivitas harian lainnya yang begitu banyak seringkali menjadi penyebab tubuh terasa pegal di sana-sini. Nggak nyaman banget kalau setelah beraktivitas tubuh ini masih terasa tegang. Parahnya, kondisi ini juga mempengaruhi kualitas tidur nyenyak saya. Mulai dari memicu insomnia sampai tidur pun nggak tenang karena tubuh kelelahan. Oleh karena itu, kali ini saya mau berbagi sedikit ritual yang bisa dilakukan sebelum tidur yang bikin tubuh relaks. Apa saja sih? Simak selengkapnya, yuk!

Baca juga: Alasan Kenapa Tidur Bisa Bikin Kulit Lebih Sehat

lulur

1. Luluran

Terima kasih untuk pencetus lulur kemasan. Karenanya, kita jadi mudah untuk merawat kulit tubuh dan tentunya bisa membantu membuat tubuh relaks setelahnya. Luluran di malam hari setelah beraktivitas seharian bisa menjadi sarana me time yang sederhana. Saya sendiri rutin melakukan ritual ini hampir seminggu 3 kali lho! Dan, efeknya beneran membuat tubuh lebih segar. 

 Baca juga: Lulur, Ritual Kecantikan Alami Indonesia

Biasanya saya memanfaatkan lulur dengan wewangian manis atau floral seperti Sariayu Eksotika Tanjung untuk ritual yang satu ini. Wangi bunga dan rempahnya mengingatkan saya pada wewangian lulur ala keraton yang relaxing banget itu. Teksturnya yang tidak pekat dan scrubnya yang halus membuat lulur ini jadi pilihan saya untuk dipakai seminggu 2 hingga 3 kali. Kulit yang lembut dan wangi setelah luluran rasanya membuat tubuh lebih relaks serta siap untuk tidur nyenyak. 

GIRL-TAKE-A-SHOWER - Copy

2. Tidur Nyenyak Dengan Mandi Air Hangat

Kalau pulang terlalu larut dan sudah ngantuk, mandi air hangat bisa jadi pilihan cepat untuk relaksasi sejenak dan bikin tidur nyenyak. Part favorit saya adalah saat berdiri di bawah shower dengan guyuran air hangat suam-suam kuku. Begitu air mengguyur tubuh, rasanya otot melemas dan jadi relaks. Aktivitas mandi air hangat ini memang nyaman di tubuh, tetapi sebaiknya diikuti dengan penggunaan body care yang fokus melembapkan kulit. Pasalnya, kulit kita akan menjadi kering bila mandi dengan air hangat. Saya sendiri rutin menggunakan lotion dari Love Beauty & Planet yang lavender sesudah mandi air hangat. Lotion ini benar-benar berfungsi bagus untuk melembapkan kulit tubuh dan wangi lavendernya relaxing.

Baca juga: Trik Buat Bikin Tidur Lebih Nyenyak

sheet mask

3. Sheet Masking

Sheet masking sepertinya layak untuk dimasukkan dalam ritual sebelum tidur yang bikin tubuh relaks. Merawat kulit wajah di malam hari memang paling santai, jadi lebih bisa dinikmati karena nggak buru-buru. Sambil leyeh-leyeh, saya sendiri senang sekali menggunakan sheet mask sambil dipijat dengan jade roller. Efeknya tidak hanya tubuh yang relaks, tetapi kulit wajah juga lebih ternutrisi.

Baca juga: Sheet Mask Untuk Kulit Bermasalah

Tiga ritual tersebut memang menjadi andalan saya untuk relaksasi sebelum tidur. Pastinya kamu juga punya ritual andalan untuk melepas ketegangan setelah tubuh beraktivitas seharian. Yuk, share ritual andalanmu juga!

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment