5 Alasan Kenapa Tidur Cukup Bikin Kulit Sehat

Siapa yang sering begadang nungguin online sale tengah malam, lalu berlindung dengan alasan insomnia saat wajah terlihat kusam dan jerawat bermunculan? Hayooo, ngaku! Jangan dianggap enteng ya, karena ‘sleeping beauty’ nggak cuma ada di cerita Disney, it’s real.

Tidur adalah salah satu kegiatan paling bermanfaat untuk tubuh. Gimana nggak? Saat tidur tubuh kita beristirahat dan memperbaiki sel-sel yang rusak termasuk pada kulit, rambut, dan kuku. Kalau kurang tidur selain melewatkan hal tersebut bisa meningkatkan produksi hormon kortisol yang ujung-ujungnya meningkatkan stress dan inflamasi meradang yang bisa berpengaruh pada kulit, termasuk penderita atopik dermatitis dan psoriasis, seperti yang dikutip dari Jessica Krant, MD, MPH, founder Art of Dermatology New York.

Nah, berikut ini beberapa alasan lainnya kenapa kita perlu “Beauty Sleep” untuk menjaga kulit tetap sehat.

Beauty Sleep Female Daily

Produksi Kolagen Terjadi Saat Tidur

Patricia Wexler, MD, seorang dermatologist di New York mengatakan tidur adalah saatnya untuk perbaikan diri termasuk memproduksi kolagen baru yang dapat membuat kulit lebih kenyal, dan mencegah kulit gampang kendur. Tidur 5 jam semalam dapat menggandakan risiko munculnya garis halus dibandingkan dengan tidur 7-9 jam semalam.

Kurang Tidur Mempercepat Proses Penuaan

Dari sebuah studi penelitian terhadap 60 wanita sehat dengan beragam kualitas tidur ditemukan bahwa wanita yang cukup tidur dinyatakan rendah level internal aging-nya dibandingankan dengan yang kualitas tidurnya kurang baik. Nah, yang menarik lagi kelompok yang kurang tidur memiliki tingkat transepidermal water loss (TEWL) cukup tinggi, ini artinya tingkat penguapan air dari kulit cukup tinggi dan bisa berpengaruh pada kekuatan skin barrier.

Beauty Sleep Female Daily

Dapat Mengatasi Kantung Mata

Doris Day, MD, clinical associate professor of dermatology dari New York University Langone Medical Center mengatakan bahwa kantung mata, lingkaran hitam rentan terjadi saat kurang tidur karena peredaran darah tidak lancar dan mudah terlihat karena kulit di area mata kita sangat tipis. Kalau nggak dipengaruhi oleh faktor genetik, kantung mata dan lingkaran hitam bisa dikendalikan dengan memperbaiki pola tidur secara konsisten. Ini sudah saya buktikan sendiri dan sampai sekarang kantung mata saya jauh lebih segar, daripada dulu saat masih hobi lembur! :D

Good Mood = Produktif

Istirahat cukup selain bikin tubuh kembali fresh, juga bisa bikin good mood seharian. Pastinya ini jadi fuel kamu untuk produktif sepanjang hari. Pernah dong ngerasa cranky karena kurang tidur semalam dan alhasil di kantor jadi nggak semangat, kerja jadi nggak maksimal, ugh nggak banget deh. Obatnya? Ya, tidur cukup.

Beauty Sleep Female Daily

Tidur Itu Gratis

Ssttt.. Kita bisa mengalokasikan budget beli skincare, treatment ke klinik kecantikan tanpa berpikir panjang karena ngerasa wajib dan nggak bisa ditawar. Tapi seringkali kita mengabaikan tidur sebagai treatment kecantikan gratis dari Tuhan yang nggak cuma bermanfaat untuk penampilan tapi keseimbangan tubuhMasa iya nggak kita manfaatkan?

Di sisi lain, saya mengangguk setuju kalau ada yang bilang zaman sekarang tidur nggak se-simple dulu saat kita masih kecil, nggak perlu mikirin tugas kuliah dan deadline kantor. However, sebisa mungkin yuk kontrol jam tidur 7-9 jam setiap malam dan jadikan itu prioritas kamu. Pasti bisa!