banner-detik

makeup

Tutorial Makeup Natural Chinese New Year 2020!

seo-img-article

Teman-teman yang merayakan Chinese New Year atau sincia, pasti tahu kalau persiapan yang dilakukan sebelum perayaan banyak banget. Mulai dari potong rambut, beli baju baru, gunting kuku, dan masih banyak lagi! Bahkan, beberapa teman saya sudah sibuk antri buat eyelash extension dan nail art dari jauh-jauh hari, demi merayakan Chinese New Year. Karena bagi beberapa kaum Chinese, hari raya ini adalah hari raya penuh sukacita, makanya semuanya harus all out!

Nggak cuma persiapan sebelum sincia, persiapan di hari H juga nggak kalah ribetnya. Biasanya, budaya yang dilakukan adalah kumpul-kumpul keluarga sambil menggunakan ceongsam, pakaian khas adat China, dan bagi-bagi angpau! Nah buat kumpul-kumpul keluarga CNY, biasanya saya suka look yang natural tapi tetep decent untuk perayaan. Biar nggak terlalu ‘heboh’, berhubung baju ceongsam udah cukup heboh. Penasaran gimana look-nya? Liat yuk, tutorial look-nya!

 Complexion

chinese new year look

Let’s start with the complexion. Foundation yang saya gunakan adalah Clinique Even Better Refresh Foundation, foundation favorit saya sejauh ini. Formulanya yang dewy tapi cepet set, cocok banget buat kamu yang punya tipe kulit normal to dry skin. Coverage-nya full, super easy to blend, tapi terasa ringan banget di kulit. Buat nge-set complexion-nya, saya gunakan Chanel Poudre Universelle Libre, kemudian dilayer dengan Hourglass Ambient Lighting Palette. Combo dari kedua produk ini bagus banget buat bikin glass skin complexion. Can you see that natural glow? 

Eye Makeup

DSCF3674

Baca juga: Friday Fragrance: Zara Cologne 9.0

Sebelum memulai eye-makeup look apapun, saya selalu prep terlebih dahulu bagian mata dengan menggunakan Urban Decay Primer Potion Minor Sin. Eye primer ini memberikan hint of shimmer di bagian brow bone, jadi tulang alis kelihatan lebih pop! Produk ini juga ngebantu eyeshadow shimmer atau glitter jadi lebih nempel, lho. Pengaplikasiannya tinggal di-swipe dengan menggunakan aplikator, kemudian di tap-tap dengan menggunakan jari manis supaya lebih merata.

DSCF3684

Next, pilih warna eyeshadow matte light brown apapun yang kamu punya, sebagai base color untuk eyeshadow kamu. Eyeshadow palette yang saya gunakan adalah 3CE Mood Recipe Multi Eye Color Palette #Overtake. Palette  favorit saya yang saya beli waktu trip ke Korea! Gunakan brush kecil untuk mengaplikasikan eyeshadow, supaya lebih mudah dibaur.

DSCF3688

Aplikasikan ke bagian eyelid dengan tapping motion. Semakin tinggi kamu mengaplikasikan eyeshadow-nya, maka matamu akan semakin terlihat besar. Batas pengaplikasian eyeshadow, biasanya sedikit di atas eyelid, tapi masih di bawah brow bone. But you can always do it however you like!

DSCF3710

DSCF3695

Next, to add a hint of shimmer, tambahkan warna eyeshadow shimmer yang partikel glitter-nya cukup besar agar terlihat lebih cerah. Bagian ini optional sih, kamu yang nggak suka sama shimmer eyeshadow, bisa skip part ini! Sedikit tips, untuk mengaplikasikan eyeshadow shimmer, biasanya saya menggunakan jari manis yang udah disemprot dengan Studio Tropik Flawless Priming Water. Cobain deh trik ini! Warna shimmer yang keluar akan lebih pigmented, lebih nempel, dan less fallout!

DSCF3714

Aplikasikan ke bagian eyelid, tepat di atas eyeshadow matte yang sudah kamu aplikasikan sebelumnya, dengan swiping motion. Pelan-pelan ya! Kamu pasti nggak mau glitter-nya berantakan kemana-mana, kan?

DSCF3724

Berhubung saya suka banget eyeshadow yang bikin efek mata jadi lebih panjang, saya gunakan brush dengan ujung yang lancip, kemudian menambahkan eyeshadow berwarna dark brown, ke bagian ujung mata untuk memperpanjang bayangan lipatan mata. Lakukan gerakan swipe di daerah outer corner mata selama beberapa kali, supaya hasilnya lebih merata. Kalau ingin lebih tegas, tambahkan pencil liner berwarna cokelat untuk menambah bayangan. Eyeliner cokelat yang saya sering gunakan adalah 3CE Super Slim Waterproof Eyeliner warna dark brown.

 DSCF3731

Next, jepit bulu mata, kemudian tambahkan maskara. Jepit bulu mata yang digunakan adalah Shu Uemura Eyelash Curler, best eyelash curler ever! Sedangkan maskara yang jadi andalan saya adalah L’Oreal Lash Paradise. Aplikasikan dengan gerakan zig-zag dari akar bulu mata ke atas.

DSCF3735

DSCF3742

Baca juga: Glowing Sepanjang Hari di “Hydrate All Day with Hada Labo”

Tambahkan sedikit bayangan di bagian bawah mata, dengan menggunakan eyeshadow  berwarna dark brown. Gunakan brush yang pipih, supaya lebih mudah pengaplikasiannya. Eyeshadow di bawah mata dapat memberikan efek matamu lebih besar.

DSCF3768

This one is also optional. Kalau kamu ingin memberi efek mata kamu lebih ‘kebuka’, kamu bisa gunakan pencil eyeliner warna nude. Bukan putih ya, nude! Eyeliner nude di waterline, akan jauh lebih natural dibandingkan dengan warna putih. Pencil liner nude yang saya gunakan adalah Shu Uemura Cover Crayon.

DSCF3771

Blush

Next, add a little bit of a blush. Blush favorit yang sering saya pakai adalah NARS Orgasm blush, blush yang sempat jadi pemenang award BOBA Female Daily! Aplikasikan dengan menggunakan blush brush kemudian di dab-dab di bagian apple of cheeks, hingga ke bagian pipi belakang dekat telinga. Karena formula dari blush ini sudah sangat pigmented, a little goes a long way!

DSCF3778

Lips

As for the finishing touch, lipstick! Supaya bibir nggak kering, saya tambahkan 3CE Pot Lip untuk prep, kemudian dab a hint of red dari Shu Uemura x Yazbukey lipstick shade RED. Supaya agak sedikit glossy, saya tambahkan Fenty Beauty Gloss Bomb, as a finishing touch. Tapi kalau soal lipstick, kamu bisa aplikasikan lipstik favorit apapun dari koleksimu!

DSCF3789

DSCF3801

DSCF3805

Baca juga: 3 Lipstik Merah Bagus Untuk Imlek

And, there you go! Your chinese new year look. Simple but goes a long way! Nggak susah kan ngikutinnya? Look ini terinspirasi dari makeup look Chinese girls, yang lebih fokus dengan complexion, with minimum eye makeup-look. Pssst… Kalau kamu sadar, produk-produk yang saya gunakan juga kebanyakan merupakan pemenang dari BOBA Female Daily lho! Ada produk yang kamu pakai juga?

DSCF3863 DSCF3821

Gimana menurut kalian? Ada yang udah nggak sabar bikin look ini di CNY besok? Share di komen ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment