skin care

Panduan Memilih Skincare untuk Remaja yang Aman

seo-img-article

perawatan-20bibir-20untuk-20remaja-20-20fd-20girls-2e75-640x360-00015

Tidak sulit untuk mendapatkan informasi tentang perawatan kulit. Sayangnya, semakin mudah akses pada informasi, semakin banyak pula informasi yang salah tentang perawatan kulit beredar. Terutama untuk para remaja yang masih newbie dalam hal skincare.

Sepuluh tahun lalu sewaktu saya duduk di bangku SMA, tren perawatan kulit tidak se-hype sekarang. Jangan salah, standar kecantikan saat itu tetap ada. Salah satunya, cewek cantik harus putih dan nggak berjerawat. Karena itulah, remaja yang pikirannya masih tanggung dan newbie akan dunia skincare ini jadi mudah tergiur oleh iming-iming klaim produk yang katanya bisa memutihkan serta mengatasi jerawat secara instan. Nggak heran kalau waktu itu krim perawatan kulit abal-abal beredar dan jadi primadona. Duh, kalau diingat-ingat rasanya ngeri! 

Lain dulu lain sekarang. Saya termasuk remaja yang beruntung kala itu karena tidak pernah mencoba krim tidak jelas tersebut. Namun, ketakutan yang berlebihan sempat membuat saya enggan menggunakan skincare. Jadi bukannya kulit dirawat, tapi justru dibiarkan saja walaupun kucel hasilnya. Skincare untuk remaja bukanlah sebuah hal yang populer pada waktu itu.

Baca juga: Kalau Balik Jadi Remaja, Ini Hal yang Akan Saya Lakukan

Mungkin hal yang saya alami dulu juga sedang kamu alami sekarang.  Rasa takut salah pilih produk skincare hingga takut ketergantungan akan sebuah produk, membuat tips DIY skincare menggunakan aneka bahan makanan atau bahan natural tampak menggiurkan. Padahal bahan makanan yang aman dikonsumsi tidak selalu baik untuk dijadikan bahan perawatan kulit. Beberapa alasan kenapa kita harus berhati-hati pas mau bikin DIY skincare juga sempat saya tulis kemarin. So, kalau kamu remaja dan masih bingung memilih skincare yang aman, yuk merapat kita bahas bersama. 

 skincare remaja

Pilih Skincare Drugstore atau Minimarket

Kalau kamu remaja dan nggak mau spending money terlalu besar untuk skincare, it’s ok itu nggak jadi masalah. Saat ini ada banyak banget brand skincare yang merilis produk perawatan kulit dengan harga ramah kantung. Bila kamu bingung menentukan skincare apa yang murah dan aman, maka nggak ada salahnya melirik skincare yang dijual di drugstore atau minimarket. Ada banyak banget pilihannya, tinggal kamu sesuaikan dengan kebutuhan saja. Kalau kalian butuh beberapa rekomendasi brand nya, Arinda juga sempat bahas di video berikut ini.

Baca juga: Rekomendasi Skincare Lokal Untuk Remaja 

Pastikan Terdaftar BPOM

 skincare remaja

Saat membeli skincare sebaiknya kita nggak malas untuk membaca penjelasan produk di kemasannya dan juga melirik nomor registrasi BPOM-nya. Kalau kamu ragu karena nama brand-nya asing, yuk gunakan smartphone di genggamanmu untuk cek nomor registrasi BPOM tersebut di situs website resmi BPOM. Produk-produk skincare yang sudah lulus uji BPOM tentunya sudah aman untuk digunakan. Misal ternyata nggak cocok, alasannya bukan karena produknya mengandung bahan bahaya melainkan ada kemungkinan komposisinya bertentangan dengan kondisi kulitmu. Sudah banyak banget kok skincare untuk remaja yang sudah lolos BPOM dan kualitasnya bagus.

Baca juga: Remaja Harus Sudah Mulai Peduli Akan Beauty! 

Hindari Bereksperimen dengan DIY Skincare

DIY skincare mungkin menggunakan bahan natural, mungkin juga jauh lebih murah. Namun, apakah kita bisa memastikan kandungannya tidak terlalu kuat atau harsh untuk kulit? Atau bisakah kita memastikan semua proses pembuatannya higienis? Bila jawabannya tidak, maka daripada eksperimen dengan DIY Skincare sepertinya akan lebih aman memilih produk drugstore atau minimarket yang sudah jelas diproduksi oleh brand terpercaya dan juga melewati proses uji lab. 

Atau bila memang ingin menggunakan DIY skincare untuk merawat kulit, sebaiknya kita nggak malas untuk mencari tahu bahan yang benar-benar aman. Selain itu, penting juga untuk selektif menerima informasi tips DIY skincare. Jangan sampai mudahnya mengakses informasi membuat kita dengan mudahnya mengikuti saran sesat untuk menggunakan bahan makanan atau bahan natural sebagai skincare. Kalau kamu pingin tahu lebih detail tentang bahaya DIY skincare, Ochell sepertinya menjelaskan dengan cukup mendalam di video Skincare 101 ini.

 

Panduan sederhana ini mudah-mudahan bisa membantumu menemukan produk skincare yang aman bagi kulit untuk jangka panjang. So, kalau kamu merasa artikel ini bermanfaat feel free to share it on your social media ya!

 

ernykurnia14

ernykurnia14

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment