banner-detik

beauty school

Gimana Cara Punya Kulit Lebih Sehat Menjelang Tahun Baru?

seo-img-article

agar kulit sehat menjelang tahun baru -Arum (4)

Begini cara menjaga kulit, agar bisa tampil sempurna saat tahun baru!

Sudah masuk bulan Desember nih! Berarti sudah ada rencana liburan atau year end party dong? Meskipun ini masih awal Desember, nggak ada salahnya lho mempersiapkan kulit dari sekarang. Jadi nanti pas menyambut Natal dan Tahun Baru, kulit kita sehat dan penampilan lebih paripurna.

Kalau buat saya, menjaga kulit dari awal bulan ini penting banget. Karena justru di bulan Desember ini, biasanya pekerjaan saya lebih banyak. Selain itu, juga saya biasanya berusaha menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan saya di awal dan tengah bulan, agar akhir tahun saya bisa liburan dengan tenang. Alhasil saya jadi sering begadang dan skip workout deh. Seringkali hal ini bikin kulit saya breakout dan kering.

Nah, untuk menghindari kulit “mengamuk” sebelum year end party, ini adalah beberapa cara yang biasa saya lakukan:

1.  Pakai staple skincare product

Iya, saya tahu banget kalau menjelang tutup tahun begini, banyak brand yang merilis produk-produk baru, termasuk produk skincare. Tapi di saat-saat penting begini, mendingan menghindari dulu coba-coba produk baru yang kita belum tentu cocok dengan formulanya. Belanja sih tetep jalan, karena pasti banyak diskon dan promo. Tapi, simpan dulu ya produknya untuk tahun depan :D.

Sebaiknya kamu pakai produk-produk yang memang sudah terbukti cocok di kulit selama ini. Selain menghindari breakout, hasilnya juga sudah jelas kan? Jadi kita tahu pasti nanti di akhir tahun kulit kita dalam kondisi yang prima.

Baca juga: Skincare Basic Yang Wajib Kamu Punya

2. Minimalisir penggunaan makeup

Mengurangi pakai makeup ini pengaruh banget lho untuk kesehatan kulit. Karena memang sejak saya nggak pakai foundation dan concealer untuk sehari-hari, kulit saya jauh lebih sehat dan bebas masalah. Jadi sebisa mungkin saya sarankan untuk meminimaisir penggunaan makeup dulu. Misalnya, kalau biasanya memakai foundation, mungkin bisa skip dulu dan langsung menggunakan bedak tabur saja untuk sehari-hari.

Tapi kalau kamu harus banget pakai makeup karena tuntutan pekerjaan, bisa mengganti makeup dengan formula yang lebih ringan. Misalnya kalau biasanya memakai foundation full coverage, bisa diganti dengan tinted moisturiser atau cushion yang lebih ringan di kulit. Penggunaan bedak padat yang berat dan menyumbat pori juga bisa diganti dengan bedak tabur yang ringan dahulu.

Baca juga: 3 Foundation Ringan Dari Drugstore

 agar kulit sehat menjelang tahun baru -Arum (3)

3. Rajin eksfoliasi dan maskeran

Rajin mengeksfoliasi kulit dan memakai masker yang melembapkan, adalah cara praktis untuk mengembalikan kelembapan dan kekenyalan kulit. Saya seminggu dua kali memakai AHA toner, dan juga memakai masker dengan kandungan-kandungan yang menutrisi dan melembapkan kulit. Biasanya saya menggunakan face oil dan sheet mask. Karena saya bekerja dari rumah saja, jadi saya nggak masalah bekerja sambil memakai sheet mask.

Tapi kalau kamu tidak ingin memakai sheet mask yang sekali pakai, bisa pilih wash off mask atau sleeping mask yang juga banyak tersedia di pasaran.

Baca juga: 3 Jenis Masker Wajah Wajib Punya

4. Hidup sehat

Mungkin kedengarannya klise, tapi banyak minum air putih, perbanyak asupan buah dan sayur, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup akan membuat badan kita lebih sehat, dan kulit juga secara otomatis terlihat lebih sehat lho! Oh iya, kalau dirasa perlu, mengonsumsi suplemen khusus untuk kesehatan kulit juga nggak ada salahnya kok. Pilih suplemen yang aman, atau kalau bisa konsultasikan dulu ke dokter kulitmu ya.

Baca juga: 3 Cara Mendapatkan Kulit Sehat Selain Pakai Skincare

 

Kalau tips di atas dilakukan, kulit lebih sehat saat liburan Tahun Baru bisa jadi milik kamu! Berlibur ke mana pun jadi tetap percaya diri kan?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment