3 Jenis Masker Wajah Wajib Punya

Masker wajah hadir dalam berbagai macam seperti clay mask, hydrating mask, sleeping mask, sheet mask dan bahkan belakangan ini hadir juga rubber mask. Karena banyaknya variasi masker wajah di pasaran, kali ini saya mau membahas mengenai 3 face mask yang harus kamu miliki. Semoga artikel ini dapat membantu kamu mencari face mask yang tepat untuk masalah kulit kamu ya!

Sekedar disclaimer, saya mempunyai jenis kulit yang oily dan acne-prone, tapi saya tidak bias ya, rekomendasi masker-masker berikut bukan untuk yang punya oily skin saja lho. Semoga bermanfaat!

1. Clay Mask

Masker pertama adalah clay mask. Saya tahu clay mask itu terkenal drying, tapi sebenarnya nggak semua clay mask, lho. Fungsi dari clay mask adalah untuk menyerap minyak berlebih yang ada di kulit sampai ke dalam pori-pori, sehingga dapat mencegah jerawat. Perlu diingat bahwa clay mask nggak bisa men-detoks kulit kamu. Clay mask hanya menyerap minyak-minyak berlebih saja. Meskipun clay mask ditargetkan untuk orang-orang dengan jenis kulit oily, combination dan acne-prone, tetapi orang dengan jenis kulit kering dan acne prone juga boleh menggunakan clay mask.

Jika kulit kamu berminyak, cari clay mask yang menggunakan bentonite clay, tapi jika kulit kamu lebih ke arah kering, pilih clay mask yang mengandung kaolin karena bentonite clay mempunyai daya serap lebih tinggi dibandingkan kaolin clay.

Ketika menggunakan clay mask, perhatikan juga instruksinya ya, karena clay mask menyerap sebum dari kulit kamu, apabila clay mask dibiarkan terlalu lama di wajah, maka wajah anda bisa kering.

Salah satu clay mask favorit saya adalah Origins Original Skin Retexturizing Mask with Rose Clay. Clay mask ini menggunakan kaolin sehingga nggak terlalu kering di kulit. Saya juga suka The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask, yang ini juga mengandung kaolin, tetapi juga mengandung tea tree oil, jadi cocok dipakai ketika kulit sedang berjerawat.

Baca juga: Masker Bagus untuk Kulit Berjerawat

2. Hydrating Mask

Masker kedua adalah hydrating mask. Hydrating mask bisa digunakan oleh siapa saja dengan jenis kulit apa saja. Hadir dalam berbagai macam bentuk (sheet mask, cream mask, gel mask, dan lain-lain), hydrating mask tujuannya adalah untuk melembabkan kulit yang members hasil seperti kulit lebih halus, lebih plumpu dan glowing. Apapun jenis kulit kamu, hidrasi pasti akan selalu dibutuhkan.

Masker hydrating

Hydrating mask kebanyakan mengandung humectant seperti hyaluronic acid dan glycerin untuk menarik air dari seminar kedalam kulit, beberapa hydrating mask juga mengandung oil untuk membantu melembabkan kulit.

Sama seperti clay mask, gunakan hydrating mask sesuai instruksinya, kemudian bilas. Jika hydrating mask pilihan kamu adalah sheet mask, saya sarankan untuk melepas sheet mask tersebut setelah waktu yang direkomendasikan (biasanya 20 menit), karena kalau sheet mask-nya sudah kering, maka sheet mask tersebut malah akan menyerap kelembapan dari wajah kamu. Jadi, nggak perlu lama-lama ya!

Baca juga: Review Holika Holika Pure Essence Mask Sheet

Saya punya banyak hydrating mask, dan beberapa favorit saya adalah Fresh Black Tea Instant Perfecting Mask dan sheet mask bernama Papa Recipe Bombee Honey Mask.

3. Sleeping Mask

Masker terakhir adalah sleeping mask. Sleeping mask adalah masker yang kamu gunakan saat kamu tidur. Sleeping mask merupakan cara yang efektif jika kamu terlalu sibuk untuk maskeran dan pampering. Sleeping mask, setelah diaplikasikan, membentuk suatu barrier yang mengunci kelembaban saat kamu tidur. Semua jenis kulit boleh menggunakan sleeping mask, tetapi orang-orang dengan kulit kering yang memerlukan hydration ekstra biasanya yang paling menyukai sleeping mask.

SLEEPING MASK

Pilihlah sleeping mask yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk yang mempunyai jenis kulit berminyak mungkin boleh mencoba sleeping mask yang lebih seperti gel, sedangkan yang punya kulit kering bisa memiliki yang lebih thick atau creamy.

Karena jenis kulit saya berminyak, saya suka sleeping mask dari Laneige dan juga COSRX (Ultimate Nourishing Overnight Mask), tapi ada juga sleeping mask yang dirancang untuk kulit yang lebih kering, atau bahkan yang mengandung bahan anti-aging. Jadi, seperti skincare lainnya, memilih masker  juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing ya. Selamat mencoba!