3 Cara Mendapatkan Kulit Sehat Selain Pakai Skincare

Ada tiga cara mendapatkan kulit sehat selain pakai skincare yang sangat berpengaruh. Sayangnya, tiga hal ini terkadang dilupakan oleh orang-orang.

Tren dan arus informasi skincare yang terjadi saat ini, memang membuat banyak orang jadi lebih paham mengenai perawatan kulit. Sebenarnya ini tren yang bagus, sih. Orang-orang mulai paham bagaimana membaca ingredient produk skincare, sehingga nggak termakan klaim-klaim surga suatu produk. Pengaplikasian skincare setiap harinya juga kemudian jadi suatu kebiasaan. Rasanya seperti ada yang kurang kan, kalau nggak pakai skincare satu malam saja. Jangankan satu malam nggak pakai skincare, lupa satu step skincare saja rasanya seperti tersugesti kalau kulit kita kurang asupan nutrisi :D.

 

Baca juga: Efek Samping Banyaknya Nutrisi Tentang Skincare

 

Tapi ada beberapa hal selain skincare, yang juga berpengaruh terhadap kondisi kulit, lho. Jangan sampai kita terlalu fokus kepada produk-produk skincare, tapi malah lupa terhadap beberapa hal yang juga penting untuk kulit.

 

makeup-1289325_1280

Image: www.pixabay.com

 

1. Kebersihan Alat-Alat Makeup

Sudah mencoba berbagai skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat yang mahal-mahal, tapi jerawat masih datang? Coba lihat dulu kuas-kuas makeup-mu. Apakah sudah dicuci dengan rutin dan disimpan dengan baik? Percuma kan, sudah rutin double cleansing dan pakai skincare berlapis-lapis, tapi kemudian wajah ditempeli lagi dengan kuas dan spons kotor yang nggak pernah dicuci.

Kuas-kuas makeup yang kita pakai, sebaiknya rutin dicuci seminggu sekali. Untuk kuas foundation, concealer, dan beauty blender, sebaiknya dicuci setiap sekali pakai. Foundation itu kan teksturnya cair. Kuas yang lembap karena terkena foundation, akan lebih mudah menjadi sarang bakteri. Jadi harus selalu kita cuci setiap kali habis digunakan.

Selain kuas-kuas makeup, jangan lupa juga untuk rutin membersihkan rambut, sarung bantal, layar handphone, tangan, dan semua benda yang sering bersentuhan dengan kulit muka setiap harinya. Paling gampang sih selalu bawa tisu basah kemana pun kita pergi, untuk membersihkan benda-benda yang akan menempel di muka kita.

 

Baca juga: 3 Produk Beauty Yang Jarang Dibersihkan Namun Wajib

 

 
makan salad-14

2. Makanan Sehat

Orang seringkali lupa, kalau kulit termasuk bagian dari tubuh juga. Jadi nutrisi dari makanan yang kita makan, manfaatnya akan diserap juga oleh kulit kita. Kalau makanan kita nggak sehat, kulit juga tidak akan mendapat nutrisi yang cukup, meskipun sudah dibantu dengan skincare dari luar tubuh. Kurang minum, juga bisa membuat kulit kita kering dan kusam karena dehidrasi.

Kalau soal makanan sehat ini, saya betul-betul mengalami. Beberapa bulan yang lalu, saya tinggal di Jakarta. Dan karena kesibukan, saya jadi sering makan junk food dan mie instan yang cepat dan praktis. Sejak di Jogja, saya jarang sekali makan junk food, karena di rumah hampir selalu tersedia masakan rumahan yang sehat. Saya juga punya waktu lebih untuk memasak makanan sehat saya sendiri. Walaupun skincare saya nggak banyak berubah, namun kondisi kulit saya jelas sangat mengalami perubahan. Kulit saya terlihat lebih cerah, lembap, dan jarang sekali berjerawat.

Dari pengalaman tersebut saya sadar, asupan nutrisi dari dalam tubuh, sama pentingnya dengan mengoleskan skincare ke kulit kita.

 Olahraga Berlebihan Bisa Bikin Penuaan Dini

3. Olahraga

Sekali lagi, kulit adalah bagian dari tubuh. Kita nggak akan bisa dapat kulit yang sehat, kalau tubuh kita nggak sehat. Olahraga dapat membantu memperlancar peredaran darah, membuang kotoran dan racun yang menyumbat pori-pori, meningkatkan metabolisme sel kulit, membuat kulit lebih sehat bercahaya, dan lebih awet muda.

 

Nah, mulai sekarang jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, makan makanan sehat dengan gizi seimbang, dan juga berolahraga, ya. Agar perawatan kulit yang sudah kita lakukan dengan menggunakan produk-produk skincare tidak menjadi sia-sia.