5 Kesalahan Pakai Peel-off Mask yang Perlu Kamu Tahu

KESALAHAN SAAT MEMAKAI PEEL-OFF MASK

Apapun jenis kulit kamu, baik kering, kombinasi, atau berminyak, selalu ada masker yang sesuai.

Tapi, ada beberapa perbedaan khusus untuk jenis peel-off mask yang mesti kamu perhatikan nih, karena ada kemungkinan kamu salah menggunakannya selama ini. Entah itu lupa mengatur timer, terlalu banyak menggunakan produk, atau memilih formula yang salah. Jangan khawatir, saya akan membahasnya di sini, berikut di antaranya beberapa kesalahan pakai peel-off mask yang perlu kamu ketahui.

Memakai Terlalu Sering

Iya, iya. Ada kepuasan tersendiri ya rasanya saat mengelupas peel-off mask. Sebenarnya menggunakannya terlalu sering merupakan kesalahan pakai peel-off mask yang paling umum dilakukan, apa pun jenis kulitnya. Jika kamu tidak memberikan jeda beberapa hari, kamu mungkin akan mengalami kulit kering yang berlebihan, iritasi, dan pori-pori tersumbat lho. Saran para ahli? Batasi saja hingga tidak lebih dari sekali seminggu ya!

Baca juga: Bikin Kulit Cerah dan Kencang, Ini Masker yang Harus Kamu Coba!

the-body-shop-superfood-mask-masker

Tidak Menggunakan yang Tepat Untuk Jenis Kulit

Saat masuk ke beauty store, memang sih besar banget godaan untuk pilih dan beli beberapa peel-off mask. Menemukan masker yang tepat untuk jenis kulit bisa menjadi tugas yang menakutkan apalagi jika kamu tinggal asal pilih aja. Padahal, kalau kamu memiliki kulit kering, kamu perlu mencari masker yang memiliki kandungan hyaluronic acid atau glycerin. Sementara untuk kulit berminyak akan mendapatkan banyak manfaat dari masker dengan kandungan clay atau charcoal. Sedikit moral of the story: jangan buru-buru dan lapar mata saat memilih dan mengisi beauty cart di toko ya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Masker untuk Kulit Kombinasi

Kamu Meninggalkannya Terlalu Lama

Bisa dimengerti. Kelemahan peel-off mask adalah kamu punya kecenderungan untuk lupa mengelupasnya di waktu yang tepat. Masker yang ditinggal dalam waktu lama di kulit dapat mengiritasi kulit, terutama jika kamu menggunakan masker dengan pewangi. Hampir semua peel-off mask menyarankan kamu untuk pelan-pelan mengangkatnya segera setelah kering. Jadi, jangan kamu biarkan terlalu lama lagi ya.

KESALAHAN SAAT MEMAKAI PEEL-OFF MASK 2

Kamu Terlalu Agresif Saat Peeling

Memang ada sesuatu yang aneh (tapi memuaskan) ketika mengupas lapisan kulit masker. Hehehe. Beberapa orang mungkin menganggapnya nostalgia — seperti mengangkat komedo dengan pore strips. Tapi, ketika masker sudah dalam keadaan kering, kamu sebaiknya kupas perlahan-lahan dimulai dari samping, supaya kulit nggak sakit atau iritasi. Menurut Dr. Sandy Skotnicki, ahli dermatologi dan penulis buku perawatan kulit terlaris Beyond Soap, kamu akan tahu bahwa kamu seorang pemakai masker yang profesional jika dapat mengangkat masker dalam sekali angkat. Ini bukan hal yang mustahil kok, kalau kamu menggunakannya dalam jumlah yang tepat dan mendiamkannya hingga benar-benar kering (di waktu yang tepat).

Baca juga: 3 Masker Alpukat untuk Bikin Kulit Lembap dan Kenyal

Kamu Baru Waxing atau Threading

Baik masking maupun waxing sama-sama menghilangkan lapisan sel kulit mati. Kalau kamu melakukan keduanya secara bersamaan, ini bisa membuat kulit kamu terasa raw dan sensitif. Hasilnya, ini berpotensi mengekspos kulit kamu terhadap bakteri, yang mengarah ke jerawat, kemerahan, dan iritasi. Intinya, berikan jeda waktu yang cukup di setiap perawatan kecantikan yang kamu lakukan ya.

 

Nah, itu dia 5 kesalahan pakai peel-off mask yang sebaiknya kamu hindari! Mulai sekarang, lebih berhati-hati ya!