DIY Dry Shampoo Mudah dan Murah

Kehabisan dry shampoo dan belum sempat beli lagi? Bikin sendiri aja yuk! Bahannya mudah didapat di dapur rumah kita sendiri, dan tentu saja murah meriah dan mudah.

Karena saya sedang mengurangi intensitas mencuci rambut, jadi kalau sudah hari kedua atau ketiga, pasti rambut bagian atas saya sudah lepek dan nggak ber-volume. Hal ini tentu sedikit mengganggu penampilan ya. Rasanya kalau rambut lepek tuh, look saya jadi kelihatan kucel seperti belum mandi :D. Saya jadi kurang pede kalau mau ketemu orang banyak. Untuk menyiasatinya, saya bisanya menggunakan dry shampoo, untuk menyerap kelebihan minyak di kulit kepala saya, jadi rambut kelihatan lebih ber-volume.

Baca juga: Trik Rambut Tipis Agar Terlihat Lebih Tebel

DIY Dry Shampoo (1)

Dry shampoo yang saya gunakan sih biasanya drugstore saja kok. Terkadang saya menggunakan Batiste Dry Shampoo atau COLab Dry Shampoo. Tapi akhir-akhir ini, saya sedang suka menggunakan Ellips Dry Shampoo karena harganya terjangkau dan ada ukuran kecil yang bisa dibawa kemana-mana. Ketiga merk dry shampoo tersebut sebenarnya mudah sekali dicari di drugstore atau supermarket manapun. Tapi kalau kamu tidak punya produk dry shampoo dan belum berminat membeli, kita bisa kok membuat sendiri dry shampoo ini.

Baca juga: Dry Shampoo Bagus Yang Perlu Kamu Coba

Cara membuat dry shampoo ini juga sangat mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah didapat. Bahkan mungkin bahan-bahan ini selalu tersedia di rumah kita lho.

Ini dia bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1 cup tepung maizena
  • 1 sendok teh baking soda
  • Secukupnya bubuk kakao (opsional)

DIY Dry Shampoo (2)

Tepung maizena ini bisa diganti dengan tepung jagung, atau oatmeal yang diblender kering sampai halus. Pilih saja mana yang bahannya tersedia di rumah. Atau kalau mau DIY Dry Shampoo yang wangi, tepung-tepungan ini bisa diganti dengan bedak bayi dengan aroma yang kamu suka.

Baking soda berfungsi untuk menetralisir bau. Karena rambut lepek biasanya juga berbau kan. Kalau bubuk kakao berfungsi untuk memberi warna saja. Kalau rambutmu berwarna gelap dan tidak ingin dry shampoo meninggalkan residu putih di rambut, bisa tambahkan sedikit bubuk kakao sebagai pewarna alami bagi DIY dry shampo-mu. Tapi nggak pakai bubuk kakao-pun nggak apa-apa. Karena residu putih-putih ini sebenarnya bisa dibersihkan kok.

Cara membuatnya, cukup satukan bahan-bahan tersebut di satu wadah, dan aduk hingga tercampur rata. Kalau saya biasanya saya taruh di jar kering yang tutupnya rapat, lalu saya shake dengan kuat sampai semua tercampur rata.

Baca juga: Battle Antara Dry Shampoo Batiste vs TRESemme 

DIY Dry Shampoo

Sudah kok, sesimpel itu cara membuatnya. Setelah semua bahan tercampur rata, DIY Dry Shampo siap digunakan. Untuk wadah penyimpanannya, bisa menggunakan botol dengan tutup berlubang, seperti tempat bumbu dapur. Botol seperti ini bisa kita beli di supermarket atau tempat yang menjual alat masak dan perabotan. Di Ace Hardware juga banyak. Cara pemakaiannya tinggal di tuang ke tempat yang diinginkan saja.

Atau kalau tidak punya dan tidak ingin membeli botol, bisa tetap meletakkan DIY Dry Shampoo kita dalam jar atau bekas tempat bedak tabur. Saat memakai, kita bisa menggunakan bantuan powder brush untuk pick up produk dan untuk menyapukan produk di kulit kepala.

Selamat mencoba ;)