banner-detik

haircare

Review Love Beauty And Planet Shampoo & Conditioner

seo-img-article

Berawal dari nyobain produk body wash dan body lotion Love Beauty and Planet, saya jadi jatuh cinta dengan aroma manis Coconut, varian yang warna biru. Lalu saya memutuskan untuk melemngkapi koleksi saya dengan sampo dan kondisionernya.

Aroma Love Beauty and Planet Coconut Water and Mimosa Flower ini menurut saya benar-benar enak dan bikin mood saya bagus, jadi bakalan nyaman banget kayaknya pakai produk dengan aroma yang sama dari rambut sampai ujung kaki. Pas banget, ternyata sampo dan kondisioner Love Beauty and Planet yang warna biru ini, selain aromanya adalah yang paling saya suka, fungsinya adalah untuk menambahkan volume dan menguatkan rambut, yang juga sangat sesuai dengan kondisi rambut saya yang lepek dan rapuh.

Langsung saja kita kupas tuntas dua produk yang sudah saya pakai selama satu bulan ini ya.

Ingredient

Review Love Beauty & Planet Shampoo & Conditioner (7)

Saya berani mencoba Love Beauty and Planet Volume and Bounty Coconut Water & Mimosa Flower Shampoo ini, karena klaimnya yang no silicone. Kebetulan kulit kepala saya alergi terhadap silicon. Kandungan silicon membuat saya berketombe dan seringkali menimbulkan jerawat kecil-kecil pada kulit kepala. Tapi sampo ini masih mengandung SLES sebagai surfaktan. Saya sudah lama menghindari ingredient ini pada produk sampo, karena SLS dan SLES membuat warna rambut saya (yang memang di-colouring) lebih cepat memudar. Tapi produk ini juga diklaim safe for coloured hair, jadi saya harap sih ini aman.

Ada kandungan coconut oil dan coconut water, namun kedua ingredient tersebut ada di bagian tengah-bawah ingredient list, yang berarti memang bukan ingredient utamannya. Coconut water ini adalah ingredient yang diunggulkan, yang dipercaya bisa melembutkan rambut tanpa membuat rambut terlihat lepek dan berat.

Review Love Beauty & Planet Shampoo & Conditioner (3)

Untuk Love Beauty and Planet Volume and Bounty Coconut Water & Mimosa Flower Conditioner, terdapat kandungan coconut oil di bagian atas ingredient list. Coconut oil ini bagus untuk melembapkan dan  melembutkan rambut, serta membuat rambut tampak berkilau. Saya bahkan sering kok melakukan masker rambut dengan menggunakan VCO atau Virgin Coconut Oil. Sementara kandungan coconut water-nya ada di bagian tengah ingredient list.

Packaging

Salah satu poin menarik dari produk-produk Love Beauty and Planet adalah, kemasannya yang dibuat dari 100% plastik hasil daur ulang dan bisa di-recycle kembali setelah kita menggunakannya. Nggak terkecuali kemasan sampo dan kondisionernya ini. Buat saya sih ini adalah nilai positif yang akan sangat mempengaruhi pertimbangan saya, dalam membeli suatu produk, ya. Saya memang belum bisa 100% hidup tanpa plastik. Yang bisa saya lakukan saat ini adalah sebisa mungkin memilih produk-produk kecantikan yang ramah lingkungan.

Baca juga: Love Beauty and Planet: Natural Beauty Dengan Konsep Sustainable

Review Love Beauty & Planet Shampoo & Conditioner (4)

Packaging-nya sendiri sturdy, plastiknya tebal dan tidak mudah pecah. Bagian tutup botonya itu tidak terpisah, jadi kita tinggal pencet saja untuk membuka botolnya. Mulut botolnya kecil, dan ini bagus untuk kemasan samponya. Karena tekstur sampo lumayan encer, jadi mulut botol yang kecil membantu saya mengontrol jumlah produk yang harus saya keluarkan. Namun jadi bermasalah ketika digunakan untuk kondisioner yang teksturnya kental. Krim kondisioner jadi susah dikeluarkan. Untuk kondisioner, saya akhirnya meletakkan botolnya secara terbalik dan membuka seluruh tutupnya ketika akan menggunakannya

Aroma

Kalau soal aroma jangan ditanya. Justru pertimbangan utama saya membeli produk ini adalah karena aroma manis coconut-nya yang enak banget. Buat yang suka tipikal aroma manis gourmand bernuansa tropical, saya yakin pasti akan jatuh cinta dengan aroma produk ini. Perpaduan aroma coconut dan mimosa flower-nya nge-blend banget, jadi nggak terasa aromanya misah-misah. Walau kuat, aromanya juga tercium natural, nggak ada kesan aroma chemical sama sekali.

Karena saya menggunakan produknya mulai dari sabun badan, body lotion, sampai sampo dan kondisioner, jadi aromanya lumayan awet di saya. Apalagi kalau dipakai mandi di malam hari, aroma manis coconut-nya masih tercium. Tapi saya nggak yakin, produk mana yang paling awet aromanya di tubuh saya.

Formulasi

Review Love Beauty & Planet Shampoo & Conditioner (1)

Samponya bening seperti gel dan cukup encer, sehingga bisa mengalir. Busanya cukup melimpah. Saya agak kaget karena saya jarang pakai sampo dengan busa yang banyak. Kata suami saya, sampo ini terasa kesat ketika digunakan (suami saya tidak menggunakan kondisioner). Tapi buat saya yang sudah biasa menggunakan sampo tanpa silikon sih, biasa saja. Bahkan sampo ini tergolong lembut lho bila dibandingkan dengan sampo silicone-free lain seperti Mylea Intensive Hair Shampoo dan Mustika Ratu Sampo Bayam.

Baca juga: Ini Dia 3 Sampo Lokal Yang Sillicone-Free

Review Love Beauty & Planet Shampoo & Conditioner (2)

Kondisionernya punya tekstur yang thick, seperti selayaknya kondisiner. Dan memang efeknya saat dipakai rambut jadi sangat lembut. Kalau pakai sampo saja rambut terasa kesat dan kasar, berarti memang harus ditambahkan dengan kondisionernya. Seperti kondisioner pada umumnya, butuh effort saat membilasnya. Tapi untuk ukuran kondisioner, produk ini masih mudah dibilas.

Klaim

Coconut water-nya diklaim membuat rambut lembap dan halus, tapi nggak bikin lepek. Dan saya merasa rambut saya memang nggak lepek. Saya bisa tahan tidak keramas dua hari saat memakai sampo ini. Tapi kalau untuk efek volumizing, menurut saya sih masih agak kurang ya. Karena saya pernah memakai sampo yang mampu memberikan volume yang lebih bagus dari sampo ini (hanya saja sampo tersebut bersilikon, jadi saya tidak melanjutkan pemakaian). Kondisionernya juga mampu melembutkan rambut, dan mencegah rambut kusut.

Untuk klaim membuat rambut lebih kuat, saya belum bisa merasakan efek tersebut. Jumlah rambut saya yang rontok dan patah saat dicatok masih tetap sama saja.

Untuk perpaduan aroma mimosa flower dan coconut water-nya memang nggak mengecewakan sih. Aromanya enak dan nyaman banget dihidung saya. Walau awal pemakaian terasa terlalu kuat, namun setelahnya rambut saya jadi awet wangi manisnya.

Review Love Beauty & Planet Shampoo & Conditioner

Rekomended?

Yes! Produk ini saya rekomendasikan untuk kamu yang:

  • suka dengan aroma manis coconut yang lumayan kuat.
  • alergi terhadap silicone.
  • rutin memakai kondisioner saat keramas, karena kalau hanya pakai samponya, rambut terasa kesat dan kasar.
  • punya rambut lepek dan gampang berminyak.

Sampo dan kondisioner ini bisa dipakai setiap kali keramas. Sebaiknya sih 2 atau 3 hari sekali ya, jangan setiap hari keramas, karena malah akan menghilangkan kelembapak alami rambut dan kulit kepala.

Kesimpulan

Saya suka banget dengan produk ini. Saya suka tekstur, aroma, hasil, dan juga komitmennya untuk memakai kemasan daur ulang.

Sayangnya produk ini stoknya nggak selalu ada. Di drugstore di kota saya sering sekali kosong dan nggak lengkap. Sementara saya paling malas kalau harus beli toiletries online. Jadi walau saya sesuka itu dengan produknya, saya rasa saya nggak akan bisa memakainya sebagai produk tetap yang akan saya repurchase terus, karena ya untuk repurchase tentu saya harus melihat stoknya dulu (yang sering kosong).

Buat saya, kekurangan produk ini hanya soal stoknya sih. Kalau stoknya sudah stabil, mungkin saya akan repurchase dan jadi pengguna setia produk ini.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment